25 FAKTA MENARIK TENTANG RWANDA

No comment 1669 views

1. Penjelajah Eropa pertama yang mendarat di Rwanda adalah Gustav Adolf Götzen, pada tahun 1894.

2. Rwanda (Ruanda) dan Burundi (Urundi) menjadi bagian dari Afrika Timur Jerman pada tahun 1890.

3. Pada tahun 1959, mayoritas kelompok suku Hutus berhasil menggulingkan raja Tutsi. Pada tahun-tahun kemudian ribuan suku Tutsi dibantai dan ada sekitar 150.000 orang dikucilkan ke negara-negara yang berdekatan.

4. Perjanjian untuk mengakhiri perang sipil (the Arusha Peace Accords) berhasil disepakati di Rwanda pada tahun 1993.

semestafakta-RWANDA FLAG semestafakta-rwanda map

5. Pembantaian dan pemusnahan ras manusia yang berakhir pada tahun 1994 terjadi karena terbunuhnya presiden Rwanda.

6. Bahasa pribumi Rwanda adalah bahasa Kinyarwanda dan bahasa yang banyak dipakai adalah bahasa Perancis dan Inggris.

7. Rwanda dikenal dengan sebutan “Daratan Seribu Bukit”, atau dalam bahasa Kinyarwanda adalah “Igihugu cy’Imisozi Igihumbi”, karena negara ini dipenuhi dengan dataran tinggi dan bukit berumput.

8. Rwanda adalah salah satu dari negara terkecil di dunia, yang luasnya hanya 26.338 km persegi. Rwanda adalah negara terkecil urutan empat di benua Afrika.

9. Rwanda adalah salah satu dari tiga negara di Afrika dimana kami bisa merasakan sensasi liar Gunung Gorila. Rwanda adalah pelopor wisata gorila.

10. Puncak tertinggi di Rwanda ada di Gunung Karisimbi (4519 m) di pegunungan Virunga, di perbatasan Rwanda dengan Kongo.

semestafakta-Mount-Karisimbi

11. Danau Kivu, Danau Muhazi, Danau Ihema, Danau Bulera, Danau Ruhondo, dan Danau Mugesera adalah danau penting di Rwanda.

semestafakta-Lake Kivu semestafakta-Lake Muhazi

12. Taman Nasional Nyungwe yang berada di barat daya Rwanda merupakan hutan yang usia sudah ribuan tahun, yang masih terawat dan dilindungi. Hutan ini menjadi rumah bagi 13 spesies primata, lebih dari seribu jenis tumbuhan, dan hampir 100 jenis mamalia, dan sejumlah reptil dan amfibi yang.

semestafakta-Nyungwe National Park

13. Taman Nasional Akagera adalah berupa rawa-rawa dan savanna yang menjadi tempat tinggal bagi 8000 binatang, termasuk jerapah, gajah, kijang, zebra, kuda nil, dan buaya.

14. Tempat-tempat menarik di Rwanda adalah Taman Nasional Gunung di Ruhengeri, Taman Nasional Virunga, Peringatan Pembantaian Kigali (Kigali Genocide Memorial) di Kigali, Pusat Peringatan Pembantaian Murambi di Butate, Pusat Kesenian Inema di Kigali, Pusat Kesenian Ivuka di Kigali, Gereja Nyamata di Kigali, Gereja Ntarama di Kigali, Galeri Seni Niyo di Kigali, Museum Nasional Rwanda di Butare, Pusat Riset Karisoke-Dian Fossey Camp di Ruhengeri, Pasar Kimironko di Kigali, Pasar Nyabugogo di Kigali, Museum Istana Presiden di Kigali, Masjid di Kigali, Peringatan Kamp Kigali (Camp Kigali Memorial), Librarie Ikirezi di Kigali, Kampung Budaya Iby’iwacu, Istana Raja Mutara III Rudahigwa di Nyanza, Avenue du Commerce di Kigali, MAMA Rwanda di Kigali, Museum Etnografi Huye di Huye, Stadiun Amaharo di Kigali, Gedung Parlemen Kigali, dan Kandt House Natural History Museum di Kigali.

semestafakta-Kigali Genocide Memorial semestafakta-Kigali Genocide Memorial2 semestafakta-Kigali Genocide Memorial3semestafakta-Presidential Palace Museum semestafakta-The Palace of King Mutara III Rudahigwa (Nyanza) semestafakta-The Palace of King Mutara III Rudahigwa (Nyanza)2semestafakta-Camp Kigali Memorial semestafakta-Camp Kigali Memorial2semestafakta-Iby'iwacu Cultural Village semestafakta-Iby'iwacu Cultural Village2semestafakta-murambi genocide memorial

15. Kigali di Rwanda adalah kota paling bersih di Afrika, karena mereka konsisten bersih-bersih setiap hari sabtu terakhir setiap bulannya. Pada hari sabtu akhir setiap bulan, setiap orang Rwanda, dipimpin oleh presidennya, berpartisipasi dalam hari pelayanan masyarakat nasional (national community service) di Umuganda. Melalui Umuganda, warga Rwanda membangun sekolah-sekolah, pusat pengobatan, pembangkit listrik tenaga air, dan merehabilitasi rawa-rawa untuk dibuat lahan produktif, serta membersihkan kota-kota dan pedesaan.

semestafakta-day of national community service semestafakta-day of national community service2 semestafakta-day of national community service3semestafakta-Kigali in Rwanda semestafakta-Kigali in Rwanda2

A very daily and normal scene of Kigali.

A very daily and normal scene of Kigali.

16. Kota Kigali didirikan oleh Dr. Richard Kandt pada tahun 1907 yang berpenduduk 6000 jiwa saat merdeka dari Belgia pada tahun 1962 dan sekarang penduduknya mencapai 1 juta jiwa.

semestafakta-Dr. Richard Kandt

17. Parlemen Rwanda lebih banyak diisi oleh kaum perempuan dibandingkan parlemen-parlemen di dunia. 56% kaum perempuan menguasai parlemen Rwanda.

18. Rwanda melarang memakai sandal jepit. Di Rwanda juga dilarang berjalan menginjak-injak rumput.

19. Rwanda melarang penggunaan kantong plastik. Pada tahun 2007, Rwanda menjadi negara pertaam di dunia yang melarang penggunaan kantong plastik.

20. Menurut laporan Doing Business Report oleh the World Bank Group tahun 2015, Rwanda merupakan negara dengan kinerja terbaik di Afrika Timur dan Tengah dan tempat paling mudah urutan ketiga untuk berisnis di Afrika.

21. Rwanda menjadi negara pelopor revolusi digital di Afrika. Kota Pintar Kigali telah tersedia akses internet gratis di bus-bus umum, rumah sakit, taman-taman, tempat-tempat perdagangan dan bisnis dan restoran, dengan menggandeng Korea Telcom sehingga berhasil membuat 95% penduduknya bisa mengakses jaringan 4G untuk berselancar di internet.

22. Peningkatan signifikan dalam hal pelayanan kesehatan telah meningkatkan harapan hidup orang Rwanda selama 10 tahun dalam dekade terakhir. 90% penduduk Rwanda telah menikmati asuransi kesehatan.

23. Banyak orang Rwanda yang masih percaya pada takhayul. Kepercayaan yang terkenal adalah apa yang akan terjadi jika makan bagian tertentu dari ikan dan makan pisang hijau. Menurut kepercayaan mereka, jika kamu makan bagian tertentu ikan maka kamu akan didatangi iblis pada malam harinya dan jika kamu makan pisang hijau makan akan tumbuh lemak di pantat.

24. Di Rwanda tidak diperbolehkan memoto gedung-gedung pemerintahan.

25. Menunjuk atau mengacungkan jari kepada seseorang dianggap tabu di Rwanda. Menunjukkan jari hanya ditujukan kepada anjing. Jika kamu menunjuk seseorang berarti kamu menyakannya dengan anjing.