30 FAKTA TENTANG KOMUNIS

No comment 751 views

semestafakta-communism

1. Istilah “communism” (Komunisme) berada dari istilah Perancis, “communisme”, yang awalnya digunakan untuk menggambarkan situasi sosial yang berbeda dan bertentangan dengan situasi politik atau ekonomi.

2. Ajaran dasar Komunis adalah kepemilikan bersama atas seluruh kekayaan dan benda atau barang, yang akan melahirkan kesamaan atau kesejajaran bagi setiap orang dalam sosial maupun ekonomi. Komunisme juga mengajarkan bahwa setiap orang bekerja untuk dirinya dan tidak dikontrol oleh pemilik bisnis, sehingga pekerja atau buruh saling berbagi keuntungan.

3. Teori Komunisme adalah sejenis masyarakat dimana semua orang sama kedudukannya. Kenyataannya komunisme menjelma menjadi kediktatoran dan cita-cita menghapus klas sosial menjadi gagal.

4. Menurut teori ekonomi Komunis, pemerintah yang berhak memiliki sebagian besar alat-alat produksi dan yang menentukan alokasi ketentuan daru sumber daya alam, produk, dan pelayanan.

5. Masayarakat berburu dan mengumpulkan makanan dianggap sebagai bentuk awal dari masyarakat komunis. Bibel menyebut model kepemilikan umum yang banyak dianggap sebagai bentuk komunisme primitif.

6. Asal-usul konsep komunisme berasal dari Era Keemasan (Golden Era). Pluto menulis dalam bukunya, Republic, tentang konsep Komunisme, meski bentuk komunis yang dia sebarkan terkenal dengan nama “komunisme aristokrat”. Buku Utopis, yaitu salah satu karya intelektual abad 16 dan 17 juga menyebut kepemilikan kekayaan bersama.

7. Pendiri Komunisme adalah Karl Marx dan teorinya dikenal dengan nama Marxisme.

semestafakta-karl marx

8. Ide Karl Marx tentang Komunisme diyakini jika dipraktikkan akan menghapus klas sosial, uang dan negara. Idenya tentang komunis dituangkan dalam bukunya yang berjudul The Communist Manifesto, pada tahun 1848. Marx bukanlah yang pertama menciptakan teori tentang kepemilikan bersama tetapi ideologinya menjadi dasar bagi politik komunis pada abad ke-20.

semestafakta-The Communist Manifesto

9. Buku Communist Manifesto yang berfungsi sebagai buku komunisme gagal menjelaskan secara detail tentang bagaimana komunisme akan berfungsi sebagai sistem sosial. Buku ini tidak menerangkan bagaimana cara klas pekerja bangkit atau memberi tahu kepada kita tentang aspek lain bagaimana cara komunis menang dari kapitalisme.

10. Bendera Komunis bergambar martil dan sabit. Palu melambangkan klas pekerja industri dan sabit menyimbulkan pekerja pertanian. Keduanya menyimbulkan persautan antara kedua pekerja. Namun pada beberapa bendera komunis lainnya ada yang bergambar bintang yang melambangkan lima jari tangan pekerja atau buruh di 5 benua. Segi lima juga untuk melambangkan 5 klas masyarakat sosialis, yaitu klas petani, pekerja atau buruh, tentara, pelajar atau intelektual, dan pemuda.

semestafakta-communism logo

11. Para pemimpin komunis yang paling terkenal dalam sejarah adalah Vladimir Lenin, Fidel Castro, Raul Castro, Leon Trotsky, Pol Pot, Nikita Khrushchev, Kil Il-Sung, Imre Nagy, Jiang Zemin, Ho Chi-Minh, dan Joseph Stalin.

semestafakta-Fidel Castro semestafakta-Ho Chi-Minh semestafakta-Imre Nagy semestafakta-Jiang Zemin semestafakta-Joseph Stalin semestafakta-Kil Il-Sung semestafakta-Leon Trotsky semestafakta-Nikita Khrushchev semestafakta-Pol Pot semestafakta-Raul Castro semestafakta-Vladimir Lenin

12. Dalam masyarakat komunis setiap orang akan sama dan setara, namun yang terjadi adalah pemerintah mengontrol warganya yang menyimpang dari landasan dasar komunisme.

13. Di negara Komunis pemerintah atau negara akan mengontrol seluruh kehidupan warganya. Seluruh fasilitas seperti pendidikan, transportasi, pabrik, pertanian, perkebunan, komunikasi, pekerja atau buruh, dan perencanaan daerah ada di bawah kontrol ketat pemerintah.

14. Pemerintah yang menggunakan Marxisme sebagai dasar politiknya akan menggunakan kekuasaannya untuk mengancam warganya, mengontrol mereka dan bahkan membunuhnya, teradap mereka yang menentang.

15. Pemimpin pertama yang berkuasa adalah Vladimir Lenin setelah memimpin Revolusi Russia pada tahun 1917.

semestafakta-Vladimir Lenin

16. Cina menjadi negara Komunis pada tahun 1949, Cuba pada tahun 1959, dan Vietnam menjadi negara Komunis pada tahun 1975.

17. Russia, Cina, Korea Utara, Kuba, Vietnam, dan Laos, dianggap sebagai negara-negara Komunis.

18. Negara-negara Blok Timur meluaskan paham Komunis nya ke Eropa Timur dan Eropa Tengah, meliputi negara bekas jajahan Uni Soviet dan negara-negara Pakta Warsawa. Negara-negara Blok Timur adalah Polandia, Jerman Timur, Hongaria, Cekoslowakian, Bulgaria, Romania, Albania, dan Yugoslavia. Negara-negara ini sekarang sudah berubah menjadi negara demokrasi dan kapitalis.

19. Bentuk Komunisme yang dipraktikkan oleh para pemimpin, negara, dan kelompok yang berbeda-beda adalah komunisme anarkisme, anti-revisionisme, Castroisme, Council, Euro, Guevarisme, Gagasan Ho Chi Minh, Juche, Kelompok Kiri (Left), Leninisme, Luxemburgisme, Marxisme-Leninisme, Agama Kristen, Sosialisme dengan karakter Cina, Taoisme, dan Trotskyisme.

20. Polandia adalah negara pertama yang mencela Komunis dan berubah menjadi demokrasi pada tahun 1989. Hal ini dikarenakan populasi Katolik di Polandia dan solidaritas uni perdagangan sangat signifikan dalam menumbuhkan pasar bebas, pemilu bebas dan jatuhnya komunisme.

21. Perang Dingin dimulai saat Aliansi Barat (Amerika dan NATO nya) dengan Blok Barat (Uni Soviet dan Pakta Warsawa nya) berperang yang mengakibatkan beberapa krisis seperti Krisis Rudal Kuba pada tahun 1962. Perang ini sebenarnya dalam rangka memerangi komunisme oleh Aliansi Barat.

22. Diantara artis atau bintang film yang menjadi simpatisan Komunis pada tahun 1950-an adalah Eddie Albert, Orson Bean, Richard Attenborough, Harry Belafonte, dan Charlie Chaplin. Kebanyakan dari mereka di blacklist dan tidak bekerja lagi di dunia entertainmen.

semestafakta-Eddie Albert

semestafakta-Charlie Chaplin semestafakta-Harry Belafonte semestafakta-Richard Attenborough

23. Komunisme jatuh pada era Gorbachev, seorang perdana menteri Uni Soviet. Mikhail Gorbachev berusaha mengawali reformasi komunisme tetapi gagal. Kemudian peringatan keras dia atas pemerintah Jerman Timur untuk lebih mendengarkan tangisan rakyatnya untuk merdeka dan bebas yang menyebabkan jatuhnya Komunisme. Pada tanggal 9 November 1989 kritik dan protes dari rakyat Jerman Timur bertambah kuat, dan media menggembar-gemborkan bahwa rakyat Jerman Timur sekarang bisa masuk ke Jerman Barat. Pada hari selanjutnya, Tembok Berlin, yang berdiri pada tahun 1961, dirubuhkan.

semestafakta-berlin wall semestafakta-berlin wall2 semestafakta-Mikhail Gorbachev

24. Terdapat banyak nama untuk menandai jatuhnya Komunisme, yaitu Jatuhnya Komunisme (Fall of Communism), Revolusi 1989, Gugurnya Bangsa (Autumn of Nations), dan Revolusi Eropa Tengah dan Eropa Timur.

semestafakta-revolution of 1989

25. Kritik terhadap Komunisme menyatakan bahwa Komunisme hanya menumbuhkan harapan palsu akan masa depan yang indah, hanya memberikan kekuasaan yang otoriter, membatasi hak dan kebebasan individu, menghambat kesejahteraan ekonomi dan merusak lingkungan.

26. Para pemimpin Komunis pada umumnya lebih korup dibandingkan pemimpin atau presiden di negara demokrasi. Misalnya, Kim Jong Un, dia hidup dalam kemewahan di saat rakyatnya menderita kelaparan.

27. Di negara Komunis seperti Russia, pemerintahan dijalankan dengan melalui propaganda. Setiap aspek kehidupan komunis penuh dengan propaganda.

28. Komunis melarang seluruh bentuk agama.

29. Negara komunis mempunyai solidaritas yang tinggi dengan negara-negara lain sesama penganut komunis.

30. Yang baik dari komunisme adalah kebutuhan dasar dan keamanan terpenuhi. Setiap orang bisa memperoleh pekerjaan, rumah, dan layanan kesehatan. Yang jelek dari komunis adalah tidak ada pilihan dan kebebasan bagi rakyat, tidak ada penghargaan atau insentif bagi pekerja yang hebat dan akan mendapat hukuman bagi pekerja yang menghindari pekerjaan, dan semua orang dianggap sama.