40 FAKTA MENARIK TENTANG STEPHEN HAWKING

semestafakta-stephen hawking

1. Stephen Hawking adalah seorang ahli fisika teoretis Inggris, kosmolog, penulis buku dan Direktur Riset di Centre for Theoretical Cosmology di University of Cambridge.

2. Orang tua Stephen Hawking bernama Frank dan Isobel Hawking, pindah dari London Utara ke Oxford, Inggris, pada saat Perang Dunia 2, agar aman saat melahirkan Hawking.

3. Hawking lahir pada 8 Januari 1942. Kelahiran Hawking bertepatan dengan ulang tahun ke-300 meninggalnya astronom dan ahli fisika Galileo Galilei.

4. Saat di sekolahnya, Hawking sering dipanggil atau dijuluki dengan Einstein.

5. Di Alband High School, dia membuat komputer bersama dengan teman-temannya dan guru matematikanya Dikran Tahta dari papan switch telepon, onderdil jam, dan komponen bekas lainnya.

6. Stephen Hawking adalah orang yang suka berpetualang dan humoris serta menjadi anggota dari tim dayung di University College, Oxford.

7. Sebelum sakitnya, Hawking pernah menjadi salah satu anggota Oxford Rowing Team. Dedikasi dan kesempurnaan yang dia berikan membuatnya sangat terkenal dan dia dijuluki dengan “Sang Petualang” oleh para teman-temannya pendayung.

semestafakta-rowing team

8. Pada tahun 1963 pada usia 21 tahun Stephen menderita penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS), yaitu penyakit neuron motorik dan dokternya memfonis bahwa dia hanya bisa bertahan selama 2 tahun lagi.

9. Penyakit ALS biasanya berakibat fatal setelah tiga tahun. Tetapi tidak bagi Hawking, dia mampu bertahan sampai usia 55 tahun. Penyakit tersebut menyebabkan Hawking tergantung penuh pada orang lain atau teknologi, mulai dari mandi, berpakaian, makan, gerak dan berbicara. Hawking hanya menggerakkan beberapa jari saja pada satu tangan.

10. Saat dia mendapatkan gelar Ph.D. di Cambridge, dia jatuh cinta dengan Jane Wilde, seorang teman adik perempuannya.

11. Stephen Hawking adalah dari keluarga berpendidikan. Ayahnya, Frank, dan ibunya, Isobel, keduanya kuliah di University of Oxford. Frank mengambil jurusan kedokteran sedangkan Isobel mengambil filsafat, politik, dan ekonomi. Stephen mempunyai dua adik perempuan yang bernama Philippa dan Mary, dan satu lagi saudara dari adopsi bernama Edward. Mereka semua kutu buku.

12. Pada Februari 1990, Hawking bercerai dengan istri pertamanya yang telah bersama selama 25 tahun dan kemudian menikah dengan salah satu perawatnya bernama Elaine Mason. Pasangan ini menikah pada September 1995 tetapi kemudian berpisah pada tahun 2006.

13. Stephen Hawking adalah seorang pegiat yang meneliti dan mencari planet lain yang dapat ditempati manusia agar manusia bisa bertahan dan dapat diselamatkan dari kepunahan.

14. Dia sering muncul di televisi. Versi animasinya muncul di kartun “The Simpson” (American Sitcom) dan bahkan dia sendiri yang mengisi suara karakter kartunnya. Dia juga muncul di film “Star Trek: Next Generation”. Dia juga tampil di tayangan film dokumenter seperti “Stephen Hawking: Master of the Universe” dan “Into Universe with Atephen Hawking”.

semestafakta-Stephen Hawking Master of the Universe

semestafakta-Star Trek Next Generationsemestafakta-The Simpson hawkingsemestafakta-The Simpson hawking

15. Pada tahun 1997, Stephen Hawking membantah teori fisikawan teoretis Amerika, John Perskill, tentang konsep Black Hole (Lubang Hitam), dengan menyatakan bahwa tidak ada yang bisa lari dari lubang hitam, yang pernyataan ini merupakan pelanggaran dari teori fundamental mekanika kuantum. Akhirnya dia mengakui kesalahannya pada tahun 2004.

16. Diantara teori Hawking yang terkenal adalah bahwa dia memprediksikan punahnya manusia karena global warming, virus pembunuh baru, atau menabraknya komet yang besar ke bumi.

17. Meski dia orang Inggris, tetapi suara mesin pembantu suara aslinya beraksen Amerika.

18. Ketika ditanya apa yang paling misterius di dunia? Stephen Hawking menjawab, perempuan!.

19. Paus John II tidak selalu mendukung pandangan Stephen karena selalu bertentangan. Menurut Paus harus ada argumen bahwa alam semesta itu ada penciptanya, yaitu Tuhan. Sedangkan menurut Hawking, hanya ilmu pengetahuan yang dapat menjelaskan penciptaan alam semesta.

20. Salah satu pencapaian terbesar Hawking adalah dengan teorinya yang menyatakan bahwa alam semesta itu tidak ada batasnya, yang diungkapkannya bersama Jim Hartle pada tahun 1983.

21. Pada pembukaan waktu pada tanggal 14 Maret 2018, Stephen Hawking meninggal dunia di rumahnya di Cambridge. Meninggalnya bersama dengan peringatan ke-30 Pi Day, yaitu hari peringatan konstan pi dalam bidang matematika.

22. Hawking meninggal dunia juga bertepatan dengan lahirnya Albert Einstein (14 Maret 1879).

23. Meskipun terkenal sebagai ilmuwan terkemuka tetapi sebenarnya Stephen Hawking bukanlah siswa yang cemerlang dan cerdas, dia biasa-biasa aja. Dia bahkan belum bisa membaca sampai berumur 8 tahun.

24. Pada usia 9 tahun, Hawking menduduki ranking sebagai siswa yang paling buruk dan sering dibully teman-temannya di kelas, teapi gurunya beranggapan bahwa dia adalah anak yang jenius dan nanti akan membuat kagum dengan talentanya pada masa depan.

25. Hawking sering dibully teman-temannya sebagai “swot” yang lebih tertarik dengan musik jazz, musik klasik, dan berdebat

26. Stephen Hawking tidak menyukai ilmu biologi, yang katanya kurang pasti dan cenderung deskriptif. Orang tuanya menginginkan Hawking menjadi dokter tetapi dia cenderung menyukai matematika.

27. Bukunya berjudul “A Brief History of Time” menjadi buku best seller yang bertahan selama 237 minggu.

28. Hawking juga menulis buku untuk anak-anak. Hawking bersama putrnya bernama Lucy Hawking menulis “George’s Secret Key to the Universe” yang menceritakan kehidupan anak kecil yang suka teknologi tetapi ayahnya tidak suka. Dia juga menulis sequel yang berjudul “George’s Comic Treasure Hunt”.

29. Para ilmuwan pernah mengangkat Hawking dari kursinya dan memasukkannya ke ruang anti gravitasi, hanya mereka ingin membahagiakan dan menghibur Hawking.

semestafakta-hawking in anti gravitacy

30. Hawking adalah ilmuwan yang banyak menelorkan penemuan-penemuan tetapi tidak pernah mendapatkan hadiah Nobel. Dia pernah menemukan “teorema singularitas gravitasi” dan prediksi teoretis bahwa black hole itu memancarkan radiasi, yang banyak orang menyebutnya dengan Rasiasi Hawking.

31. Meski Hawking benar-benar lumpuh tetapi dia masih bisa berkomunikasi dengan bantuan Speech Generating Device (Alat Bantu Bicara). Dia bisa bericara sampai 15 kata dalam semenitnya.

32. Hawking menikah dua kali dan cerai dua kali.

33. Pada tahun 2009, Hawking mendapatkan award Presidential Medal of Freedom, yaitu penghargaan orang sipil tertinggi di Amerika. Dia mendapatkan CBE pada tahun 1982 dan Companion of Honour pada tahun 1989. Dia juga mendapatkan medali-medali lainnya seperti Fundamental Physics (2013), Copley Medal (2006), dan Wolf Foundation Prize (1988).

34. Hawking adalah Lucasian Professor of Mathematics di University of Cambridge selama 30 tahun dan berhenti pada 1 Oktober 2009.

35. Hawking adalah anggota Fellow of Gonville and Caius College, dan posisi banyak lainnya di Cambridge.

36. Hawking menguji hubungan antara ilmu pengetahuan dengan agama dengan menulis buku Grand Design tahun 2010, yang menyatakan bahwa menyertakan tuhan itu tidak wajib untuk menerangkan alam semesta. Dia mengatakan bahwa dirinya adalah seorang ateis, meski dia merasa bingung dengan pernyataannya bahwa seluruh alam semesta itu tuhan, yang lebih menggambarkan dia sebagai seorang panteis.

37. Hawking menginginkan Persamaan Hawking (Hawking Equation) diukir atau ditulis di batu nisannya saat dia mati.

38. Hawking pernah hampir mati pada tahun 1985 karena pneumonia saat di berkunjung ke Genewa. Dia tidak sadarkan diri dan tersangkut di jendela.

39. Hawking menjalani trakheotomi untuk membantu pernafasannya, tetapi kemampuan ngomong kemudian hilang, dan akhirnya dia menggunakan alat bantu bicara.

40. Alat bantu bicara Hawking diciptakan oleh perusahaan California bernama Words Plus, yang membuat Equalizer pada komputer Apple II.