40 FAKTA MENARIK TENTANG KAOS T-SHIRT

No comment 255 views

semestafakta-t-shirt

1. Istilah t-shirt pertama kali muncul sejak tahun 1920, yaitu di kamus Merriam-Webster. Pemakaian nama T-shirt karena bentuk kaos menyerupai huruf “T”.

semestafakta-Merriam-Webster

2. Istilah t-shirt pertama digunakan pada tahun 1920 oleh penulis F. Scott Fitzgerald dalam novelnya berjudul This Side of Paradise. Istilah t-shirt belum dikenal sampai beberapa tahun kemudian. Pada tahun 1930-an, T-Shirt dinamakan dengan “skivvies” dan “jimshirts”.

semestafakta-This Side of Paradise

3. T-Shirt dipercaya berasal dari jenis pakaian dalam jenis all in one yang dikenal dengan “union suit”, yang dipatenkan pada tahun 1868 di New York. Kemudian banyak pekerja yang menggunting separo pakaian ini agar tetap adem meski dalam musim panas.

semestafakta-union suit semestafakta-union suit2

4. Meski kita tidak tahu siapa penemu T-Shirt sampai sekarang, namun kaos ini pertama kali dipasarkan pada tahun 1904 oleh perusahaan Celana Dalam Cooper sebagai “kaos bujangan”. T-Shirt waktu itu hanya dianggap sebagai sejenis pakaian dalam.

5. T-shirt sudah dipakai oleh tentara Amerika dalam perang antara Amerika dengan Spanyol pada awa abad ke-20. Pakaian lengan pendek dipakai oleh angkatan laut Amerika dan dipakai sebagai kaos dalam seragam.

6. T-Shirt juga awalnya belum dianggap sebagai pakaian yang penuh gaya. Kaos ini awalnya banyak dipakai untuk keperlun khusus seperti sebagai penghisap keringat bagi team sepak bola kampus.

7. Setiap tahunnya penjualan T-Shirt mencapai 2 milliar biji di seluruh dunia.

8. T-shirt paling mahal di dunia dipegang oleh perusahaan pakaian mewah dari Perancis, Hermes, dengan harga $91.500 yang terbuat dari kulit buaya.

semestafakta-the most expensive t-shirt

9. Datta Phuge, yang mempunyai julukan “Lelaki Emas” (karena terkenal) memiliki kaos yang terbuat dari 3 kilogram emas, dan harganya mencapai $250.000. Phuge mempunyai pengawal untuk memastikan tidak ada orang yang menggoreskan benda-benda pada kaosnya.

semestafakta-Datta Phuge

10. Rekor membuat t-shirt terbesar di dunia dipegang oleh Qatar, dengan panjang t-shirt 72,2 meter dan lebarnya 48,7 meter. Beratnya 6 ton dan menutupi area 3.516,25 meter persegi. T-shirt ini dibeli oleh The Qatar Petroleum Company (perusahaan minyak Qatar).

semestafakta-biggest T-shirt

11. Rekor t-shirt terbesar lainnya diluncurkan di Navegantes, Santa Catarina, Brazil pada tahun 2014. Kaos ini mempunyai panjang 306 kaki dan lebarnya 206 kaki.

12. T-shirt promosi pertama dicetak pada tahun 1939 untuk mempromosikan film “The Wizard of Oz”.

semestafakta-The Wizard of Oz

13. Coca-Cola adalah merek pertama yang pernah mempromosikan produksnya melalui t-shirt.

14. Kaos cetak tertua institut Smithsonian menjadi bagian dari kampanye presiden dari gubernur New York, Thomas E. Dewey, dengan tulisan “Dew-It with Dewey” di kaosnya.

15. Contoh lain kaos cetak pertama adalah yang terpampang pada cover majalah Life edisi 13 Juni 1942, yaitu bergambar tentara berpakaian t-shirt yang dihiasi dengan logo Army Air Corps Gunnery School.

semestafakta-Life magazine on June 13th, 1942

16. Pada tahun 1930-an dan 40-an, pemain sepak bola dari Universitas Southern Califronia mulai memakai t-shirt di bawah alas pundaknya untuk melindungi gesekan saat terjatuh. Waktu itu, menurut The Los Angeles Times, t-shirt tersebut sangat populer, para pemain dan siswa lainnya sering mencuri kaos tersebut, sehingga pihak kampus harus memasang tulisan “Property of USC” (barang infentaris USC) di kaosnya.

17. T-Shirt menjadi seragam dari Angkatan Laut Amerika pada tahun 1905, yang mengharuskan tanpa kancing, kaos dalam dari katun putih. T-Shirt juga dipakai oleh Tentara Amerika beberapa tahun kemudian selama Perang Dunia I.

18. T-Shirt awalnya dijual sebagai kaos dalam untuk para pemuda atau perjaka yang tidak tahu bagaimana cara menjahit atau mengganti kancing.

19. Kaos pada tahun 1930-an lebih ringan (rata-rata 1,5 – 2 ons) dibandingkan kaos sekarang (rata-rata 5-8 ons).

20. Bahan cetak atau sablon T-Shirt, Plastisol, ditemukan pada tahun 1959. Bahan ini dianggap lebih tahan lama dibandingkan tinta lainnya.

semestafakta-Plastisol semestafakta-Plastisol2

21. Awalnya T-Shirt adalah pakaian khusus kaum pria dipadu dengan celana panjang ketat dan leher lebar, yang didesain untuk menonjolkan kelelakiannya.

22. Marlon Brando pertama kali memakai T-Shirt dalam filmnya berjudul A Street Car Named Desire. Kaos tersebut menuai banyak kontroversi dan menyebabkan melonjaknya penjualan T-Shirt. Brando juga berjasa memopulerkan jeans saat berperan dalam film The Wild One. James Dean adalah artis lain yang berjasa memopulerkan T-Shirt tidak hanya sebagai pakaian dalam.

semestafakta-A Street Car Named Desire semestafakta-A Street Car Named Desire2

23. Menurut rumornya bahwa penampilan telanjang dada Clark Gable dalam film It Happened One Night pada tahun 1934 menyebabkan anjloknya penjualan T-Shirt. Meski rumornya ini belum terbukti benar.

semestafakta-It Happened One Night 2 semestafakta-It Happened One Night

24. Tropix Togs adalah perusahaan pertama yang memasang T-Shirt dengan ikon-ikon dan slogan budaya pop pada awal tahun 1950-an. Setelah itu T-Shirt menjadi terkenal sebagai bagian dari budaya pop dan merek dagang yang menjanjikan sampai sekarang.

semestafakta-Tropix Togs semestafakta-Tropix Togs2

25. T-Shirt slanjutnya dipopulerkan oleh band-band Rock and Roll selama tahun 60-an, yang mempromosikan musiknya lewat media t-shirt sablon.

26. Pada tahun 70-an, T-Shirt pertama kalinya benar-benar menjadi budaya populer yang menampilkan banyak model baru dengan diproduksi masal yang terus berkembang pesat selama tahun 1980-an. Tahun 1980 juga menandai lahirnya t-shirt bebas kerut (wrinkle-free t-shirt) yang nyaman dipakai di manapun.

27. Tahun 70-an juga menandai lahirnya kampanye “I<3 New York”, yaitu kampanye merek T-Shirt yang disuarakan oleh departemen Perdagangan untuk merubah kesan kota New York dari kekumuhan, keterbelakangan, sumber kriminal menjadi kota tujuan wisata yang ramai. Usaha ini berhasil dan menjadikan industri t-shirt berkembang pesat dan menjadi salah satu desain yang paling berkembang dalam sejarah.

semestafakta-“I love New York” campaign

28. Relawan Pasukan Penyelamat (The Salvation Army) memperoleh bantuan jutaan T-Shirt setiap tahunnya, yang kemudian diekspor ke negara-negara dunia ketiga yang membutuhkan.

semestafakta-The Salvation Army semestafakta-The Salvation Army2

29. Sampah dari T-Shirt menghasilkan lebih dari lima milliar ton sampah tekstil stiap tahunnya.

30. T-Shirt banyak dijual melalui sistem online seperti Shirtpunch yang menampilkan desain indie. Apa yang dilakukan Shirtpunch adalah unik, yaitu setiap satu model desain kaos akan terjual ludes dalam waktu 24 jam, sebelum digantikan oleh desain t-shirt yang baru.

semestafakta-Shirtpunch semestafakta-Shirtpunch2

31. The Guinness World Record mencatat orang yang paling banyak memakai t-shirt dalam satu kali pakai adalah Sanath Bandara dari Sri Lanka, yang memakai t-shirt sebanyak 257 dan beratnya mencapai 200 ponds.

semestafakta-Sanath Bandara

32. Rekor dunia melipat T-Shirt paling banyak dalam waktu satu menit adalah dipegang oleh Graeme J. Cruden dari Manchester. Dia melipat 23 t-shirt dalam waktu satu menit pada tahun 2009.

33. Untuk melingkari bumi kamu butuh sekitar 56 juta juta t-shirt ukuran M.

34. Pada tahun 1977 laba penjualan t-shirt Farrah Fawcett mencapai $8 juta dollar.

semestafakta-Farrah Fawcett T-Shirts

35. TshirtOS adalah program T-Shirt pertama di dunia yang memiliki layar LCD di kaos bagian depannya yang menampilkan segala sesuatu mulai dari desain grafis, foto, sampai update status di media sosial. Program ini sekarang masih dalam pengembangan dan belum dijual bebas.

semestafakta-TShirtOS semestafakta-TShirtOS2

36. Tanggal 21 Juni adalah Hari T-Shirt Internasional.

semestafakta-International T-Shirt Day

37. T-Shirt lebih dari sekedar pakaian biasa. T-Shirt juga diproduksi oleh merek-merek mewah dan terkenal, seperti Gucci, Chanel, D&G, Prada, Armani, Vercse, Guess, Valentino, dan Fendi.

semestafakta-gucci semestafakta-versace

38. Seorang lelaki bernama Jason Sadler menjadi milyarder hanya dengan memakai T-Shirt selama hidupnya. Merek-merek t-shirt akan membayar untuk memakai T-Shirt mereknya, dan dia memakai kaos yang berbeda-beda setiap harinya. Usaha bisnis yang dinikmatinya menuai kesuksesan dan dia sebenarnya ingin menyewa pekerja tambahan untuk memakai t-shirt bersamanya.

semestafakta-Jason Sadler

39. Kata kunci t-shirt lebih banyak yang menuliskan di pencarian Google dibandingkan jumlah pencarian gabungan antara “beer”, “NF”, dan “Graphic design.

40. Kamu butuh benang sepanjang 6 mil untuk membuat satu T-shirt, tetapi hanya butuh 1 akre kapas untuk membuat 1200 T-shirt.