60 FAKTA MENARIK TENTANG REUNION

1. Pulau Reunion kemungkinan telah dikunjungi oleh suku bangsa Swahili atau Austronesia, Indonesia-Melaysia kuno, para nelayan dalam perjalanannya ke barat dari Kepulauan Melayu ke Madagaskar.

2. Pulau Reunion ditemukan oleh Portugis pada abad ke-16 yang pada waktu itu belum berpenghuni.

3. Pulau Reunion telah dihuni sejak abad ke-17 saat penduduk dari Perancis dan Madagaskar menempati pulau ini.

4. Sejarah Reunion tidak banyak dikenal sebelum kedatangan Portugis pada awal abad ke-16.

reunion2 reunionflag

reunionz

5. Pada 24 Maret 1613, kapal Inggris “The Pearl” mendarat di pulau Reunion, dan kaptennya Samuel Castleton menamai pulau ini dengan Hutan Inggris, karena melihat pulau ini penuh dengan kayu.

6. Para pedagang Arab menyebut pulau Reunion dengan nama Dina Morgabin.

7. Reunion diklaim oleh Perancis pada tahun 1643 dan menamakannya dengan “Bourbon”. Perancis menjajah pulau ini pertama kali pada tahun 1662.

8. Pulau ini diganti namanya menjadi Reunion Union pada tahun 1793.

9. Pulau Reunion muncul di peta dari tahun 1153 karya Al Sharif el-Edrisi.

10. Reunion menjadi bagian luar negeri Perancis pada tahun 1946.

11. Pulau Reunion adalah salah satu dari 26 wilayah Perancis (wilayah lepas pantai) dan menjadi bagian integral dari Perancis.

12. Karena menjadi bagian lain dari Perancis, maka bahasa resminya adalah bahasa Perancis. Namun mayoritas penduduknya masih menggunakan bahasa Creole Reunion.

13. Pulau Reunion adalah bagian dari Komisi Samudera India

14. Meski berlokasi Afrika di Samudera India, tapi Reunion adalah anggota Spesial Negara Uni Eropa, karena merupakan teritorial lepas pantai Perancis.

15. Ibu kota Reunion adalah Saint-Denis dan di Reunion terdapat banyak peninggalan dari kolonial Perancis, di samping juga peninggalan masa kekuasaan Inggris dari tahun 1810 sampai 1815 dan penjajah Portugis.

16. Budaya Reunion adalah campuran dari budaya-budaya lain, yang dipengaruhi oleh budaya Afrika, Eropa, Cina, dan India. Makanan dan minumannya pun banyak terpengaruh dari berbagai macam budaya tersebut.

17. Perbudakan dihapuskan di Reunion pada 20 Desember 1848, yang diperingati setiap tahunnya di sana. Setelah perbudakan dilarang, budak-budak baru didatangkan dari Tamil Nadu, India Selatan, dan dari tempat lainnya.

18. 20 Desember 1848 adalah hari pelarangan budak di Pulau Reunion oleh Joseph Napoleon Sebastien Sarda Garriga.

19. Mayoritas penduduk Reunion beragama Katolik, diikuti oleh agama Hindu, Islam, dan Buddha.

20. Piton des Neiges adalah puncak tertinggi di Reunion, dengan ketinggian 10.069 kaki.

21. Piton de la Fournaise adalah gunung berapi di sisi timur Reuunion. Gunung ini pernah meledak lebih dari 100 kali sejak tahun 1640.

Semestafakta-Piton de la Fournaise

22. Sumber kekayaan alam Reunion adalah ikan, tanah yang subur, dan pembangkit listrik tenaga air. industri gula mendominasi ekonomi Reunion dengan industri besar lainnya seperti Rum, kerajinan tangan, dan ekstrak minyak bunga.

23. Ekspor utama Reunion adalah gula, seafood, rum, dan vanilla. Reunion mengimport barang-barang pabrikan, minuman dan makanan, tembakau, material, mesin, alat transportasi, dan produk bahan bakar.

24. Reunion mengirimkan tujuh wakil ke Majlis Nasional Perancis dan tiga senator ke majlis tersebut.

25. Meski urusan diplomasi dan militernya adalah ditangani oleh Perancis, tetapi Reunion adalah anggota La Francophonie, Indian Ocean Commission, International Trade Union Confederation, Universal Postal Union, Port Management Association of Eastern and Southern Africa, dan World of the Reunion National Park.

26. Anggota pertama kelompok taman mawar “Bourbon” berasal dari Reunion dari hibridisasi spontan antara mawar Damask dan Rosa chinensis yang dibawa ke sana oleh kolonial. Bunga mawar Bourbon ditemukan di pulau Reunion pada tahun 1817.

Semestafakta-Bourbon ROSE

27. Ada dua jenis musik yang berasal dari Reunion. Yang pertama adalah Sega yang pertama kali muncul dan juga menjadi tradisi musik di Mauritius, Rodrigues, dan Seychelles. Musik yang kedua adalah Maloya yang berasal dari abad ke-19 dan hanya ada di Reunion.

Semestafakta-Sega

28. Salah satu olahraga yang paling populer di Reunion adalah Moringue. Moringue adalah olahraga gabungan antara duel  joget yang mirip degan Capoeira.

Semestafakta-Moringue 2 Semestafakta-Moringue

29. Pada tahun 2005 dan 2006 Reunion dilanda epidemik Chikunguya, yaitu penyakit karena virus yang mirip dengan demam pegal linu yang berasal dari Afrika Timur. Penyakit tersebut menyerang hampir sepertiga penduduk Reunion karena penyebaran melalui nyamuk.

30. Pemain sepak bola profesional yang berasal dari Reunion adalah Dimitri Payet, Florent Sinama Pongolle, dan Guillaume Hoarau.

Semestafakta-Dimitri Payet

Semestafakta-Guillaume Hoarau

31. Reunion berkontribusi pada surfer profesional tingkat dunia dengan banyak menghasilkan olahragawan surfing tingkat dunia, seperti Jeremy Flores, Johanne Defay, dan Justine Mauvin.

Semestafakta-Jeremy Flores Semestafakta-Johanne Defay Semestafakta-Justine Mauvin

32. Pulau Reunion dianggap sebagai pemberentian penting kapal-kapal yang berlayar dari Mauritius menuju ke Afrika Selatan

33. Reunion adalah wilayah di dunia yang pertama kali menggunakan mata uang Euro, terutama karena lokasinya yang berada di zona waktu ke timur Eropa.

34. Secara administratif, Pulau Reunion dibagi menjadi 4 arrondisemen, 24 daerah bagian, dan 24 komunitas.

35. Taman Nasioal atau Cagar Alam La Reunion luasnya mencapai 40% dari daratan Pulau Reunion. Taman nasional ini masuk dalam daftar UNESCO World Heritage pada tahun 2010.

reunion-general

reunion-general

Semestafakta-La Reunion national park2 Semestafakta-La Reunion national park3 Semestafakta-La Reunion national park4

36. Pada tahun 2009, musik Maloya Reunion, masuk dalam daftar UNESCO’s Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity.

Semestafakta-Maloya Reunion2Semestafakta-Maloya Reunion Semestafakta-Maloya Reunion3

37. Pada tahun 2010, Pitons, menjadi UNESCO Natural World Heritage Site.

38. Reunion mempunyai air terjun tertiggi ke-21 di dunia, yaitu air terjun Trou de Fer, yang tingginya mencapai 725 m.

39. Reunion memegang rekor hujan paling lama di dunia.

  • Selama 9 jam: 1.087 meter (Belouve, 1964)
  • 12 jam: 1.144 meter (Foc-foc, 1966)
  • 18,5 jam: 1.689 meter (Belouve, 1964)
  • 24 jam: 1.825 meter (Foc-foc, 1966)
  • 2 hari: 2.467 meter (Aurer, 1958)
  • 3 hari: 3,93 meter
  • 4 hari: 4,87 meter
  • 5 hari: 4,98 meter
  • 6 hari: 5,07 meter
  • 7 hari: 5,40 meter
  • 8 hari: 5,51 meter
  • 9 hari: 5,51 mter
  • 10 hari: 5,61 meter
  • 11 hari: 6.299 meter
  • 12 hari: 6.401 meter
  • 13 hari: 6.422 meter
  • 14 hari: 6.432 meter
  • ’15 hari: 6.433 meter

40. Reunion adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk melihat mamalia laut, yaitu ikan Paus, terutama pada bulan Juli sampai Oktober.

41. Reunion adalah salah satu tempat paling berhaya di dunia karena serangan hiu. Sejak tahun 2011 telah terjadi 21 kali serangan.

42. Kebiasaan Reunion yang tidak biasa adalah seseorang akan melempar atau memecahkan telur di kening orang yang merayakan hari ulang tahunnya.

43. Reunion adalah salah satu tempat penghasil buah nanas terbaik di dunia, yaitu nanas Victoria, yang namanya diambil dari Ratu Victoria, yang menyukai nanas dari Reunion.

Semestafakta-victoria pineapple

44. Teknik penyerbukan vanilla ditemukan di Reunion oleh budak berusia 12 tahun bernama Edmond Albius.

Semestafakta-Edmond Albius

45. Reunion mempunyai flora dan fauna endemik, yaitu burung Tuit-tuit, Gecko hijau, Tamarin des Hauts, Fanjan

46. Reunion adalah tempat surganya bagi para pecinta hiking

47. Reunion adalah tempat bajak laut terkenal La Buse meninggal dunia. makamnya berada di pemakaman Saint Paul. Dia dibunuh di Saint Denis karena berbuat kriminal. Kekayaannya masih tersimpan di suatu tempat di Samudera India atau bahkan di Pulau Reunion, yang harta karunnya mencapai nilai lebih dari 4,5 milliar euro.

Semestafakta-La Buse Semestafakta-La Buse2

48. Reunion adalah tempatnya Lomba Lari Marathon Gunung, The Grand Raid atau “La diagonale des fous” (The Madmen’s Diagonal), yang diadakan setiap tahunnya pada bulan Oktober, yang menempuh jarak 162 km dengan 9643 m kemiringan dari sebelah selatan ke utara.

Semestafakta-The Grand Raid Semestafakta-The Grand Raid2 Semestafakta-The Grand Raid3

49. Saat dibangun tahun 1894, jembatan di atas sungai Riviere de I’Est adalah jembatan terpanjang di dunia, yang panjangnya mencapai 152 meter.

50. Jembatan Grande Ravine di Trois Bassins adalah jembatan tertinggi ke-73 di dunia.

Semestafakta-Grande Ravine di Trois Bassins

51. Pada tahun 2003 rekor memancing wanita dipecahkan diperairan Reunion, saat Catherine Lavit berhasil menangkap ikan Blue Marlin, yang beratnya mencapai 551 kg.

Semestafakta-Catherine Lavit Semestafakta-Catherine Lavit2

52. Reunion mempunyai peninggalan masjid tertua, yaitu masjid Noor-E-Islam di Saint Denis, yang dibangun pada tahun 1905.

Semestafakta-Noor-E-Islam

53. Reunion pernah menjadi tempat pembuangan raja Vietnam terakhir, yang dibuang pada tahun 1916.

54. Reunion mempunyai alat ukur sendiri yang bernama Gaulette, yang pernah digunakan pada tahun 1710-an sampai abad ke-20, yang digunakan dalam pertanian untuk mengukur panjang dan permukaan tanah.

55. Reunion menghasilkan Bourbon Pointu, yaitu salah satu kopi arabica terbaik di dunia.

Semestafakta- Bourbon Pointu2

56. Di Reunion terdapat jangkirik penyerbuk tanaman.

57. Pada September 2014 ada seekor burung Mascarene Petrel sedang membawa telurnya berhasil difoto di pantai Reunion. Foto ini kemudian menjadi foto pertama burung terbang sambil membawa telur di dalam perutnya

Semestafakta-Mascarene Petrel

58. Reunion adalah pulau tertinggi ke-17 di dunia

59. Reunion mempunyai jalan raya paling mahal di dunia, yaitu jalan Route du Littoral yang panjangnya 13 km dari Saint Danis sampai ke La Possession.

Semestafakta-Route du Littoral Semestafakta-Route du Littoral2 Semestafakta-Route du Littoral3

60. Tiga dari lima badai paling basah di dunia pernah terjadi di Reunion, yaitu di Hyacinthe pada tahun 1980, Gamede tahun 2007, dan Diwa tahun 2006.