73 FAKTA MENARIK TENTANG SERBIA

No comment 619 views

1. Nama Serbia berasal dari bahasa Yunani yang artinya “tanah bangsa Serb”.

2. Pada abad ke-3 SM di wilayah Belgrade dulunya merupakan pemukiman bangsa Celtik, kemudian benteng Romawi Singidunum di sungai Sava.

3. Serbia adalah tempat lahirnya 18 raja Romawi. Yang paling terkenal adalah Constantine the Great, raja Romawi yang memproklamirkan Kristen sebagai agama resmi kerajaan.

4. Keluarga raja Serbia Karadjordjevis mempunyai ikatan famili dengan keluarga kerajaan Inggris melalui Ratu Victoria dan keluarga kerajaan Yunani.

5. Selama 500 tahun Serbia dikuasai oleh Turki.

6. Bahasa Serbia menggunakan abjad Cyrillic dan Latin secara bersamaan yang secara berurutan dikenal dengan Azbuka dan Abeceda.

7. Ibu kota Serbia adalah Belgrade dan merupakan salah satu kota terbesar di Eropa Selatan. Belgrade juga masuk dalam salah satu kota di dunia dengan kehidupan malamnya yang menarik.

8. Belgrade juga menduduki peringkat tertinggi sebagai kota tempat pesta.

9. Belgrade memenangkan “City of the Future” (kota masa depan) untuk Eropa Selatan, dalam kontes yang dispobsori oleh majalah The Economist/FDI.

10. Serbia pernah bersatu dengan Montenegro pada tahun 1992 dan kemudian pisah kembali pada tahun 2006 untuk menjadi negara merdeka.

11. Novi Sad adalah koya yang cantik yang terletak di pinggir sungai Danube dan dikenal dengan Athenanya Serbia. Kota ini termempunyai benteng bernama Petrovaradin.

12. Novi Pazar adalah pusat budaya Islam di Serbia, yaitu peninggalan selama 500 tahun pendudukan Ottoman.

13. Smederevo adalah kota di dekat sungai Danube di Serbia timur. Dulu menjadi kota Romawi yang bernama Vinceia. Di sana terdapat kastil Smeredevo yang dibangun pada tahun 1420-1430-an oleh Despot Djuradj Brankovic.

14. Viminacium menjadi ibu kota provinsi urama dan basis militer pada zaman Romawi. Kota ini pertama berdiri pada abad pertama.

15. Felux Romuliana adalah situs peninggalan Romawi di luar kota Gamzigrad yang terdaftar dalam UNESCO World Heritage Site. Istana tersebut awalnya dibuat oleh Raja Galerius untuk memeringati undur dirinya dari tahta, dan nama istana diambil dari nama ibunya, Romula.

16. Sremski Karlovci adalah kota di Danub yang terkenal dengan anggur lokalnya. Raja Marcus Aurelius pertama kali menanam pohon anggur di sini pada tahun 273 M.

17. Pintu gerbang batu tertinggi di Eropa ada di Serbia, yaitu Prerast Vratna . Ada tiga pintu gerbang yang bernama Little Prerast (Prerast Kecil), Big Prerast (Prerast Besar), dan Dry Prerast (Prerast Kering). Anehnya, Little Prerast adalah yang terbesar diantara ketiga pintu tersebut, yang berukuran tinggi 34 meter, panjang 30 meter, dan lebarnya 15 meter.

18. Serbia mempunyai Grand Canyon sendiri, yaitu tebing sungai Temštice yang mirip dengan Grand Canyon di Colorado, Amerika.

19. Di Serbia ada perkampungan yang rumahnya semua terbuat dari tanah, batu, dan bahan alam lainnya, yaitu di kampung Gostuša yang berada di gunung Stara Planina.

20. Vampir yang pertama adalah bukan Drakula. Vampir yang pertama di dunia yang tertulis di media cetak Austria pada tahun 1725 adalah Petar Blagojević. Istilah Vampir berasal dari bahasa Serbia, “Vampir”.

21. Orang Serbia bernama Sava Vladisavljevic adalah salah satu tokoh terkemuka dalam sejarah Rusia yang telah berjasa membuat perbatasan antara Rusia dan Cina.

22. Milunka Savić adalah pahlawan wanita Serbia yang berjuang dalam Perang Balkan dan Perang Dunia I.

23. Ivo Andric adalah satu-satunya Peraih Nobel dari Serbia dalam bidang literatur pada tahun 1961.

24. Penemu terkenal dunia bernama Nikola Tesla, lahir pada tanggal 10 Juli 1856 di Serbia (sekarang Croatia). Tesla adalah penemu dalam disiplin arus listrik dan magnet. Namanya juga digunakan dalam unit induksi magnetik (T).

25. Ilmuwan atau penemu dari Serbia lainnya adalah Mihajlo I. Pupin (ahli fisika dan kimia), Milutin Milanković (ahli matematika, astronom, climatolog, geofisikawan, teknik sipil), Josif Pančić (botanis, dokter, dosen terkenal), Mileva Marić (fisikawan) dan Vuk Stefanović Karadžić (psikolog and ahli bahasa).

26. Orang terkenal lain dari Serbia dari bidang olahraga adalah Novak Djokovic. Dia adalah petenis profesional yang memegang peringkat pertama pertama ATP. Dia memenangkan 12 single gelar Grand Slam sampai sekarang.

27. Nama-nama perempuan cantik dan bertalenta yang terkenal dari Serbia adalah Ana Ivanovic (pemain tennis), Nina Senicar (model), Manja Babovic (model) Stanija Dobrojevic (model), Natasa Vojnovic (model), Ana Mirkovic (model), Nina Senicar (model), and Danijela Dimitrovksa (model).

28. Serbia berperan dalam misi pendaratan manusia di bulan. Ada tiga orang dari Serbia yang ikut dalam proyek misi Apolo. Ada juga orang Serbia yang bernama Mihajlo Pipin yang menjadi salah satu pendiri National Advisory Committee for Aeronautics (NACA) pada tanggal 3 Maret 1915, yang kemudian berubah menjadi NASA.

29. Serbia mempunyai ilmuwan pemenang Pulitzer, yaitu Valter Bogdanić, Čarls Simić dan Mihajlo Pupin.

30. Di Serbia ada dua danau bernama Vlasina dan Semeteš yang di dalamnya terdapat pulau yang mengambang atau terapung di permukaan danau.

31. Danau Perak (Silver lake) yang disebut juga laut Serbia, adalah danau terbesar di Serbia, yang terjenal dengan airnya yang jernih.

32. Kalemegdan adalah taman paling terkenal di Belgrade karena banyak terdapat jalan setapak, bangku-bangku di bawah pohon rindang, air mancur, patung-patung patung bersejarah mammot dan pemandangan sungai yang menakjubkan.

33. Jalan Pangeran Michael (Prince Michael Street) adalah jalur pedestrian utama di Belgrade. Jalan ini dilindungi hukum sebagai salah satu jalan tertua dan pemandangan yang paling menarik di Belgrade.

34. Jurang terbesar di Eropa adalah jurang Đerdap yang berada di Serbia barat di tebing sungai Drina. Jurang ini yang terdalam kedua di Eropa.

35. Situs arkeologi Lepenski Vir yang berada di jurang Djerdab adalah pusat salah satu kebudayaan prasejarah yang paling penting. Di sana ditemukan arsitektur keagamaan peninggalan tahun 6500 sampai 5500 SM.

36. Di Serbia ada bola dunia bernama bola Povlen yang penuh misteri. Bola ini tidak diketahui asal-usulnya. Menurut para ilmuwan berasal dari aktivitas vulkanik. Ada yang mengatakan bola tersebut dibuat oleh alien, dan ada yang mengklaim bola itu bisa untuk menyembuhkan penyakit dan mempunyai kekuatan ajaib.

37. Alam Serbia banyak mengandung misteri yang belum terpecahkan. Seperti Gunung Rtanj, yaitu piramid berusia 500 000. Kareba bentuknya mirip piramid, gunung Rtanj dipercaya sebagai rumah indul “piramidal” yang ditinggalkan alien ribuan tahun yang lalu.

38. “Sungai Tusza Mekar Berbunga” (blooming of the Tusza river) adalah fenomena yang hanya terdapat di Serbia, di dekat Kanjiža. Setiap tahun pada bulan Juni berlangsung dansa kehidupan dan kematian yang khas, romantis, dan melankolis di sungai Tisza oleh serangga yang dinamakan Palingenia longicauda yang melakukan dansa perkawinan selama tiga jam yang menakjubkan.

39. Gospel Miroslav yang ditulis tahun 1180 adalah manuskrip tertua Serbia yang terdaftar dalam UNESCO.

40. Gereja Pusat Kota Lama (Old Downtown Church) yang berdiri di bagian kota yang ramai Cacak adalah tempat bangunan agama yang berubah menjadi masjid sampai 10 kali.

41. Benteng Belgrade pernah hancur dan dibangun kembali sebanyak 40 kali selama berabad-abad. Bangunan yang sekarang berdiri adalah rekontruksi bangunan abad 18 oleh Austro-Hongaria dan Ottoman.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

42. Serbia mempunyai lima taman nasional atau cagar alam, yaitu Đerdap, Fruška Gora, Kopaonik, Šar-planina dan Tara.

43. Taman nasional Kopanik terdapat di gunung Kopanik, yaitu gunung tertinggi di Serbia.

44. Taman nasional Kopanik adalah tempatnya resort ski utama di Serbia. Salju turun dari bulan November sampai Mei, dan pada musim panas menjadi tempat untuk hiking untuk menikmati flora dan fauna di sana.

45. Gunung Fruška Gora berada di Syrmia, berbatasan dengan Kroasia, dan dijuluki dengan “Permata Serbia”. Di dalamnya terdapat cagar alam Fruška Gora, tempat perkebunan anggur.

46. Serbia terkenal dengan kota spanya, yaitu di kota Sokobanja, bahkan ada yang merupakan peninggalan zaman Romawi.

47. Wilayah Vinca yang berada di luar kota Belgrade adalah salah satu tempat paling penting dalam sejarah Serbia, yaitu tempatnya situs arkeoligis Belo Brdo, yang artinya “Bukit Putih”.

48. Puncak tertinggi Serbia ada di Midzor (2169) dan titik terendahnya ada di sungai Danube dan sungai Timok (35 m).

49. Serbia sering dilanda gempa bumi. Dalam setahunnya terjadi tiga kali gempa bumi.

50. Mayoritas nama terakhir Serbia berakhiran dengan “ic”.

51. Serbia lebih maju dalam teknik pembuatan jam. Serbia sudah bisa membuat jam 600 tahun sebelum Swiss merajai industri jam di dunia.

52. Serbia menjadi anggota Lembaga Eksekutif UNESCO dari tahun 2015.

53. Orang Serbia terkenal orang yang paling ramah di dunia. Mereka yakin mereka tidak akan mendapat kemurahan dan pahala dari tuhan jika tidak ramah dan menjamu tamunya.

54. Serbia adalah pengekspor terbesar raspberry di dunia yang menyuplai 30% raspberry di dunia.

55. Serbia adalah penghasil buah plum terbesar kedua di dunia setelah Cina.

56. Kiriman video satelit pertama antara Eropa dan Amerika Utara adalah berupa gambar fresco White Angel dari monasteri Serbia, yang menyimbulkan perdamaian dan peradaban. Gambar ini kemudian juga dikirim ke luar angkasa sebagai obyek penarik makhluk luar angkasa agar berkomunikasi, tetapi gagal.

57. Gereja Saint Sava di Belgrade adalah salah satu gereja ortodoks terbesar di dunia.

58. Gereja Ortodoks Studenica peninggalan abad ke-12 di Serbia adalah monumen penting yang menggambarkan arsitektur Serbia abad pertengahan. Gereja ini dibangun setelah Pangeran Agung Stefan Nemanja turun tahta, sebagai pendiri pertama negara Serbia yang kuat. Anak darj Stefa Nemanja bernama Rastko adalah uskup besar Gereja Ortodoks Serbia, yang kemudian ditahbiskan dan disucikan sebagai Saint Sava.

59. Bangunan peninggalan zaman pertengahan lainnya adalah gereja Dečani, Gračanica, Sopoćani, Our Lady of Ljeviš, Patriarchy di Peć dan benteng kuno Ras. Semuanya masuk dalam daftar UNESCO World Heritage Sites, yang juga termasuk istana Romawi Romuliana of Galerius, di dekat Zaječar, dan peninggalan pemukiman Romawi Justiniana Prima, di dekat Leskovac.

60. Di Serbia terdapat menara yang terbuat dari tengkorak di Niš, Serbia. Menara tengkorak ini dibangun pada saat pemberontakan Serbia Pertama, setelah pemberontak Serbia diserang oleh Ottoman di Bukit Čegar, dekat Niš. Menara ini dibuat dari tengkorak para pemberontak yang tewas atas perintah panglima perang Ottoman, Vizier Hurshid Pasha. Menara ini tingginya 4,5 meter dan terdiri dari 952 tengkorak yang tersusun dalam 14 baris. Tetapi sekarang jumlah tengkoraknya tinggal 54.

61. Di square di bawah hotel Slavija di Belgrade para penduduk abad 19 akan berkumpul untuk berburu bebek liar.

62. Di Serbia ada sungai “Year”, yang panjangnya hanya 365 meter.

63. Serbia mempunyai hutan hujan Vinatovača yang merupakan cagar alam bagi pohon beech yang sudah berusia 350 tahun.

64. Di Serbia selatan bagian selatan di dekat kota Kuršumlija terdapat salah satu dari 8 keajaiban alam Serbia yang dinamakan Devil’s Town. Yaitu tugu batu aneh yang tercipta akibat erosi.

65. Pemerintah Serbia memberi bantuan sebesar $5,4 juta untuk membantu pemulihan ekonomi kota Bosnia, Srebrenica, yang dulu dijadikan ladang pembantaian tahun 1995 oleh Serbia terhadap 8000 muslim Bosnia.

66. Serbia memasang pembangkit listrik tenaga angin pertamanya di “ladang angin Kula”.

67. Mengangkat tiga jari (jempol dan jari di dekatnya) adalah kebiasaan orang Serbia. Maka jika ingin menampakkan kecintaan terhadap Serbia, lakukan itu terhadap penduduk lokal.

68. Awas, jangan pernah ngomong kepada kaum laki-laki Serbia bahwa wanita Hongaria, Bulgaria atau wanita negara lainnya lebih cantik dibanding wanita Serbia.

69. Rakia atau rakija adalah minuman buatan rumahan Serbia yang sangat lezat.

70. Minum kopi sudah menjadi gaya hidup orang Serbia.

72. Olahraga yang populer di Serbia adalah sepak bola, dan orang Serbia sangat fanatik terhadap Serbia.

73. Serbia adalah paling bebas merokok dibanding negara Eropa lainnya.