90 FAKTA MENARIK TENTANG ALBERT EINSTEIN

semestafakta-einstein

1. Albert Einstein lahir di Ulm, Jerman pada tahun 1879 dari pasangan Hermann Einstein dan Pauline Einstein.

semestafakta-Hermann Einstein

2. Albert Einstein adalah anagram dari “Ten Elite Brain”.

3. Einstein lahir di Jerman dan seorang Yahudi. Einstein meninggalkan kewarganegaraan Jerman-nya pada tahun 1896. Kemudian dia menjadi warga negara Swiss pada tahun 1901. Menjadi warga negara Austria pada tahun 1911. Meski demikian, dia meninggal pada tahun 1955 sebagai warga negara Amerika. Dia bahkan pernah tidak menjadi warga negara manapun selama 5 tahun.

4. Einstein lahir dari keluarga Yahudi kelas menengah. Dia mempunyai adik perempuan bernama Maja yang dua tahun lebih muda.

5. Einstein pindah ke Amerika saat pemerintahan Nazi memburunya dan menghargai kepalanya $5000 bagia siapa yang menemukannya. Dia bahkan dipajang di majalah Jerman waktu itu sebagai salah satu dari daftar nama-nama musuh negara dengan cap tulisan “Belum Digantung”.

6. Einstein adalah salah satu dari 5000 orang lebih yang menandatangani petisi yang melarang homoseksual di Jerman.

7. Einstein meninggalkan Jerman pada Desember 1932, sebulan setelah Adolf Hitler menjadi kanselir Jerman. Einstein pindah ke Amerika, dan tidak pernah kembali lagi ke Jerman.

8. Saat pertama kali lahir Einstein mempunyai kepala yang besar yang membuat terkejut ibunya dan neneknya. Namun kemudian kepala berangusr-angsur mengeciul menjadi normal. Menariknya, kepala yang berisi otak yang akan menginspirasi jutaan manusia masa depan justru ketika lahir nampak tidak sempurna.

9. Sampai umur 7 tahun Einstein susah bericara dan bericara yang diulang-ulang. Inilah yang kemudian dia dianggap tolol pada masa kecilnya. Bahkan dia tidak bisa membaca sampai dia berusia 9 tahun.

10. Einstein menghabiskan masa remajanya di Munich, Jerman. Keluarganya membuka bisnis peralatan elektronik di kota tersebut.

11. Einstein menyelesaikan pendidirikan SMP nya di Munich Luitpold.

12. Pada tahun 1894, perusahaan kelistrikan ayahnya gagal mendapatkan kontrak penting sehingga terpaksa keluarganya pindah ke Milan Italia. Namun Einstein masih bertahan tinggal di Munich untuk menyelesaikan pendidikannya. Einstein sangat benci dengan ide wajib militer saat dia memasuki usia wajib militer, oleh karena itu dia ikut pindah bersama ayahnya di Milan. Dia keluar dari sekolah tanpa pemberitahuan dan hanya menggunakan surat catatan dari dokter dan kemudian pindah ke Italia.

13. Pada usia 15 tahun Einstein pernah dikeluarkan dari kelas gara-gara tidak mematuhi perintah gurunya. Di perguruan tinggi dia mengganggu profesornya dengan ketidaksopanannya dan dia di kelas selalu merasa membosankan.

14. Kemudian Einstein masuk ke Eidgenössische Polytechnische Schule (Swiss Federal Polytechnic School) yang berkedudukan di Zurich, Switzerland. Kecerdasannya dalam bidang matematika dan fisika banyak mendapat perhatian gurunya meski sebenarnya dia juga pernah gagal dalam ujian masuk. Oleh karena itu otoritas sekolah memberikannya kesempatan merampungkan sekolahnya. Kemudian dia masuk di Winteler’s special high school dan rampung pada usia 17 tahun.

15. Saat berumur 17 tahun Einstein juga meninggalkan kewarganegaraan Jerman-nya untuk meghindari wajib militer. Selama pendidikannya bersama Jost Winteler, dia menjadi akrab dengan keluarga Winteler dan jatuh cinta kepada putri Winteler bernama Marie. Dia juga mendaftar di sekolah Zurich setelah keluar sebagai warga negara Jerman.

16. Di Zurich Einstein bertemu lama dengan teman-teman setianya. Dia juga bertemu dengan Mileva Maric, yaitu wanita Serbia yang menjadi murid perempuan satu-satunya. Maric kemudian menjadi istri Einstein tetapi hubungannya tidak direstui oleh keluarga Einstein karena beda agama.

semestafakta-Mileva Maric

17. Dari hubungan Einstein dengan Maric membuahkan putri bernama Lieserl yang lahir pada tahun 1902 dari hubungan tanpa nikah.

18. Pada tahun 1902 kondisi keuangan Einstein sangat menipis. Dia tidak mempunyai pekerjaan dan perusahaan ayahnya mengalami kebangkrutan. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya Einstein menjadi guru privat.

19. Mileva Maric dan Albert Einstein akhirnya berisah pada tahun 1919, dengan perjanjian atau kesepakatan bahwa jika nanti Einstein memenangkan nobel, maka Maric akan mendapatkan seluruh uang dari hadiah kemenangan tersebut.

20. Einstein akhirnya memilih pekerjaan juru tulis di Swiss setelah mendapat rekomendasi dari temannya bernama Marcel Grossmann.

21. Ayah Einstein meninggal dunia karena sakit, dan sebelum kematiannya dia telah mengakui pernikahan Einstein dengan Maric yang menikah pada tahun 1903. Pada tahun selanjutnya setelah pernikahan, Einstein mempunyai anam bernama Hans Albert dan pada tahun 1910 mempunyai anak lagi bernama Eduard.

22. Pekerjaan Einstein sebagai juru tulis adalah bekerja di kantor paten Swiss. Pekerjaannya adalah menilai permintaan dari beragam alat elektromagnetik. Einstein cepat menguasai pekerjaan tersebut dan mempunyai cukup waktu untuk mengkaji tentang sinkronisasi meanika listrik dan transmisi sinyal elektris.

23. Selama belajar di sekolah politeknik, Einstein menemukan teori elektromagnetik yang dikembangkan bersama ahli fisika dari Skotlandia bernama James Maxwell.

24. Melalui teorinya Einstein menemukan bahwa kecepatan cahaya itu konstan dan hal ini tidak dikenal oleh Maxwell. Penemuan Einstein adalah melanggar langsung hukum gerak Newton. Dari sinilah kemudian Einstein menemukan prinsip relativitas.

25. Rumus terkenal Einstein E=mc2 terdapat dalam tulisan ilmiah Einstein berjudul “Equivalence of Matter and Energy”.

26. Meski yang berjasa menciptakan rumus E=mc2 adalah Einstein, tetapi sebenarnya orang pertama yang menggunakan rumus tersebut adalah Friedrich Hasenöhrl. Hasenöhrl menerbitkan penemuan E=mc2 setahun sebelum Einstein mempublikasikannya.

27. Menurut penulis biografinya, Einstein tidak bisa bicara sampai dia berusia tiga tahun. Sekarang ada istilah “Sindrom Einstein” yang ditemukan oleh Dr. Thomas Sowell, untuk menggambarkan anak yang sangat cerdas yang bicaranya tertunda atau lambat.

28. Pada usia belasan tahun, Einstein suka menyelesaikan problemnya dengan sendirian, bermain biola atau kartu, atau menyusun batu bata bangunan. Dia mempunya kemampuan berkonsentrasi dalam waktu yang lama.

29. Majalah Time menjuluki Einstein sebagai “Person of the Century”.

30. Einstein sangat menyukai musik dan ibunya yang berperan mengarahkan dia untuk menyukai musik. Ibunya seorang pemain biola yang menjadi sumber inspirasi dan kegembiraan masa muda Einstein, yang telah mengajarkan biola kepadanya sejak dia berusia lima tahun. Einstein pernah mengatakan, “Jika saya tidak menjadi seorang ilmuwan, saya akan menjadi seorang musisi”.

31. Dia awalnya tidak suka biola, tetapi setalah mendengar musik Mozart saat dia berusia 13 tahun, dia mulai berubah pikiran dan suka bermain biola.

32. Dia sangat menyukai biolanya yang dia beri nama “Lina”.

semestafakta-einstein's violin

33. Otak Einstein lebih kecil dari otak rata-rata orang tetapi cuping parietalnya lebih besar 15% dari orang normal. Area tersebut berhubungan dengan kemampuan matematis dan kesadaran visual dan spasial.

34. Pertama kali Einstein tertarik pada sains berasal dari kompas saku yang diberikan oleh ayahnya (Herman Einstein) saat dia berusia lima tahun. Dia takjub dan heran dengan jarum penunjuk kompas yang mengarah ke arah tertentu dan tidak ke sembarang tempat.

35. Ilmuwan pavorit Einstein adalah Galileo Galilei

semestafakta-Galileo Galilei

36. Guru-gurunya tidak menganggap Einstein sebagai murid atau pelajar yang baik, bahkan mereka menolak merekomendasikan dia untuk diterima bekerja.

37. Pada usia 16 tahun, Einstein pernah gagal dalam ujian yang akan mengantarkan dia menjadi teknisi listrik.

38. Einstein tidak bisa berenang, namun dia suka berlayar atau bersampan dan terus dilakukan sebagai hobi hidupnya. Einstein juga tidak suka memakai kaos kaki, yang menurutnya terasa menyakitkan ketika dipakai.

39. Einstein mempunyai kucing jantan bernama Tiger yang stres saat turun hujan. Einstein sangat empati kepada kucing tersebut dengan mengatakan, “Saya tahu kesalahannya, sayang, tetapi saya tidak tahu cara mengubahnya”.

40. Einstein terkenal dengan “ilmuwan yang merakyat” (people’s scientist) karena rasa humornya yang membumi dan gayanya yang bisa didekati. Rambutnya selalu tidak disisir, pakaiannya kusut dan dia tidak pernah memakai kaos kaki bahkan ketika mengunjungi presiden Roosevelt di Gedung Putih.

41. Salah satu hobinya adalah pergi ke danau dengan naik boat kemudan mengambil buku catatan, berfikir atau merenung, dan mencatat segala hal yang dia inginkan.

42. Einstein menyukai biola dan berlayar dan membenci kaos kaki dan potong rambut. Dia suka melihat burung.

43. Einstein suka merokok. Dia pernah menyatakan, “Saya percaya pipa rokok bisa membantu sedikit rasa tenang dan keputusan yang obyektif dalam seluruh hubungan manusia”.

44. Einstein sangat ingin tahu dan mempunyai daya analisis yang kuat sejak usia mudanya, yang memperlihatkan kemampuan besarnya pada matematika dan sains.

45. Meski demikian, Einstein mempunyai ingatan yang lemah. Dia tidak menghapal nama-nama, tanggal atau nomor telepon.

46. Pada tahun 1921, Einstein meraih nobel dalam bidang fisika sebagai penghargaannya karena “pengabdiannya terhadap Fisika Teoretis, khususnya penemuan hukum efek fotoelektriknya”.

47. Royal Society of London menganugerahi Einstein Copely Medal pada tahun 1925 untuk Teori Relativitasnya dan kontribusinya terhadap teori kuantum.

48. Bagi Einstein, imajinasi adalah di atas ilmu pengetahuan. Dia menyatakan, “Imajinasi itu lebih penting daripada pengetahuan, karena pengetahuan itu terbatas sedangkan imajinasi itu mengelilingi dunia”.

semestafakta-imagination

49. Einstein mempunyai anak dari hubungan di luar nikah dengan muridnya bernama Mileva Maric, yang kemudian menjadi istri pertama Einstein. Namun anaknya diyakini meninggal pada tahun 1903 karena infeksi saat berusia satu tahun.

50. Einstein hidup bersama dengan istri pertamanya dengan perjanjian kesepakatan yang harus dipenuhi istrinya yang berlangsung selama 16 tahun. Dalam kontrak perjanjiannya, dia menyatakan, kamu (Mileva Maric) harus memastikan:

– Pakaianku harus selalu tertata rapi

– Saya akan mendapatkan makan tiga kali di kamarku

– Bahwa ruang tidur dan ruang belajarku harus rapi dan mejaku hanya khusus digunakan oleh saya

– Kamu harus berhenti berbicara dan diam jika saya menginginkannya

-. Kamu tidak bisa berharap berubungan intim denganku.

51. Setelah pernikahan keduanya dengan saudara sepupunya bernama Elsa Löwenthal, dia masih menjalin hubungan dengan enam perempuan, mendapat hadiah dan menghabiskan waktu bersama mereka. Hal ini terungkap dari surat-suratnya.

52. Einstein adalah seorang playboy. Pada saat berakhirnya perang dunia II, Einstein mempunyai hubungan asmara dengan Margarita Konenkova, yaitu seorang ilmuwan dan mata-mata Russia yang cerdas. Hubungan berakhir saat Konenkova dan dan orang tuanya kembali ke Moscow pada tahun 1945.

53. Nama belakang Elsa Löwenthal aslinya bernama Einstein. Dia sebenarnya bernama Elsa Einstein. Dia menikah dengan Max Löwenthal pada tahun 1919 dan merubah namanya menjadi Elsa Löwenthal. Kemudian pada tahun 1919 ketika dia menikah dengan Albert Einstein, dia merubah namanya menjadi Elsa Einstein.

54. Tahukah kamu bahwa segera setelah Einstein mengetahui bom atom dijatuhkan di Jepang, dia menjadi advokat untuk perlucutan senjata nuklir.

55. Karya ilmiah pertama yang ditulis Einstein pada usia 16 tahun berjudul “The Investigation of the State of Aether in Magnetic Fields”.

56. Karya General Theory of Relativity rampung pada tahun 1915.

57. Saat Einstein mempublikasikan Theory of General Relativity-nya, koran New York Time mengirim koresponden golf untuk mewawancarainya.

58. Tahun 1905 menjadi tahun penuh keajaiban bagi kehidupan Einstein. Pada tahun tersebut dia mempublikasikan empat paper penelitiannya, yang mewakili karya pemikirannya. Penelitian tersebut mengenai Teori Quantum, Gerak Brown (eksistensi atom), Elektrodinamika benda bergerak dan rumusnya yang sangat terkenal di dunia, yaitu E=MC2 yang menetapkan hubungan antara massa dan energi. Pada waktu itu dia berusia 26 tahun dan kesehariannya bekerja di kantor paten.

59. Einstein pernah menjadi direktur Kaiser Wilhelm Institute for Physics dari tahun 1913 sampai 1933.

60. Tulisan ilmiah Enstein kemudian menggugah seluruh dunia akdemis yang awalnya diabaikan sampai akhirnya pendiri teori Quantum, Max Planck, didukung oleh karya-karya Einstein dan melakukan percobaannya dengan dukungan karya Einstein. Planck menjadi fisikawan terkenal pada waktunya yang telah membantu mengenalkan karya-karya Einstein.

61. Einstein menganggap teori umum tentang relativitas yang terbit pada tahun 1915 sebagai karya agungnya. Teori tersebut adalah teori pertama tentang gravitasi yang muncul 250 tahun setelah teori gravitasi Newton. Dengan teorinya tersebut Einstein menjadi sorotan dunia dan mulai keliling dunia untuk bericara di depan ribuan orang.

62. Pada tahun 1920-an Eisntein memulai penelitian ilmu baru tentang kosmologi dan memprediksi bahwa alam semesta itu selalu mengembang dan tidak statis. Penemuan ini kemudian dibuktikan pada tahun 1929 oleh astronom terkenal bernama Edward Hubble.

63. Einstein juga penemu refrigerator yang bahan bakarnya menggunakan gas alkohol. Pada tahun 1926 penemuannya dipatenkan tetapi kemudian tidak diproduksi karena teknologi baru mengalahkan penemuannya.

64. Setelah meninggal pada tahun 1955, otaknya diambil dan diawetkan oleh ahli patologi Thomas Harvey di rumah sakit Princeton saat dia mengotopsi otak Einstein. Thomas Harvey kemudian dipecat dari rumah sakit karena tidak mengembalikan otak Einstein yang dia ambil pada saat otopsi.

semestafakta-einstein brain

65. Otak Einstein sekarang disimpan di Mutter Museum di Philadelphia Amerika.

66. Einstein percaya dan ingin mewujudkan bahwa manusia harus dihormati berdasarkan karya dan pemikiran kemanusiaannya dan bukan berdasar pada nasionalitas dan asal-usulnya. Dia pernah dengan sinis mengkritik tentang kebanggaan nasionalisme, “Jika teori relativitas itu benar, maka orang Jerman akan menganggap saya sebagai orang Jerman, Swiss akan menganggap saya sebagai orang Swiss dan bangsa Perancis akan menganggap saya sebagai warga Perancis. Jika teori relativitas saya salah, maka orang Perancis akan menganggap saya orang Swiss, Swiss akan menganggap saya orang Jerman, dan orang Jerman akan menganggap saya sebagai orang Yahudi”.

67. Einstein pernah menolak tawaran menjadi presiden Israel setelah presiden pertamnya meninggal pada tahun 1952. Einstein dengan sopan menolak tawaran tersebut dan menyatakan bahwa dia tidak berakat dan berpengalaman mengurus orang atau rakyat dengan baik. Dan dia hanya memahami sedikit sains dan tidak mengerti sifat-sifat manusia.

68. Pada Desember 1932, FBI mulai mengumpulkan file tentang Einstein. Pada saat kematiannya panjangya file mencapai 1427 halaman. Direktur J. Edgar Hoover sangat mencurigai Einstein, dan percaya kalau dia adalah seorang ekstrimis radikal dan komunis.

69. Mata Einstein diawetkan dan disimpan di sebuah kotak di New York City.

semestafakta-Einstein’s eyeballs

70. Kesuksesan Einstein sebagian besar berasal dari eksperimen visual yang dia lakukan dari fikirannya. Dia jarang pergi ke laboratorium untuk menguji teorinya.

71. Dalam hal kepercayaan, Einstein menganggap dirinya seorang yang agnostik, dan bukan ateis.

72. Tokoh Yoda dalam film Star Wars adalah meniru penampilan Einstein.

73. Einstein tidak pernah punya mobil dan tidak bisa menyetir mobil.

74. Einstein sangat mencela pemisahan yang dia sebut dengan “penyakit orang kulit puth” dan dia Amerika dia bekerja melawan rasisme.

750. Satu jam menjelang kematiannya Einstein masih berusaha membuktikan Theory of Everithing-nya.

76. Meski dia adalah orang yang cinta damai, namun Einstein lah yang menulis surat kepada presiden Roosevelt agar dia memprioritaskan pengembangan senjata nuklir atau bom atom sebelum Nazi Jerman.

77. Ada kesamaan antara Einstein, Freud, Henry Kissinger, dan pendiri Google, yaitu sama-sama sebagai pengungsi.

78. Einstein pernah menyatakan, “Jika tawon atau lebah musnah dan hilang dari dunia, manusia hanya akan berumur 4 tahun”.

79. Einstein berjalan kakai sejauh 3 mil setiap harinya, sedangkan Darwin berjalan kaki 45 menit setiap harinya.

80. Einstein meninggal di kamar tidur Princeton Hospital pada tanggal 18 April 1955. Dia menderita aneurisme dan dilakukan pembedakan. Kata-kata terakhir yang diucapkan Einstein dalam bahasa Jerman kepada perawat yang tidak faham bahasa Jerman adalah “lepas selamanya”

81. Jumlah rekor orang yang berpakaian seperti Einstein dalam satu tempata adalah 404.

82. Einsein menjadi profesor di  University of Bern, Charles-Ferdinand University di Prague, Humboldt University of Berlin, California Institute of Technology, dan menjadi dosen tamu di sejumlah universitas di dunia.

83. Einstein menerima medali Max Planck dari German science society dan Franklin Medal dari Franklin Institute. Ada Einstein Memorial di Washington D.C., Einstein Science Park di Jerman dan dia dilantik dalam monumen Walhalla Jerman sebagai “Orang Jerman yang berbeda dan patut dipuji”, pada tahun 1990.

84. Selama karirnya dalam bidang keilmua, Einstein telah menerbitkan lebih dari 300 penelitian ilmiah, dan lebih dari 150 artikel non ilmiah dan karya lainnya. Total karyanya berjumlah lebih dari 30.000 dokumen individual yang dirilis pada tahun 2015.

85. Einstein suka traveling. Dia mengunjungi Asia dan Amerika Utara pada tahun 1920-1921. Dia tertarik dengan karakter orang Amerika sehinggal dia menulis tulisan berjudul “My First Impression of the U.S.A.”. Dia juga mengunjungi Singapura, Ceylon, dan Jepang. Dia juga mengunjungi Palestina selama 12 hari.

86. Chaplin adalah salah satu teman terdekat Einstein. Dia bertemu Einstein pada tahun 1931. Charlie Chaplin menganggap Einstein mempunyai “energi intelektual yang luar biasa” yang mengalir bersama “temperamen emosial yang tinggi” yang tersimpan di bawah penampilan luarnya yang jentel dan baik hati.

semestafakta-Charlie Chaplin

87. Pada hari ulang tahunnya yang ke-70, Memorial Fund didirikan oleh Lewis dan Rosa Strauss untuk menghormati Einstein. Lembaga beasiswa ini memberikan Medali Albert Einstein setiap tahunnya bagi mereka yang sukses dalam bidang fisika teoretis.

88. Einstein tidak menciptakan bom atom atau bekerja di Manhattan Project (dia menolak ijin keamanan oleh tentara Amerika). Tetapi kedua surat Einstein kepada presiden Franklin D. Roosevelt yang menerangkan teori bom fissi Uranium dan rumus terkenalnya E=mc2, hubungan massa dan energi, telah membantu memicu pembuatan senjata nuklir. Einstein kemudian menyesali keterlibatannya.

89. Pada pesta ulang tahunnya yang ke-72 Einstein dikerumuni oleh para fotografer. Kemudian dia difoto dengan menjulurkan lidah. Kemudian Einstein memesan 9 gambar foto dirinya tersebut dan menandatangai salah satu fotonya untuk diberikan kepada reporter. Foto tersebut terjual di pelelangan dengan harga $74.342.

90. Nama Einstein diabadikan dalam nama unsur kimia Einsteinium (Es), yaitu elemen ke-99 dalam tabel periodik, meski dia bukan yang menemukannya.