30 FAKTA MENARIK TENTANG SIERRA LEONE

No comment 2130 views

semestafakta-banana island

1. Penjelajah Portugis Pedro de Sintra yang menamai tempat ini dengan Sierra Leone, diambil dari istilah “Serra Leano” dari bahasa Portugis yang artinya “Barisan Gunung Singa”.

2. Sierra Leone adalah salah satu negara republik terkecil di Afrika dan menduduki peringkat ke-118 sebagai negara terbesar di dunia.

semestafakta-SIERRA LEONE FLAG semestafakta-SIERRA LEONE MAP

3. Dua kelompok etnis yang paling dominan di Sierra Leone adalah etnis Menda dan Temne.

4. Sierra Leone adalah salah satu negara demokrasi paling muda di dunia sejak tahun 2007.

5. Sierra Leone lahir dari satu dekade perang sipil pada tahun 2002, dengan bantuan tentara Nigeria (ECOMOG), Inggris, bekas tentara kolonial, dan pasukan misi perdamaian PBB.

6. Perang sipil Sierra Leone pecah pada tahun 1991 saat bekas kepala militer Foday Sankoh dan partainya, RUF atau Revolutionary United Front, mulai mencaplok perbatasan Liberia. Mereka ingin menggulingkan pemerintahan yang dikepalai oleh Presiden Momoh. Ribuan warga Sierra Leone menjadi korban, dan banyak wanita yang diperkosa selama periode ini.

7. Pohon palm dan padi adalah simbol nasional Sierra Leone, yang diabadikan dalam mata uang, lagu, dan cerita rakyat serta bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Jenis palm yang lain ada yang bermanfaat untuk memasak minyak, membuat atap anyaman, fermentasi anggur, sabun, buah, dan kacang.

8. Polisi Sierra Leone, yang dibentuk oleh Inggris pada tahun 1894, adalah salah satu kepolisian tertua di Afrika Barat.

9. Pada tanggal 14 Februari 1972 di Koidu, Sierra Leone ditemukan permatA berkualitas murni terbesar ketiga di dunia yang dinamakan “Bintang Sierra Leone”.

semestafakta-Star of Sierra Leone

10. Sierra Leone terkenal dengan “permata darah” nya yang ditambang dan dijual selama perang sipil untuk membeli senjata.

11. Salah satu atlet putri terkenal dunia bernama Eunice Barber adalah kelahiran Sierra Leone.

semestafakta-Eunice Barber

12. Pelabuhan alam perairan dalam terbesar ketiga bernama Queen Elizabeth II Qua, berada di Sierra Leone.

semestafakta-The Queen Elizabeth II Qua harbour

13. Pada ajang Miss World tahun 2009, delegasi dari Sierra Leone berbahasa Inggris, Cina, dan Kreole bernama Mariatu Kargbo berhasil memukau para juri. Meski dia tidak memenangkan gelar ratu kecantikan dunia, namun dia memenangkan dua award spesial.

semestafakta-Mariatu Kargbo

14. Tujuan wisata di Sierra Leone yang paling terkenal adalah di Pulau Pisang (Banana Islands) dan Pulau Kura-kura (Turtle Islands).

semestafakta-banana island2 semestafakta-banana island3

15. Pulau Bunce adalah situs kastil budak Inggris abad ke-18, atau situs perdagangan, yang berada di sungai Sierra Leone di repulbik yang sekarang bernama Sierra Leone di Afrika Barat.

semestafakta-Bunce Island

16. Taman Nasional Outamba berada di barat laut Sierra Leone dengan perbatasan Republik Guinea. Taman ini dibagi menjadi dua area, yaitu Outamba dan Kilimi.

semestafakta-Outamba-Kilimi National Park 2 semestafakta-Outamba-Kilimi National Park 3 semestafakta-Outamba-Kilimi National Park

17. Pantai Tokeh adalah salah satu pantai yang paling pavorit bagi supermodel Perancis tahun 1980-an dan mereka sering mengunjungi pantai berpasir putih ini, yang berada di Freetown.

18. Pulau Tiwai adalah suaka marga satwa dan tempat tujuan turis. Dikelola oleh organisasi non pemerintah Environment Foundation for Africa, luas Tisai adalah 12 km2 yang berada di Sungai Moa di provinsi bagian selatan.

semestafakta-Tiwai Island 2 semestafakta-Tiwai Island

19. Danau Sonfon, yang juga dikenal dengan nama Danau Confon, adalah danau air gunung di Diang, yang menjadi simbol budaya dan keagamaan. Kota di dekatnya adalah Kabala dan Benugu.

20. Cagar alam Hutan Dataran Tinggi Tingi berada di barisan pegunungan di sebelah timur Sierra Leone, yang mencakup wilayah seluas 118.85 km2. Tempat ini menjadi cagar alam hutan pada tahun 1947 dan cagar alam yang dilindungi dari perburuan pada tahun 1973.

semestafakta-The Tingi Hills Forest Reserve

21. Cagar alam Hutan Dataran Tinggi Kangari adalah cagar alam dilindungi di pusat Sierra Leone, yang menjadi cagar alam pada tahun 1924.

semestafakta-Kangari Hills Forest Reserve

22. Cagar alam Hutan Gola adalah hutan hujan terbesar di dataran rendah Sierra Leone. Daerah ini terkenal dengan sebutan Permata Hijau Sierra Leone, yang berada di Distrik Kenema.

semestafakta-The Gola Forest Reserve

23. Suaka Marga Satwa Simpanse Tacugama adalah salah satu perlindungan satwa yang menakjubkan di Sierra Leone, yang terletak di Freetown.

semestafakta-The Tacugama Chimpanzee Sanctuary semestafakta-The Tacugama Chimpanzee Sanctuary2

24. Pohon kapas (randu) banyak ditemukan di Freetown dan mempunyai nilai yang luar biasa. Pohon kapas adalah simbol pembebasan Afrika dan perbudakan. Di tempat ini orang-orang Amerika keturunan Afrika untuk pertama kalinya tiba di tempat ini. Mereka berhenti di tempat ini di bawah pohon kapas besar saat mereka mencari tanah kebebasannya. Mereka berumpul bernyanyi dan bersyukur kepada Tuhan atas kebebasannya. Pohon kapas tua ini sudah lama berdiri di sana. Pengadilan Tinggi tidak jauh dari pohon tersebut.

semestafakta-Cotton tree

25. Merasakan keriuhan “Pasar Raya” Bo untuk menawar kain tenun dari Afrika Barat, obat gosok herbal dan berjalan diantara lapak ikan kering dan berinteraksi dengan para pedagang. Di dekat pedesaan kamu bisa mencicipi Poyo (anggur palm) dan mencicipi jajanan lokal seperti kue kacang, keripik pisang dan roti kacang.

26. Sierra Leone adalah negara dengan tingkat Human Development Index terendah dan terendah ketujuh dalam Human Poverty Index, karena korupsi dan kurangnya kebebasan pers.

27. Di seluruh dunia ada sekitar 300.000 tentara anak-anak, sedangkan di Sierra Leone ada 6.914 tentara anak-anak.

semestafakta-child soldiers

28. Sierra Leone mempunyai sejarah perdagangan budak trans atlantik. Sierra Leonne menjadi tempat kedatangan ribuan tawanan Afrika Barat. Ibu kota Sierra Leone, Freetown, didirikan sebagai rumah bagi bekas budak yang sudah dipulangkan pada tahun 1787.

29. Graham Greene hidup di Sierra Leone. Selama Perang Dunia II, dia bekerja untuk Layanan Intelijen Rahasia di Sierra Leone, yang menjadi latar dari bukunya berjudul The Heart of the Matter.

semestafakta-Graham Greene semestafakta-The Heart of the Matter

30. Di Sierra Leone pernag terjadi wabah Ebola pada Maret 2014. Pada bulan Desembernya penyakit ini telah membunuh  sekitar 1.660 jiwa di Sierra Leone, dan ada sekitar 7.635 kasus yang terindikasi terjangkit Ebola.