157 FAKTA MENARIK TENTANG BIR DAN MINUMAN KERAS

No comment 697 views

1. Bir sama tuanya dengan sejarah manusia. Pembuatan minuman bir lebih tua dari tulisan.

2. Resep tertua di dunia adalah resep pembuatan bir.

3. Bir tertua sudah disebut dalam lempengan tanah liat (tablet) pada tahun 4000 SM, yang bergambar wanita berpayudara besar dengan membawa dua gelas minuman berbentuk piala dan tertulis di situ, “Bir Minuman Ebla – Bir dengan hati singa”.

4. Bangsa Babilonia adalah yang pertama membuat bir. Mereka membuat bir dengan serius, dan jika ada yang keliru membuat bir sehingga rasanya tidak enak maka akan dimasukkan dan direbus di tungku pembuatan.

5. Dalam teks Mesir Kuno ditemukan 100 pengobatan menggunakan bir.

6. Bukti awal pembuatan bir ditemukan di Iran barat, yang berangka tahun 3500 SM.

7. Chicha adalah bir tradisional bangsa Inca, Peru kuno yang dibuat dari air liur. Seorang gadis Inca berumur 8-10 tahun akan mengunyah jagung menjadi bubur di dalam mulutnya, kemudian memuntahkan bubur ke dalam tempat penampungan besar yang berisi air panas dan didiamkan selama beberapa minggu. Ludah kental yang sudah bercampur tersebut kemudian disaring.

8. Di dokumen bangsa Mesir kuno terdapat 17 jenis bir, dengan nama-nama seperti “pembawa kenikmatan” dan “surga”.

9. Pada zaman Mesopotamia kuno, bir berhubungan erat dengan ritual agama dan dipercaya memiliki kekuatan mejik.

10. Bangsa Viking kuno percaya bahwa nanti di surganya yang bernama Valhalla disediakan seekor kambing raksasa yang akan mengeluarkan bir terus-menerus.

11. Menurut ceritanya, dewa-dewa Mesopotamia memiliki minuman keras atau bir kesukaannya sendiri-sendiri.

12. Ninkasi adalah dewa bir bangsa Mesopotamia dan yang mengajarkan keahlian membuat bir kepada manusia.

13. Tenenet adalah dewa bir bangsa Mesir.

14. Bir sangat penting pada masa Mesopotamia kuno yang penjualannya diatur dalam Undang-undang Hammurabi (Code of Hammurabi).

15. Bangsa Mesir Kuno sangat mengandalkan bir karena bir mengandung vitamin dan umumnya lebih bersih dan lebih aman diminum dibanding air singai Nil.

16. Bangsa Mesir kuno menggunakan bir untuk banyak keperluan, termasuk untuk mengobati usus dan hidung mampet.

17. Bangsa Mesir Kuno membangun piramid di bawah pengaruh minuman bir. Menurut arkeolog dari Universitas Pennsylvania, Patrick McGovern, para pekerja piramid di Giza mendapat empat liter bir setiap harinya. Birnya dinamakan “kash” dan dari sinilah istilah “cash” (kontan atau tunai) berasal.

18. Mayoritas pengolah bir pada zaman Mesir kuno adalah kaum wanita.

19. Pada zaman Mesir kuno ada undang-undang yang melarang kaum laki-laki menjual atau membuat bir.

20. Pengolah bir profesional pertama adalah wanita yang dinamakan brewster. Wanita yang ingin menjadi brewster harus sangat cantik.

21. Pada zaman pertengahan, anak-anak dianjurkan minum bir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

22. Pada zaman pertengahan di Inggris, bir disajikan untuk sarapan atau makan pagi.

23. Busa bir menjadi bagian penting dari bir. Jika bir tidak berbusa menandakan bir tersebut tidak berkualitas dan tidak mempunyai rasa.

24. Pada zaman pertengahan Eropa, para pendeta Katolik menjalani “puasa bir” selama 40 hari menjelang Paskah. Mereka tidak makan dan hanys mendapat kalorinya dari minum bir, yang mereka sebut dengan “roti cair”.

25. Pada tahun 1814 di London dilanda Banjir Besar Bir ketika sekitar 388,000 galon bir tumpah ke jalanan sekitar Tottenham Court Road setelah tempat penampungan di tempat pengolahan bir pecah. Banjir ini menyebabkan 9 orang meninggal dan 2 rumah roboh.

26. Pada abad 19 ibu-ibu menyusui akan minum 7 sloki bir setiap harinya dengan kepercayaan bisa melancarkan air susu ibu.

27. Perusahaan pembuatan bir dimulai pada Zaman Pertengahan dan masih berlangsung sanpai sekarang. Bir pernah dibuat di rumah-rumah dan di kuil-kuil sebagai usaha bersama masyarakat, dan sejarang bir dibuat oleh perusahaan-perusahaan canggih.

28. Meski sekarang lebih banyak bir yang diciptakan dibanding pada zaman pertengahan, namun rata-rata konsumsi bir orang Eropa zaman pertengahan tetap lebih banyak dibanding sekarang.

29. Studi tentang bir dan cara pembuatan bir telah mempunyai keilmuannya sendiri secara resmi yang bernama “zithologi”, yang besal dari kata “zytos” (bir) dan “logos” (ilmu).

30. Sekarang ada sekitar 400 jenis bir di dunia. Belgia adalah negara yang paling banyak memiliki merek bir.

31. Bir dan mariyuana mempunyai kesamaan. Bunga hop untuk membuat bir adalah satu famili dengan tanaman berbunga seperti mariyuana.

32. Bunga Hop mempunyai banyak manfaat, seperti membantu menyembuhkan peradangan, insomnia, nafas kejang, dan kelainan pencernaan.

33. Pembuat bir mulai menambahkan bunga Hop pada bir pada abad ke-9. Srkarang hampir seluruh bir dibuat dengan bunga Hop, dengan menambahkan bahan pedas yang lezat pada bir sebagai bahan pengawet.

34. Bunga Hop beracun bagi binatang piaraan.

35. Ilmuwan Perancis bernama Louis Pasteur pernah menulis buku tentang “penyakit-penyakit” yang disebabkan dari bir dan sebab-sebab kecacatannya.

36. Bir adalah minuman paling populer ketiga di dunia, setelah air putih dan teh.

37. Bir adalah minuman beralkohol paling populer di dunia. Pada tahun 2016, penduduk dunia mengonsumsi hampir 50 milliar galon bir.

38. Negara pengonsumsi bir per kapita terbesar di dunia adalab Republik Czech. Secara keseluruhan Cina adalah konsumen terbanyak bir di dunia.

39. Di Czech bir lebih murah dari soft drink.

40. Meski ada bermacam-macam model bir, tetapi hanya ada dua jenis dasar bir, yaitu bir yang tidak keras dan bir yang lebih keras, yang dibedakan menurut cara fernentasi Pada saat pembuatan bir.

41. Cenosillicaphobia adalah fobia atau rasa takut kepada gelas yang tidak ada isinya atau kosong.

42. Bir yang warnanya lebih gelap dan pahit kandungan alkoholnya lebih banyak.

43. Mabuk paling lama akibat minuman keras adalah 4 minggu yang dialami oleh orang Skotlandia setelah menenggak 60 sloki bir.

44. Bir paling keras adalah yang kandungan alkoholnya mencapai 67,5%.

45. Di Rusia, bir tidak dianggap sebagai minuman beralkohol sampai tahun 2013.

46. Di Belgia, bir disajikan di kantin sekolah sampai tahun 1970-an.

47. Pada tahun 2001, beberapa sekolah SMP di Belgia mulai menyediakan ber beralkohol rendah untuk anak sekolah pada saat makan siang sebagai pengganti soda yang dianggap tidak segat dibanding bir.

48. Pada abad ke-13 warga Norwegia membaptis anaknya dengan bir.

49. Pecinta bir dinamakan dengan Cerevisaphile. Kata ini berasal dari nama Latin dewa pertanian Romawi, Ceres, dan vis yang artinya kuat.

50. Pada kejuaraan dunia menggendong istri di Finlandia, pemenang pertama akan mendapat hadiah bir sebanyak berat badan istri yang dibawa.

51. Di Afrika ada bir yang terbuat dari pisang.

52. Kuil Wat Pa Maha Khedi Kaew terbuat dari 1 juta juta botol bir Heineken dan bir lokal.

53. Bir Guinness lebih banyak diminum di Nigeria dibanding di Irlandia, tempat pembuatannya.

54. Rata-rata bir Guinness terjual setiap harinya 7 juta gelas di seluruh dunia.

55. Di negeri Pharaoh (Firaun) Mesir bir pernah menjadi mata uang nasional.

56. Di Argentina mading-masibg partai politik mempunyai sendiri merek bir kesukaannya.

57. Pembajakan pesawat pertama di Norwegia berhasil digagalkan setelah pembajak bersedia menyerahkan senjatanya untuk diganti dengan bir.

58. Saat Niels Bohr memenangkan Nobel pada tahun 1922, perusahaan bir Carlsberg menghadiahinya bir yang langsung disalurkan lewat pipa ke rumahnya seumur hidup.

59. Pada tahun 1850, Louis Pasteur meneliti bir, kemudian dia menemukan teori Pasteurisasi. .

60. Pada tahun 1963, Albert Heineken menciptakan botol bir yang dapat juga digunakan sebagai batu bata untuk membangun rumah di wilayah atau negara-negara miskin dan juga bertujuan untuk mengurangi sampah.

61. Botol bir berwarna cokelat agar terlindung dari sinar ultra violet yang bisa menyebabkan rusaknya kualitas.

62. Di Austria ada pemandian yang berisi bir, yaitu di pengolahan bir Schloss Starkenberger di Tarrentz, Austria. Tempat mandi berbusa ini mempromosikan kesehatan kulit.

63. Ada 162.719 sloki bir yang terbuang setiap tahunnya gara-gara tersangkut di kumis saat diminum.

64. Di Perancis, Jerman, Austria, Spanyol, dan Belanda, McDonald’s menyajikan bir.

65. Nama bir Fucking Hell diambil dari nama desa Fucking di Austria.

66. Di Jerman ada perusahaan bir yang usianya sudah hampir 1000 tahun, yaitu di Weihenstephan Abbey di Bavaria Jerman. Para pendeta di Weihenstephan mulai mengolah bir sejak tahun 1040 dan sampai sekarang masih beroperasi.

67. Bar di Veltins-Arena, yaitu lapangan utama sepak bola di Gelsenkirchen, Jerman, mempunyai pipa bir sepanjang 5 km.

68. Bir dan vagina hampir mempunyai tingkat keasaman yang sama, dengan rata-rata pH nya 4,5.

69. Di Islandia bir dilarang sampai pada tanggal 1 Maret 1989. Sekarang tanggal tersebut diperingati setiap tahunnya di Reyk Javic sebagai Bjordagur, atau hari bir.

70. Kaleng bir pertama diproduksi pada tahun 1935, yaitu kaleng bir Kruiger, sehingga konsumen tidak perlu lagi datang ke kedai bir atau pembuat bir tidak lagi mengantarkan bir ke rumah-rumah.

71. Kaleng bir di Jepang dilengkapi huruf Braille, sehingga orang buta bisa membedakan bir dengan soft drink.

72. Joan Evans adalah satu-satunya orang di dunia yang mampu mengangkat 237 sloki bir secara seimbang di atas kepalanya.

73. Pada tahun 1956, Amerika meledakkan bom atom di dekat beberapa bir untuk mengetahui jika bir tersebut aman diminum.

74. Steven Petrosino dari New Cumberland, Pennsylvania menghabiskan 1 liter pada tahun 1977, sehingga dia meraih rekor World Beer Chugging Champion menurut Guinness Book of World Records.

75. Perusahaan bir terbesar di dunia adalah Anheuser-Busch InBev., yang memproduksi bir-bir terkenal seperti Budweiser dan Corona.

76. Perusahaan bir Anheuser-Busch yang telah lama merajai bir di Amerika, diambil alih oleh perusahaan bir Belgia InBev pada tahun 2008.

77. Bir paling mahal di dunia adalah bir “Vielle Bon Secours” dari Belgia. Harga satu botolnya mencapai US $1000.

78. Bir terbaik di dunia adalah Westvleteren 12. Bir ini mengandung 10,2% yang diproduksi sejak tahun 1940. Bir ini dipatok harga antara $75 dan $85.

79. Bir paling keras di dunia adalah “Snake Venom,” buatan perusahaan bir Brewmeister dari Skotlandia. Bir ini mengandung 67,5% alkohol. Bandingkan dengan Vodka yang hanya mengandung 40%. Rata-rata bir hanya mengandung 3% sampai 10% alkohol.

80. Di bawah bir Snake Venom ada bir Armagedon produk Brewmeister, yang mengandung 65% alkohol.

81. Bir paling tua di dunia yang masih bisa diminum ditemukan pada tahun 2010, di dalam kapal karam abad 19 di laut Baltik. Bir tersebut terdapat di dalam botol.

82. Salah satu pendiri Anheuser-Busch, bernama Adolphus Busch, pindah ke Amerika dari Jerman pada tahun 1857. Dia katakan, “tujuanku adalah memenangkan warga Amerika, agar mereka semua suka minum bir”.

83. Bir Carlsberg Special Brew awalnya diciptakan khusus untuk Winston Churchill pada tahun 1950 atas perintah pemerintahan Denmark.

84. Pada tahun 1983 hanya terdapat 49 perusahaan bir di Amerika dan pada akhir tahun 2017 meningkat menjadi 8863 perusahaan bir.

85. Tabung kran bir tidak bisa dioperasikan jika digunakan di pesawat terbang karena hanya mengeluarkan banyak busa.

86. Organisasi yang didanai pemerintah di Amaterdam bernama Rainbow Group, menggaji pecandu minuman beralkohol untuk membersihkan sampah dan kotoran di jalan-jalan kota, dan membayar mereka dengan bir dan rokok.

87. Milwaukee, Wisconsin, pernah dijuluki “Ibu Kota Bir Dunia” karena menjadi tempat dari empat perusahaan bir Amerika terbesar, yaitu bir Miller, Pabst, Schlitz, dan bir Blatz. Juga karena budaya kotanya yang gemar menikmati bir.

88. Oktoberfest atau Festival Oktober adalah festival minum bir tahunan di Jerman yang diadakan di kota Munich. Berlangsung selama dua minggu yang diikuti oleh lebih dari 6 juta orang. Di kota-kota di seluruh dunia juga mempunyai festival birnya sendiri-sendiri.

89. Minum “satu yard ale (bir keras)” adalah tradisi di Inggris. Pada perayaan itu lelaki muda harus menghabiskan 3 sloki tanpa berhenti dari pipa gelas sepanjang satu yard dengan ujungnya berbentuk pentol.

90. Pernyataan “Bir adalah bukti bahwa Tuhan mencintai kita dan ingin kita agar bahagia” adalah bukan dari Benjamin Franklin. Yang benar adalah dia menyatakan sesuatu yang sama dengan pernyataan Abbé Morellet, tetapi subyeknya anggur, bukan bir.

91. Gedung Putih mempunyai tempat pembuatan birnya sendiri.

92. George Washington mempunyai rumah pengolahan bir sendiri di Mount Vernon.

93. Thomas Jefferson menulis bagian-bagian dari Declaration of Independence di kedai bir Philadelphia.

94. Sebotol bir “Allsopp’s Arctic Ale”, buatan tahun 1875 untuk ekspedisi ke kutub selatan, terjual di pelelangan di Inggris pada tahun 2015 sebesar £3,300, yang setara dengan $4,500.

95. Kamu bisa membeli “sepatu bir” di banyak toko minuman di Jerman. Gelas berbentuk sepatu boot ini meniru bentuk sepatu tentara Jerman pada Perang Dunia 1.

96. “Pizza Beer Brewery” membuat bir yang rasanya mirip pizza.

97. Perusahaan bir Oregon bernama Rogue Ales menciptakan “Bir Jenggot” dengan menggunakan ragi yang tumbuh di jenggot pembuatnya.

98. Bahan-bahan pembuat bir yang asing yang digunakan oleh perusahaan bir sekarang adalah kopi, bubur gandum, apukat, adonan kue, lada, ganggang laut, tiram, jagung manis, tinta ikan cumi-cumi, keju biru, daging sapi, dan otak babi.

99. Di pedesaan kecil di Afrika, orang-orang berkumpul mengelilingi belanga bir dan meminumnya beramai-ramai dengan sedotan.

100. Mayoritas orang Rusia menganggap bir sebagai softdrink.

101. Melodi “The Star-Spangled Banner” awalnya adalah nada dari lagu minum bir Inggris berjudul “To Anacreon in Heaven.”

102. Minum dan bernyanyi saling bergandengan. Banyak budaya memiliki variasi lagu pengiring minum. Jerman memiliki sendiri kategori musik khusus untuk minuman, yaitu musik Trinklieder. Karaoke Jepang berasal dari aktivitas bar.

103. Reinheitsgebot Jerman atau “Undang-undang Kemurnian Bir” (Beer Purity Law), diputuskan oleh Pangeran Wilhelm IV dari Bavaria pada tahun 1516 yang salah satunya berbunyi bahwa hanya gandum, bunga hop, dan air yang bisa digunakan untuk membuat bir. Aturan ini sampai sekarang masih berlaku meski dengan banyak modifikasi.

104. Perayaan Bavarian Beer Week di German dibuka dengan air mancur bir gratis.

105. Peminum bir sejati harus tahu bahwa bermacam-macamnya bir juga memerlukan gelas yang berbeda-beda. Bir Belgia Lambic dan Gueuze yang rendah karbonat cocoknya dengan gelas seruling (flute glass). Bit Pilsner cocok dengan gelas tulip sisi lurus. Mug untuk bir Jerman, dan gelas sloki Inggris klasik untuk bir hitam.

106. Ada 8 jenis gelas yang berbeda-beda untuk menyajikan bir.

107. Gelas yang dingin akan membuat bir kamu berbusa.

108. Bir bisa mencegah batu ginjal. Menurut penelitian yang diterbitksn di American Journal of Epidemiology memperkirakan bahwa mengkonsumsi sebotol bir setiap hari bisa mebgurangi 40% kerusakan ginjal.

109. Menurut penelitian di New England Journal of Medicine menyimpulkan bahwa wanita yang minum bir secara moderat mempunyai fungsi ingatan lebih baik daripada wanita yang tidak mengonsumsi bir.

110. Menurut penelitian, alkohol bisa meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol yang baik) yang bisa menurunka resiko penyakit jantung dan meningkatkan daya ingat.

111. Menurut pebelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, Bir bisa menguatkan tulang karena mengandung banyak silikon, kalsium, dan mineral lain.

112. Pengalaman minum bir memberikan pengaruh yang bermacam-macam. Seorang biolog Inggris abad 18 bernama John Lubbock mengkaji perilaku peminum bir.
Hewan yang tertarik dengan bir adalah siput.

113. Bir Goreng (fried beer) memenangkan Most Creative Fried Food (makanan goreng paling kreatif) pada tahun 2010 di Texas State Fair.

114. Rembulan mempunyai kawah bernama Bir.

115. Bir telah menolong Joseph Priestley menemukan Oksigen. Dia memperhatikan gas yang keluar dari penampungan besar bir dan meminta untuk dilakukan percobaan.

116. Pada tahun 1980-an, seekor kambing peminum bir dipilih sebagai mayor Lajitas, Texas.

117. Saat perusahasn bir mengirim bir bening ke India, ternyata kualitas bir menurun katena lamanya perjalanan di laut. Kemudian pembuat bir menambahkan alkohol dan bunga hop sebagai bahan pengawet bir. Namun ternyata tindakan ini melahirkan jenis bir baru yang lebih pahit dan lebih keras yang dinamakan India Pale Ales (iPAS).

118. Revolusi pertanian terjadi karena orang-orang harus mencari cara untuk membuat bir. Inilah yang kemudian menimbulkan penemuan bajak, roda, dan sistem irigasi.

119. Matras atau tatakan bir terbesar di dunia dibuat pada tahun 2002 oleh Carlsberg di Denmark dengan ukuran diameternya mencapai 15 meter.

120. Ada 19 jenis variasi bir Guinness. Guinness adalah bir ringan atau lembut dengan sedikit kalori dibanding bir-bir lainnya seperti Budweiser dan Coors.

121. Bekas perdana menteri Australia Bob Hawke pernah memecahkan rekor tercepat minum bir.

122. “Bir es” dibuat dengan cara membekukan bir dan menyaring kristal es, sehingga meningkat kandungan alkoholnya.

123. Andre the Giant katanya pernah menghabiskan 127 botol di bat hotel, dan karena sudah banyak minum bir sehingga tidak ada orang yang berani membangunkannya sampai dia bangun sendiri.

124. Benda yang paling banyak dibeli di Wal-Mart sebelum badai adalah bir.

125. Peminum bir pada film Hobbit dimainkan oleh pembuat bir dari New Zealand. Yang diminum adalah bir hitam 1% alkohol yang dinamakan “Sobering Thought”.

126. Adolph Coors III sebagai ahli waris dari perusahaan bir Coors adalah orang yang alergi terhadap bir.

127. Nama bir Dam Wolf dari Durban bermula saat pembuat bir berjalan-jalan bersama anjingnya dan melihat bendungan (Dam) perkebunan yang di dalamnya ada bunga lili. Bunga lili tersebut berbentuk kepala srigala dan lahirlah nama “Dam Wolf”.

128. Nama bir Loxton Lager diambil dari kota Loxton yang terletak di tengah-tengah Karoo, tempat asal bahan-bahan khusus bir Loxton Lager.

129. Resep bir Loxton Lager termasuk gandum Afrika Selatan, madu liar dari pegunungan Southern Cape, dan dua wewangian herbal lokal yang bermanfaat bagi kesehatan.

130. Nama bir Jack Black Breweries diambil dari ahli bir dari Amerika bernama American John Jack Black.

131. Bir Jack Black didirikan oleh suami istri bernama Ross dan Meg dan masih bertahan kepemilikannya sampai sekarang. Pada awalnya keduanya beroperasi dari rumahnya.

132. Pasangan pendiri perusahaan bir Red Sky memilih nama tersebut karena takjub melihat matahari tenggelam yang mereka berdua lihat setiap sore di atas pegunungan Simonsberg.

133. Sekarang bir Red Sky adalah satu-satunya perusahaan bir di Afrika Selatan yang menyajikan bir bebas bahan pelekat.

134. Hangover (mabuk karena minuman keras) dalam bahasa Norwegia terjemahan langsungnya adalah “tukang kayu di kepala”.

135. Bir Tutankhamun adalah bir yang dibuat di Cambridge menurut catatan resep yang ditemukan di kuil Queen Nefertiti. Bir ini adalah salah satu bir termahal di dunia, dengan harga per botol is one of the most R550.

136. Semua nama bir buatan Cockpit Brewhouse diambil dari nama-nama pesawat tempur masa perang dunia 1 dan 2, seperti: Helles Belles, Fokker Weiss, Spitfire English Ale, Mustang American IPA, Black Widow Stout dan Tigermoth Dubbel.

137. Konsep nama perusahaan bir Devil’s Peak terinspirasi dari perjalanan jauh sang pendiri ke pantai barat Amerika.

138. Seluruh butir padi yang digunakan perusahaan bir Devil’s Peak didonasikan kepada petani di Muizenberg untuk memenuhi kebutuhan hidup.

139. Pada tahun 2003, perusahaan bir Birkenhead dari Hermanu mempunyai truk pengantar bir dengan slogan di truknya yang berbunyi: “Bir Birkenhead – membantu si jelek mempunyai pasangan sejak 1852″.

140. Perusahaan bir Karusa di Oudtshoorn awalnya sebagai pengisi kekosongan kilang anggur antara musim panen anggur dan musim pembuatan anggur dan kemudian berkembang pesat.

141. Nama-nama bir produk Karusa merupakan refleksi gambaran langsung dari wilayah pembuatannya di Oudtshoorn. Nams Long Neck Blonde (mengingatkan akan burung onta), Caveman (mengingatkan gua Cango Caves) dan Zwartberger (mengingatkan barisan Swartberg).

142. Pemilik bir Lakeside Beerworks dari Muizenberg mengawali perusahaannya dengan modal kurang dari R10 000.

143. Ragi dalam bir berubah menjadi dua, yaitu ethanol (yang memberi rasa) dan CO2 (yang menghasilkan gelembung)

144. Istilah “rule of thumb” (mengacungkan jempol) berasal dari pembuat bir yang akan mencelupkan jari jempolnya ke dalam olahan bir untuk mengetahui apakah suhunya sudan sesuai untuk menambahkan ragi.

145. Bir Carlsberg diprodukdi pertama pada tahun 1847 dan mulai dijual dalam bentuknya yang sekarang mulai tahun1904. Setiap tahunnya Carlsberg memproduksi 35,000,000,000 botol bir, mempekerjakan 41.000 karyawan dan 100 ilmuwan dan teknisi.

146. Perusahaan permen “Jelly Belly” baru-baru ini memperkenalkan bumbu “bir teguk” yang dapat dicampur dengan bumbu gula-gula lain untuk menciptakan minuman keras atau letupan di mulut.

147. Kamu bisa menggunakan bir untuk mengkilapkan tembaga.

148. Mencelupkan daging ke dalam bir membuat daging menjadi lebih lembut dan lembek. Zat asam dalam bir mempengaruhi protein dalam daging.

149. Kamu bisa menggunakan bir untuk kondisioner. Bir yang berkualitas tinggi akan membuat rambut menjadi halus dan lembut.

150. Menurut ketua pembuat bir di Loxton, kicauan burung dari spesies Streptopelia capicola (burung perkutut Cape) sering terdengar berbunyi “Drink Loxton…Drink Loxton…” (minum Loxton… Minum Loxton..)

151. Di Inggris pada zaman kuno, seorang pengantin perempuan akan membagikan bir kepada para tamunya. Sebagai gantinya, para tamu akan memberikan sejumlah uang sebagai hadiah/sumbangan atas pernikahannya. Bir tersebut dikenal dengan nama “Bride Ale” (bir pekat pengantin wanita) yang menjadi asal mula istilah “bridal”.

152. Pada tahun 2010, perusahaan bir BrewDog memasarkan bir seharga £500 dengan dimasukkan ke dalam tubuh binatang. Bir tersebut dinamai “The End of History.” (akhir dari sejarah). Binatang yang digunakan adalah tupai, berang-berang, dan kelinci. Bir tersebut sekarang sudah tidak ada.

153. Bir Barely diciptakan di Iran dan masih boleh dikonsumsi sampai sekarang.

154. Ada refigerator yang berisi bir penuh dan tersebar di Eropa yang hanya dapat dibuka dengan pasport Kanada.

155. Metifobia aadalah fobia atau rasa takut terhadap alkohol.

156. Jika kamu penggila bir maka kamu adalah seorang Cerevisafil (Cerevisaphile) dan jika kamu suka mengoleksi atau mengumpulkan botol bir berarti kamu seorang Labeorfilis.

157. Istilah “toast” yang berarti semoga sehat dan baik berasal dari tradisi ROmawi kuno dimana secuil roti panggang dicelupkan ke dalam minuman anggur.