96 FAKTA MENARIK TENTANG BAYI

No comment 366 views

1. Istilah “baby” (bayi) kemungkinan berasal dari percakapan bayi yg belum jelas seperti “ba-ba-ba-ba”.

2. Istilah “infant” (bayi atau orok) berasal dari bahasa Latin “infans”, yang artinya “tidak dapat berbicara” dan khusus untuk bayi berusia 1 sampai 12 bulan.

3. Setiap tiga detik ada bayi yang lahir di dunia.

4. Bayi yang baru lahir sudah mempunyai kemampuan berenang dan mampu menahan nafas saat berada dalam air, namun kemudian kemampuan tersebut menghilang dengan segera.

5. Bayi yang baru lahir tidak bisa merasakan rasa asin sampai dia berusia 4 bulan. Hal ini berhubungan dengan perkembangan ginjal yang mulai memproses sodium pada usia 4 bulan.

6. Meski jumlah tulang orang dewasa itu 206 tulang, tetapi saat bayi lahir jumlah tulangnya adalah 300. Jumlah tulang mengalami penggabungan seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan bayi sehingga jumlah tulangnya menjadi lebih sedikit saat dewasa.

7. Rata-rata berat bayi yang baru lahir adalah 3,1-3,6 kg (7-8 lbs). Bayi terkecil yang lahir dalam keadaan hidup mempunyai berat hanya 8,5 ons.

8. Secara keseluruhan bayi laki-laki sedikit lebih berat dibanding bayi perempuan. Rata-rata berat bayi laki-laki yang baru lahir adalah 3,1 kg lebih 10 ons, sedangkan bayi perempuan beratnya adalah 3,1 kg lebih 2 ons.

9. Pada zaman pertengahan di Eropa lintah biasa digunakan untuk menyembuhkan sakit bayi. Misalnya lintah diletakkan di batang tenggorokan bayi untuk mengobati sakit batuk yang disertai dengan sesak nafas.

10. Ukuran bola mata bayi hanya 75% dari ukuran bola mata orang dewasa dan daya pandangnya sekitar 20/400. Setelah 10 bulan daya pandang bayi akan mencapai 20/20.

11. Bayi yang baru lahir cenderung lebih banyak dan sering menoleh ke kanan dibandingkan ke kiri.

12. Protein yang mencegah tengkorak bayi bergabung dinamakan “noggin”.

13. Panjang isi perut bayi sekitar 11 kaki dan akan ukurannya akan bertambah dobel saat dewasa.

14. Bayi yang baru lahir akan kencing setiap 20 menit sekali dan kemudian rata-rata menjadi 1 jam sekali pada usia 6 bulan.

15. Bayi-bayi prematur yang menjadi orang-orang terkenal di dunia adalah Albert Einstein, Isaac Newton, Mark Twain, Stevie Wonder, Johannes Kepler, dan Sir Winston Churchill.

16. Menurut penelitian, bayi yang lahir prematur kebanyakan kidal atau dominan menggunakan tangan kiri.

17. Jumlah bayi terbanyak yang dilahirkan oleh seorang perempuan adalah 69, yang terjadi pada tahun 1725-1765 oleh seorang petani Russia yang melahirkan 16 pasang bayi kembar, tujuh pasang kembar tiga, dan empat pasang kembar empat.

18. Menurut penelitian, nama bayi bisa memberi pengaruh kehidupan bayi setelah dewasa. Misalnya, bayi laki-laki yang mempunyai nama yang lebih “feminin” akan cenderung mempunyai kelainan perilaku.
Rata-rata bayi akan menghabiskan sekitar 2700 diapers atau pampers dalam satu tahun.

19. Bayi yang pertama kali lahir di antartika adalah Emilio Marcos Palma, yang lahir pada tahun 1978.

20. Bayi mempunyai 30.000 titik perasa. Titik tersebut tidak hanya di lidah tetapi di kedua sisi, belakang, dan langit-langit mulut. Sedangkan orang dewasa hanya memiliki 10.000 titik perasa.

21. Bayi sudah bisa mendengar sejak dalam kandungan. Bahkan bayi yang masih berusia 2 hari sudah mengenali suara ibunya hanya dengan satu kata.

22. Sekitar 80% bayi lahir dengan beberapa bentuk bercak bawaan, dan yang paling banyak adalah bercak “pelatukan bangau” (stork bires) dan “noda anggur port” (port wine stains).

23. Bayi paling berat di dunia yang lahir selamat adalah dari Italia yang lahir pada tahun 1955 dengan berat 9,9 kg lebih 8 ons.

24. Pada tahun 1879 seorang perempuan di Kanada melahirkam bayi seberat 10,4 kg lebih 1,92 ons tetapi 11 jam setelah lahir bayi tersebut meninggal dunia.

25. Gadis dari Peru berusia 5 tahun bernama Lina Medina adalah gadis paling muda di dunia yang melahirkan bayi. Dia melahirkan bayi pada tanggal 14 Mei 1939.

26. Bayi pertama kali lahir tidak mempunyai tempurung lutut, dan akan tumbuh sempurna setelah berusia 6 bulan.

27. Menurut penelitian, seorang bayi merespon positif terhadap aroma buah dada ibunya dan akan mengabaikan buah dada orang lain. Bahkan ibu yang buta akan mampu mengenali bayinya sendiri.

28. Pada saat lahir, denyut jantung bayi mencapai 180 per menit. Setelah beberapa jam tekanan jantung akan menurun menjadi 140. Setelah berumur 1 tahun tekanan bayi menjadi 115 denyut per menit. Rata-rata denyut jantung orang dewasa adalah 70-80 per menit.

29. Filosof John Lock menyatakan dalam buku An Essay Concerning Human Understanding bahwa bayi lahir masih seperti tabula rasa atau “papan kosong”. Berbeda dengan pandangan Plato dan gereja abad pertengahan bahwa bayi lahir dengan pembawaan yang tidak sama dan berbeda-beda.

30. Kemungkinan lahir bayi kembar paling banyak terjadi di Afrika Barat. Misalnya di Nigeria kemungkinan bayi kembar adalah 22-1. Sebaliknya kemungkinan bayi kembar paling rendah ada di Jepang, debgan kemungkinan 200-1.

31. Tingkat kelahiran kembar meningkat 76% sejak tahun 1980.

32. Orang suku Indian Apache akan melakukan ritual dengan membunuh salah satu dari bayi kembar, dengan alasan karena jika tidak dibunuh susu ibunya tidak akan cukup memberi makan kedua bayi kembar tersebut. Hal tersebut juga dilakulan oleh suku Eskimo, dengan cara menaruh dan meninggalkan salah satu dari bayi kembar di luar tenda agar mati kedinginan.

33. Rumah sakit untuk bayi-bayi terlantar pertama kali didirikan oleg uskup agung dari Milan bernama Datheus pada tahun 787. Tujuan rumah sakit ini untuk membantu orang tua terhindar dari kutukan abadi karena membunuh anaknya dengan cara membawa bayinya ke rumah sakit.

34. Menurut penilitian dari University of Helsinki, bayi mengenali suara musik yang didengar saat dia berada di kandungan sampai empat bulan setelah kelahiran. Dan ternyata musik yang diperdengarkan saat di kandungan bisa melancarkan kelahirannya.

35. Rata-rata bayi tertawa 300 kali dalam sehari sedangkan orang dewasa hanya 60 kali.

36. Saat bayi berusia sekitar empat bulan dalam kandungan akan tumbuh rambut di sekujur tubuhnya. Rambut ini dinamakan “lanugo”. Kemudian rambut-rambut tersebut lepas sebelum kelahiran dan dimakan oleh bayi.
37. Menurut para ilmuwan, menggerakkan kepala ke kanan dan kiri atau melenggak-lenggok sebagai tanda “tidak” berasal dari atau meniru bayi yang menggerakkan kepala atau melenggak-lenggok tanda tidak mau makan karena sudah kenyang.

38. Bayi yang lahir pada bulan Mei rata-rata 200 gram lebih berat dibanding yang lahir pada bulan lainnya.

39. Menurut penelitian, bayi yang lahir sesar kebanyakan memiliki kesulitan bernafas karena mereka kehilangan hormon yang penting dan perubahan psikologis yang terjadi selama operasi sesar.

40. Bayi yang baru lahir lebih senang melihat gambar wajah dibanding gambar pola-pola random, dan lebih suka memandang wajah yang tersenyum dibanding wajah yang marah-marah.

41. Usia ibu paling baik untuk mengandung adalah 22 tahun, yaitu usia yang dianggap sebagai “masa subur” bagi manusia.

42. Selama 9 bulan dari awal kehamilan sampai kelahiran bayi mengalami perkembangan berat badan sebanyak 3000 juta kali. Kemudian dari awal bayi lahir sampai berusia 2 tahun ukuran bayi akan berkembang lipat empat kali.

43. Otak bayi yang baru lahir beratnya 10% daru total berat tubuhnya. Pada saat dewasa beratnya menurun menjadi hanya 2% dari berat tubuhnya. Pada usia setahun otak bayi ukurannya meningkat dua setengah kali, dan pada usia lima tahun berkembang tiga kali ukuran otaknya dari ukuran awal kelahiran. Ukuran otak bayi laki-laki sedikit lebih besar dibanding bayi perempuan.

44. Rata-rata bayi perempuan lebih lama di kandungan dibanding bayi laki-laki. Bayi kulit putih rata-rata lebih lama lima hari di kandungan dibanding bayi berkulit hitam.

45. Di Eropa susu tidak disterilkan sampai tahun 1890-an dan tidak dikonsumsi terutama oleh bayi, karena ada kepercayaan kalau minum susu nanti anaknya akan tumbuh menyerupai binatang.

46. Bangsa Yunani beranggapan susu ibu diproduksi di uterus dan dikirim ke payudara melalui pembuluh khusus dalam tubuh.

47. Sejak abad pertengahan sudah ada kepercayaan bahwa susu ibu bisa melindungi dari penyakit, kecuali cairan colostrum yang keluar setelah melahirkan, dianggap bahaya dan ibu disarankan tidak memberikan kepada bayinya selama beberapa hari.

48. Penglihatan mata adalah yang paling lambat mengalami perkembangan dari seluruh indera bayi. Bayi yang baru lahir mampu melihat dengan jelas pada jarak 8-14 inci, sampai dia berusia sekitar tiga bulan untuk bisa melihat dengan jelas sekelilingnya. Bayi juga kesulitan membedakan jenis warna.

49. Pada zaman Romawi kuno, jika lahir bayi laki-laki maka di depan pintu rumahnya akan digantungkan cabang pohon zaitun, dan kain wol jika lahir bayi perempun. Pada abad ke-18 di London akan dipasang pita di pengetuk pintu rumahnya, pita pink jika lahir bayi perempuan dan pita biru jika laki-laki.

50. Di sebagian daerah di Inggris, kepala bayi yang baru lahir akan dicuci dengan minuman rum untuk keberuntungan bayi.

51. Sudah menjadi kebiasaan di seluruh Eropa memberikan secolek mentega dan sedikit gula dengan harapan si bayi menjadi orang yang kaya dan sejahtera di masa depan.

52. Di Eropa pada zaman pertengahan ada keyakinan bahwa bayi yang susah dikendalikan dan tidak menurut adalah karena kurangnya mendapat air susu ibu.

53. Sampai abad ke-7 dokter-dokter masih percaya bahwa sakit bayi disebabkan oleh adanya asam yang terlalu banyak di lambungnya. Untuk mengatasinya bayi diberi makan kapur, telur kerang yang dihancurkan, batu karang, dan tiram yang dicampur dengan bubur bayi untuk menghilangkan gas asamnya.

54. Pada tahun 1235, raja Henry III mendeklarasikan bahwa penyusu bayi orang lain yang beragama Kristen dilarang menyusui bayi dari keluarga Yahudi.

55. Penyusu bayi orang lain (wet nurse) yang berambut merah dilarang menyusui bayi karena sampai abad ke-19 masih ada anggapan bahwa bayi akan mewarisi karakter dari yang menyusuinya. Para orang tua pada waktu itu mryakini kalau orang yang berambut merah mempunyai watak yang keras dan suka marah.

56. Di Cina setiap 30 detik lahir bayi cacat. Lahir cacat ini meningkat 40% sejak tahun 2001.

57. Sejarawan abad ke-18 memperkirakan bahwa bayi empat kali lebih rentan terhadap kejahatan korban pembunuhan di rumah tangga dibanding lainnya.

58. Pertama kali bayi lahir belum bisa merasakan rasa sedih atau air mata yang menandakan tekanan emosi meski dia lahir dengan air mata bawaan (cukup untuk membasahi mata) dan air mata refleks (air mata yang kekuar saat iritasi). Antara usia 2 dan 4 bulan bayi mulai menangis dengan air mata saat dia merasa terganggu.

59. Pada abad ke-18 bayi diberi makan sejenis bubur yang terbuat dari tepung dicampur air, yang dikenal dengan “pap”, “panda”, atau “caudle”, padahal bubur tersebut tempat tumbuhnya bakteri dan lebih mirip dengan pasta untuk kertas pelapis tembok.

60. Biasanya panjang tali pusar bayi bisa untuk memprediksi panjang penis bayi.

61. Menurut psikolog, kesadaran diri bayi akan muncul saat bayi berusia 12 bulan.

62. Bayi yang baru lahir hanya membawa sekitar satu cangkir darah dalam tubuhnya.
Bayi pertama kali lahir tidak membawa bakteri.

63. Orang tua khususnya ibu kehilangan kesempatan tidurnya selama 6 bulan dalam waktu 2 tahun dari kelahiran bayinya.

64. Bayi yang baru lahir hanya melihat semuanya serba hitam putih selama beberapa bulan.

65. Ibu yang menyusui bayinya akan mengurangi 22% resiko terkena penyakit Alzheimer.

66. Kulub atau kulit khitan bayi biasa digunakan untuk bahan kosmetik.

67. Menurut neurolog, bayi tidak bermimpi selama beberapa tahun dari kelahirannya.
Pada akhir tahun 1985, para dokter percaya bahwa bayi tidak merasakan sakit sehingga bayi dioperasi tanpa dibius.

68. Lebih dari 100.000 bayi yang lahir di Amerika kecanduan kokain setiap tahunnya karena ibunya memakai narkotika selama kehamilan.

69. James Harrison berjasa mendonorkan darah lebih dari 1000 kali dan telah menyelamatkan lebih dari 2 juta bayi yang lahir dari penyakit Rhesus.

70. Pada tahun 2005 ada bayi yang lahir kembar dengan kepalanya saling menempel. Salah satu bayinya tidak mempunyai tubuh tetapi tetap masih bisa teetawa.

71. Pemain sepak bola profesional paling muda adalah seorang bayi berumur 2 tahun bernama Bryce Brites yang direkrut oleh club Belgia.

72. Menurut penelitian, ibu yang tidur mendengkur kemungkinan besar akan mempunyai bayi yang lebih kecil.

73. Saat hamil, jika ibu menderita kerusakan organ maka bayi akan mengirimkan batang sel untuk membantu memperbaiki organ yang rusak tersebut.

74. Sangkar bayi yang digantung di jendela pernah digunakan di Amerika pada tahun 1920-an.

75. Brasil membagikan Air Susu Ibu untuk diberikan kepada bayi-bayi yang ibunya tidak bisa memberikan ASI.

76. Antara tahun 1838 dan 1960 lebih dari separoh foto yang diambil di dunia adalah foto bayi.

77. Setiap tahunnya, ada sekitar satu juta bayi yang digugurkan dan 10 ribu bayi perempuan dibuang di Cina karena kebijakan negara ini hanya mempunyai satu anak.

78. 1 dalam 5000 bayi yang lahir tidak mempunyai anus yang terbuka.

79. Hanya ada 4% bayi yang lahir sesuai tepat dengan prediksi kelahiran.

80. Jerman, Denmark, Islandia dan negara lainnya mempunyai aturan khusus penamaan bayi.

81. Nama Lucifer, Kristus, dan Messiah adalah nama bayi yang dilarang di New Zealand.

82. Keluarga di Korea Selatan akan meminta bantuan seorang ahli profesional untul menamai bayinya.

83. Di Jepang ada kontes “Sumo Menangis”, dimana para pegulat berlomba untuk bisa membuat bayi menangis.

84. Paska gempa bumi berkekuatan 8,0 skala Rickhter menghantam Mexico City pada tahun 1985, hampir seluruh bayi selamat setelah tertimbun reruntuhan rumah sakit selama 7 hari tanpa makan dan minum.

85. Menurut penelitian, bayi akan merasa nyaman dan tenang saat mendengar musik.

86. Mencium bayi di bagian telinga bayi akan mengakibatkan tuli karena bisa menyebabkan luka yang dikenal dengan “luka cium telinga cochlear”.

87. Bayi tidak bisa mengenali dirinya di cermin sampai dia berusia 18 bulan.

88. Menyusui akan mengubah cara kerja otak ibu, yang membuat ibu lebih terbiasa dengan tangisan anaknya.

89. Di banyak pedalaman di India ada kebiasaan menjatuhkan bayi dari atas candi atau kuil dan kemudian akan ditangkap orang dewasa yang ada di bawahnya. Hal ini diyakini akan membawa kesehatan bagi bayi.

90. Menurut penelitian internasional, bayi-bayi di Inggris, Kanada, dan Italia, menangis lebih keras dibanding bayi lainnya di dunia.

91. Bayi di kandungan dapat merasakan apa yang dimakan ibunya dan mampu memilih makanan yang dia sukai.

92. Akibat badai Katrina, 85% terjadi penurunan penggunaan nama Katrina pada bayi.

93. Ada 20 bayi yang lahir di Inggris sejak Perang Dunia 2 mempunyai nama Adolf.

94. Bayi berbahasa Slovenia akan belajar angka 2 lebih cepat dibanding bayi berbahasa Inggris.

95. Ada 1 dari 2000 bayi yang lahir sudah tumbuh giginya. Richard III, Napoleon Bonaparte, Louis xiv, dan Julius Caesar, adalah contohnya.

96. Menurut Aristoteles, rahim terdiri dari dua ruang, yang satu untuk bayi laki-laki dan yang satunya lagi untuk perempuan.