65 FAKTA MENARIK TENTANG CAPE VERDE (TANJUNG VERDE)

No comment 1925 views

semestafakta-kite surfing

1. Tanjung Verde (Cape Verde) terletak di Samudera Atlantik Utara, sekitar 604 km dari pantai Afrika Barat dan sebelah selatan kepulauan Canary.

2. Nama Tanjung Verde (Cape Verde) diambil dari “Cap Vert” yang artinya Tanjung Hijau (Green Cape) di Senegal yang terletak paling barat di benua Afrika.

3. Tanjung Verde terdiri dari 10 pulau yang membentuk tapal kuda yang luasnya mencapai 4000 kilometer persegi.

4. Tanjung Verde merupakan perluasan laut dari Sahara. Gelombang angin yang membawa debu cokelat berhembus dari Sahara melintasi Tanjung Verde selama bulan Oktober sampai Juni yang dikenal dengan Harmattandry (sumber lain mengatakan angin tersebut berhembus dari bulan Desember sampai Maret).

semestafakta-cape verde flag

5. Tanjung Verde merupakan bagian dari kepulauan Macronesia bersama dengan Canary dan Azores.

6. Pulau Santiago adalah pulau terbesar dan terpadat penduduknya.

7. Santa Luzia adalah pulau terkecil di Tanjung Verde dan tidak berpenghuni. Pulau terkecil yang berpenghuni di Tanjung Verde adalah pulau Brava.

8. Ibu kota Tanjung Verde adalah Praia. Ibu kota awal Tanjung Verde adalah Riberia Grande di Santiago.

9. Tanjung Verde merupakan salah satu wilayah paling kering di dunia.

10. Daratan Tanjung Verde dibagi menjadi dua bagian, yaitu kepulauan Barlavento, tempat darinya angin bertiup atau dataran tinggi dan kepulauan Sotavento, tempat tujuan angin berhembus atau dataran rendah.

semestafakta-cape verde mapsemestafakta-cape verde map2

11. Nama-nama pulau di Tanjung Verde adalah Fogo (api), Brava (liar), Sal (garam), Maio (bulan Mei), dan Boa Vista (pandangan baik).

12. Meski sumber daya alam dan hasil pertanian Tanjung Verde terbatas, namun negara ini merupakan salah satu negara yang paling stabil secara ekonomi dan politik di Afrika.

13. Tanjung Verde pernah menjadi pusat perdagangan budak.

14. Christopher Columbus mengunjungi pulau Boa Vista pada tahun 1498.

15. Vasco da Gama mengunjungi Santiago pada tahun 1497, pada pelayaran yang sama saat dia juga menemukan India.

16. Sir Francis Drake pertama kali mengujungi Maio dan kepulauan Tanjung Verde pada tahun 1578.

17. Boa Vista pernah digunakan sebagai tempat lokalisasi penyakit kusta pada tahun 1400-an untuk orang Eropa.

18. Kota Sal Rei di Boa Vista dulunya dikenal dengan nama Porto Ingles.

19. Pantai dekat Morre Negro terkenal dengan atraksi dolpin dan paus.

20. Angin alam dengan air laut jernih menjadikan Tanjung Verde menjadi salah satu tempat terbaik untuk selancar angin, menyelam, dan selancar layang-layang.

semestafakta-kite surfing2 semestafakta-kite surfingsemestafakta-kite surfing2

21. Tanjung Verde adalah tempat bersarang kura-kura air (loggerhead) terbesar ke-3 yang terancam punah. Pantai Boa Vista dan Santa Maria, memberikan kesempatan kepada kita untuk menyaksikan binatang ini hidup liar.

semestafakta-Loggerhead turtles

22. Tidak diperbolehkan menangkap kura-kura antara bulan Juni dan Februari.

23. Charles Darwin mengadakan penelitian flora dan fauna di Tanjung Verde pada tahun 1832. Bukunya yang terkenal berjudul The Origins of the Species, bab pertama berjudul “The Voyage of the Beagle” adalah dipersembahkan untuk observasinya di Tanjung Verde.

24. Puncak tertinggi di Tanjung Verde adalah Gunung Fogo, yaitu gunung berapi yang tingginya mencapai 2.829 m di atas permukaan laut.

semestafakta-Mount Fogo

25. Mata uang Tanjung Verde adalah Escudo dan dilarang membawa mata uang ini ke luar dari Tanjung Verde.

26. Bahasa yang dipakai di Tanjung Verde adalah bahasa Portugis dan Criuolo, karena pulau ini pernah dijajah Portugis dari tahun 1462 sampai 1975. Tanjung Verde mempunyai budaya Creole khas yang mendapat pengaruh dari Brazil, Portugis, dan musik dari Senegal.

27. Tanjung Verde merdeka dari Portugis pada tanggal 5 Juli 1975.

28. Bapak gerakan kemerdekaan Tanjung Verde yang terkenal bernama Amilcar Cabral, yang mendirikan Partai Afrika untuk kemerdekaan Guinea-Bissau dan Tanjung Verde (PAIGC). Dia adalah seorang agronomis.

semestafakta-Amilcar Cabral

29. Saat pertama kali merdeka Tanjung Verde masih bergabung dengan Guinea Bissau sampai tahun 1980.

30. Tajung Verde baru menggunakan lagu kebangsaan baru dan bendera pada tahun 1992.

31. Tahukah kamu bahwa di Tanjung Verde terdapat satu kambing untuk setiap dua orang.

32. Di Tanjung Verde tidak ada nyamuk.

33. Kota ibu kota Sal, Espargos dalam bahasa Portugis artinya “asparagus”, yaitu tangkai sayur asparagus liar yang tumbuh di area berpasir di pulau tersebut.

34. Satu-satunya tempat latihan golf hanya ditemukan di pulau Sao Vincente.

35. Makanan khas Tanjung Verde adalah Cachupa, dan merupakan makanan nasional Tanjung Verde. Makanan lainnya adalah caldo de peixe.

semestafakta-cachupa semestafakta-caldo de peixe

36. Presiden Tanjung Verde adalah Carlos Fonseca, yaitu seorang politisi, pengacara, dan guru besar universitas yang menjadi presiden sejak tahun 2011.

semestafakta-Jorge Carlos Fonseca

37. Brava adalah pulau kecil yang dijuluki “Pulau Taman” dari Cabo Verde, karena di sana terdapat banyak tanaman dan bunga tropis. Brava tidak mempunyai pantai, hanya tebing tinggi dan kamu bisa berkunjung ke sana sambil mendaki gunung.

38. Hanya sepersepuluh dari daratan di Tanjung Verde yang bisa ditanami untuk pertanian. Tanahnya bagus tetapi hasilnya kurang memuaskan karena kurangnya air dan warisan sistem tuan tanah yang tidakj efesien.

39. Terowongan atau tunnel dibuat melintasi dinding kawah di Pedra de Lume di Cabo Verde untuk mempermudah mengirim garam keluar.

40. Diktator Italia, Benito Mussolini, membeli hak untuk membangun bandara di Sal, Cabo Verde, karena dia butuh mengisi bahan bakar dalam penerbangan antara Eropa dan Amerika Selatan. Portugal membelinya kembali bandara tersebut pada tahun 1945.

41. Pada tahun 1933 penerbang Charles dan Anne Morrow Lindburgh mendarat di Praia saat berusaha mengelilingi Atlantik Utara.

semestafakta-Charles dan Anne Morrow Lindburgh

42. Selama Perang Dunia II, Winston Churchill menyuruh pesawat tempurnya menginvasi Tanjung Verde, tetapi kemudian dibatalkan pada menit terakhir.

43. Dikatakan bahwa setelah 20 tahun terus-menerus minum minuman Grogue produksi lokal akan menyebabkan kebutaan.

semestafakta-drogue

44. Di Tanjung Verde nama Brown Booby bukan nama bagian tubuh wanita tetapi nama sejenis burung yang terkenal dengan nama Alcatraz. Burung ini terlihat dalam koin escudo pecahan 20.

semestafakta-alcatraz semestafakta-alcatraz2

45. Pada tahun 1683 seorang pelaut Inggris bernama William Dampier melaporkan bahwa dia pernah melihat burung Flamingo di Sal.

46. Kedutaan besar Cina adalah bangunan yang paling prestisius di Praia.

47. Di Tanjung Verde ada kamp konsentrasi di Tarrafal yang beroperasi antara tahun 1936-1954 dan pada tahun 1960-an tetapi kemudian ditutup pada tahun 1974.

semestafakta-camp concentration semestafakta-camp concentration2

48. Banyak penduduk Tanjung Verde yang bekerja di luar negeri dan uangnya dikirimkan ke keluarganya di rumah.

49. Tokek Dinding Tanjung Verde (Cape Verde Wall Gecko) adalah spesies yang biasa ditemukan di bebatuan di tanah gersang.

50. Tambja fantasmasis adalah moluska laut yang hanya ada di Cabo Verde. Warna dasarnya hitam kebiru-biruan dengan ada alur warna hijau pendar di punggungnya dan di kedua sisi tubuhnya.

51. Phoenix atlantical (umumnya dinamakan pohon kurma pulau Tanjung Verde) adalah spesies langka dalam famili palm Arecaceae, genus Phoenix. Tanaman ini endemik di kepulauan Tanjung Verde.

semestafakta-Phoenix atlantica

52. Salah satu tanaman aneh yang endemik di Tanjung Verde adalah teratai atau lotus setinggi 30-40 cm yang bunganya berwarna ungu tua.

53. Burung Raso (Alauda razae) adalah burung berkicau kecil hanya ditemukan di pulau kecil Raso di kepulauan Tanjung Verde.

semestafakta-The Raso lark

54. Burung camar Tanjung Verde (Colonetrics edwardsii), atau nama lokalnya Cagarra, adalah burung camar bertubuh sedang. Sejenis burung laut yang masuk dalam famili Procellariidae yang endemik di kepulauan Macronesia Tanjung Verde di Samudera Atlantik.

semestafakta-TheCape Verde shearwater 2 semestafakta-TheCape Verde shearwater

55. Macroscincus coctei, dikenal juga dengan nama kadal raksasa Tanjung Verde, Lagarto, atau logung Cocteau, adalah reptil yang pernah hidup di pulau kecil Branco dan Raso di Tanjung Verde.

56. URIL adalah permainan khas Tanjung Verde, yaitu campuran antara berfikir matematis cepat dengan strategi.

semestafakta-uril

57. Francisco Manso menjadi sutradara film O TESTAMENTO DO SENHOR NAPOMUCENO, yang bercerita tentang Napumoceno Da Silva Araujo, yaitu pebisnis sukses dari kepulauan Cabo Verde.

semestafakta-movie O TESTAMENTO DO SENHOR NAPOMUCENO

58. Tanjung Verde pernah menjadi tempat negosiasi selama perjuangan anti aparteit Afrika (antara ANC dengan pemerintah Afrika Selatan).

59. Tim sepak bola Tanjung Verde bernama “Hiu Biru”.

semestafakta-blue sharks

60. Di Tanjung Verde terdapat festival musik terkenal yaitu Baia das Gatas Music Festival yang diadakan setiap tahun di Sao Vicente festival ini dihadiri sekitar 15.000 pengujung dan menampilkan beragam musisi dari Tanjung Verde dan dari luar negeri.

semestafakta-the Baia das Gatas Music Festival semestafakta-the Baia das Gatas Music Festival

61. Charles “Sweet Daddy” Grace, seorang pribumi pulau Brava yang pindah ke Amerika pada usia 22 tahun, adalah salah satu evangelis Amerika paling berpengaruh pada awal abad ke-20. Gedung ibadah Pendeta Grace untuk semua orang mempunyai banyak anggota dari 1.000.000 sampai 2.000.000 jamaah.

semestafakta-Charles Sweet Daddy Grace

62. Kaum Yahudi melarikan diri ke Tanjung Verde sebagai pengungsi agar terhindari dari siksaan di Iberia. Nama-nama Yahudi banyak ditemukan di penduduk Santo Antao dan Boa Vista. Di Santo Antao terdapat pemakaman Yahudi dan nama perkampungan Sinagoga yang menunjukkan nama khas Yahudi.

63. Terdapat komunitas kecil keturunan Tanjung Verde yang tinggal di Cardiff, yaitu pelabuhan laut di pantai selatan Wales di Inggris. Awalnya adalah sebagai para pelaut Tanjung Verde yang dipekerjakan di kapal yang membawa berton-ton batu bara (dan minyak) dan lainnya dari Wales Selatan ke pelabuhan Mindelo (yang kemudian bernama Porto Grande) pada tahun 1970-an.

64. Sebuah kelompok kecil dengan sekitar 50 anggota yang dikenal dengan “Cape Verdian Society” bertemu setiap hari Minggu pertama pada setiap bulannya di Cardiff. Komunitas ini mengumpulkan donasi amal tahunan untuk kemajuan Tanjung Verde.

65. Di Tanjung Verde pernah dilanda kelaparan pada tahun 1941-1943 dan tahun 1947-1948, yang menelan korban jiwa sebanyak 45.000 jiwa.