31 FAKTA MENARIK TENTANG SEYCHELLES

No comment 1612 views

semestafakta-Coco de Mer

1. Seychelles adalah negara kepulauan yang terdiri lebih dari 155 pulau, yang baru dihuni pada abad ke-18, yaitu tahun 1770-an. Penduduk pertama Seychelles adalah berasal dari Perancis, Mafagaskar, India, Cina, dan lain-lain. Kepulauan ini ditemukan oleh Vasco da Gamma pada tahun 1502.

2. Kepulauan granit di Seychelles adalah kepulauan di samudera yang paling tua di dunia.

3. Seychelles terkenal di dunia dengan ikan tuna gigi anjingya (dogtooth tuna) dan ikan Bonito indo-4. pasifik.

semestafakta-dogtooth tuna

4. Menurut Gini Index, Seychelles mempunyai Indeks Pembangunan Manusia tertinggi di Afrika dan juga memiliki income tidak merata tertinggi di dunia

5. Seychelles di bawah kekuasaan Perancis selama 44 tahun dan dikuasai Inggris selama 162 tahun.

semestafakta-seychelles flag semestafakta-seychelles map semestafakta-seychelles map2

6. Sekitar 91,8% penduduk Seychelles menggunakan bahasa Creole, yaitu versi bahasa Perancis yang sederhana yang digunakan sejak tahun 1981. Bahasa lain yang digunakan adalah bahasa Inggris atau Perancis.

7. Hampir separoh dari daratan di Seychelles adalah berupa taman nasional dan cagar alam.

8. Seychelles pernah menjadi tempat persembunyian bajak laut, khususnya Anse Forban (teluk kecil Bajak laut) di Mahé dan Côte d’Or di Praslin. Menurut ceritanya, bajak laut terkenal Olivier Levasseur menyembunyikan harta kekayaannya lebih dari $160.000 (100.000 Euro) di sini dan belum ditemukan.

semestafakta-Olivier Levasseur

9. Ibu kota Seychelles adalah Victoria, dan merupakan ibu kota paling kecil di dunia, yang hanya butuh sehari dengan jalan kaki untuk mengelilingi kota ini.

10. Di pusat kota Victoria terdapat jam yang terkenal dengan nama “Big Ben Kecil” (Little Big Ben).

semestafakta-Little Big Ben

11. Presiden Seychelles sekarang adalah James Michel.

12. Penulis novel James Bond, Ian Fleming, menamai karakter Milton Krest dari obat kuat dan bir yang dia minum saat berlibur di Seychelles.

13. Seychelles adalah tempat yang cocok untuk melihat spesies unik yang endemik di sana, seperti burung penangkap serangga, burung berkicau, burung hantu Scop berkaki gundul, pohon ikan ubur-ubur, dan pohon palem betina Coco de Mer, yang menghasilkan kacang paling berat di dunia, seberat 33 pound.

semestafakta-Coco de Mersemestafakta-Coco de Mer2 semestafakta-Coco de Mer3

14. Seychelles adalah tempatnya kura-kura darat paling berat yang hidup liar. Kura-kura ini bernama Esmeralda, yang beratnya mencapai 304 kilogram dan bisa ditemukan di Pulau Burung.

semestafakta-Esmeralda semestafakta-Esmeralda2

15. Buah sukun sangat terkenal di Seychelles dan bisa dimakan dalam berbagai macam bentuk mulai dari sukun goreng sampai sukun rebus. Menurut legendanya, siapa yang makan buah sukun di sana maka suatu saatu akan kembali lagi ke sana.

16. Seychelles mempunyai dua situs UNESCO World Heritage Sites, yaitu Valee de Mai dan Aldabra, yaitu pulau karang terbesar di dunia.

17. Di Seychelles terdapat Taman Nasional Ste. Anne Marine yang terdapat di Pulau Moyenne, yang dipercaya didatangi oleh ruh gaib yang menjaga harta karun yang terpendam di sana.

semestafakta-Ste. Anne Marine National Park semestafakta-Ste. Anne Marine National Park2 semestafakta-Ste. Anne Marine National Park3 semestafakta-Ste. Anne Marine National Park3

18. Cagar alam Vallee de Mai di Pulau Praslin, yang merupakan salah satu pulau paling banyak dikunjungi di Seychalles setelah Pulau Mahe, sudah lama dianggal sebagai Taman Eden (Garden of Eden) sesungguhnya. Di sana adalah satu-satunya habitat burung beo hitam yang terkenal di dunia.

semestafakta-The Vallee de Mai seychelles semestafakta-The Vallee de Mai seychelles2 semestafakta-The Vallee de Mai seychelles3

19. Round Island pernah digunakan untuk tempat penderita penyakit kusat. Penjara batunya masih terpelihara sampai sekarang.

20. Seychelles pernah menjadi tuan rumah Miss World Beauty Pageants tahun 1997 dan 1998 dan menjadi terkenal di seluruh dunia dan menjadikan Seychelles banyak dikunjungi turis manca negara.

21. Seychelles pernah menjadi tempat bulan madu Pangeran William dan Kate Middleton.

22. Di Seychelles tidak ada nyamuk malaria.

23. Meski termasuk salah satu negara terkecil di dunia, namun Seychelles mempunyai 8 bandara yang sudah diaspal dari 15 bandara.

24. Di Seychelles terdapat bukit-bukit mengagumkan. Nid d’Aigle (sarang elang) di La Digue, Morne Blanc (puncak tertinggi di Seychelles dengan ketinggian 905 meter), dan perbukitan di pulau Silhouette, dimana kita bisa melihat flora dan fauna dengan peninggalan telapak kaki dinosaurus.

semestafakta-Nid d’Aigle 2 semestafakta-Nid d’Aigle

25. Air terjun yang terkenal di Seychelles adalah air terjun Sauzier dan air terjun lain yang terdapat di Taman Nasional Morne Seychellois dekat Port Launay.

26. Seychelles adalah salah satu tempat menyelam yang baik di dunia untuk melihat ikan paus.

27. Snorkeling hampir bisa dilakukan di semua pantai di Seychelles. Sambil menyelam kamu bisa bercengkerama dengan kura-kura hijau laut, ikan pari besar, belut moray, ikan kalajengking, ikan beo, dan ikan singa. Pantai yang terkenal untuk snorkeling adalah pantai di Pulau Curieuse, Pulau Anse Lazio (Praslin), Coco Island dan Vista Bay Rocks (Mahe), yang terkenal dengan batu karang raksasanya.

semestafakta-dive with whale sharks semestafakta-dive with whale sharks2

28. Pantai Anse Source D’Argent terkernal karena batuan granitnya yang besar dan sebagai pantai yang paling banyak sebagai obyek fotografi dunia. pantai ini juga menjadi latar dari beberapa iklan merek-merek terkenal seperti Bounty dan Malibu.

semestafakta-Anse Source D’Argent beach 2 semestafakta-Anse Source D’Argent beach 3semestafakta-Anse Source D’Argent beach 4 semestafakta-Anse Source D’Argent beach 5 semestafakta-Anse Source D’Argent beach

29. Di Seychelles terdapat Museum Sejarah Nasional di Gedung Carnegie yang dibangun pada tahun 1920-an. Museum ini memajang kerang dan Coco de Mer, dan kerang raksasa dari Aldabra.

semestafakta-the National History Museum semestafakta-the National History Museum2

30. Di Seychelles kita juga bisa menyelam melihat onggokan kapal karam. Diantaranya adalah kapal Ennerdale, kapal tanker British Fleet Auxiliary seberat 47.000 ton yang membawa minyak ke seychelles dan tenggelam di bebatuan karang. Kapal karam lainnya adalah kapal Twin Barges di kedalaman 15 dan 22 meter dan kapal Dredger di Danzil, di kedalaman 26 meter.

semestafakta-shipwrecks 2 semestafakta-shipwrecks

31. Bir lokal yang terkenal di Seychelles adalah bir Seybreu.

 

semestafakta-Seybreu Beer semestafakta-Seybreu Beer2