55 FAKTA MENARIK TENTANG HOTEL DAN RESORT

No comment 1328 views

semestafakta-hotel

1. Istilah “Hotel” berasal dari bahasa Perancis “Hostel”, yang mempunyai akar kata yang sama dengan “hospital” Awalnya hotel hanya memberikan pelayanan kepada para pengunjung dan tidak melayani akomodasi.

2. Tidak ada informasi tentang hotel pertama yang memberikan pelayanan akomodasi kepada para tamu. Tetapi kenyataannya istilah “inn” (penginapan) yang disebut dalam Bibel menyatakan bahwa hotel telah ada ribuan tahun yang lalu.

3. Istilah “Motel” adalah singkatan dari “Motor Hotel” yang menunjukkan kepada hotel dengan tarif murah atau terjangkau yang biasanya berada di pinggir jalan raya. Kapan awal mula dinamakan Motel? Adalah Arthur Heinemann, yang membuka motelnya pada tahun 1925 dan akan memberi nama dengan “Milestone Motor Hotel” tetapi papan nama tersebut tidak cukup, sehingga cukup dinamakan Motel.

4. Hotel Butik ukurannya lebih kecil tetapi mewah yang hanya menyediakan 10 – 100 kamar. Konsep hotel ini berawal pada tahun 1980-an di kota-kota besar seperti London, New York, dan San Fransisco.

5. Menurut the Guinness Book of World Records, hotel tertua yang masih beroperasi sampai sekarang adalah Hotel Hoshi Ryokan, di area Awazu Onsen Komatsu, Jepang, yang buka pada tahun 718.

semestafakta-hoshi ryokan hotel semestafakta-hoshi ryokan hotel2

6. Hotel modern pertama dibuka pada tahun 1768 dengan nama Royal Clarence Hotel di kota Exeter, Inggris.

semestafakta-Royal Clearance Hotel

7. Hotel dengan kamar terbanyak adalah MGM Grand Hotel Las Vegas Amerika dengan 5.044 kamar. Hotel ini mempunyai dua kapel pernikahan. Untuk melayani pengantin baru disediakan 751 kamar dengan kamar mandi marmer dan spa shower bergaya Romawi.

8. Kelompok hotal terbesar di dunia adalah InterContinental Hotels, yang terdiri dari 4600 hotel dan lebih dari 674.000 kamar.

9. Hotel bintang tujuh pertama di dunia adalah Burj Al Arab Hotel di Dubai. Hotel ini berbentuk perahu layar yang juga menjadi ikon kota tersebut.

semestafakta-Burj Al Arab Hotel semestafakta-Burj Al Arab Hotel2

10. Menurut Wealth Bulletin, hotel paling mahal di dunia adalah Four Season Hotel di New York. Untuk menginap di sana kamu harus membayar US$34.000 per malamnya.

semestafakta-four season new york semestafakta-four season new york2

11. Hotel tertinggi di dunia adalah JW Marriot Marquis Dubai dengan 72 tingkat dan tingginya mencapai 355 meter.

semestafakta-JW Marriot Marquis Dubai

12. Sheraton Huzhou Hot Spring Resort, di Huzhou Cina, adalah terletak di danau Taihu di antara Nanjing dan Shanghai. Hotel ini berbentuk unik yang didesain oleh Ma Tansong yang bekerja dengan Zaha Hadid di London dan juga yang merancang Absolute Tower di Mississauga Kanada. Hotel ini mempunyai 27 lantai di atas air dan 2 lantai di bawahnya, yang dilengkapi dengan hiasan-hiasan mewah seperti ruang lobi yang terbuat dari White Jade dari Afghanistan dan batu Mata Harimau dari Brazil.

semestafakta-Sheraton Huzhou Hot Spring Resort

13. Naumi Hotel adalah hotel pertama di Singapura yang mempunyai lantai khusus untuk kaum perempuan.

14. Resort dengan jumlah kamar paling banyak di dunia adalah Genting Highland Resort. Resort ini memiliki 6.118 kamar. Untuk menarik para tamu, di sana ada lebih dari 80 toko, 90 restoran, satu sinema, kasino, 50 ruang bar karaoke dan juga dua taman, yang satu di dalam dan satunya di luar resort.

semestafakta-Genting Highlands Resort semestafakta-Genting Highlands Resort2

15. Beberapa hotel (seperti Thirty Two Boutique Hotel, Inggris) mempunyai model bar yang berbeda di lobinya, yang tidak dijaga. Bar ini dinamakan “bar kejujuran” (honesty bars) dan apapun yang kamu makan atau minum di sini tidak dipungut bayaran. Hanya saja ketika kamu check out dari hotel kamu harus jujur dan membayar semua yang telah diminum.

16. Desainer fashion, Coco Chanel, pernah tinggal selama 30 tahun di Hotel Ritz Paris.

17. Hotel Jail Luzem di Lucerne, Switzerland dan Liberty Hotel di Boston awalnya adalah penjara.

semestafakta-hotel jail luzem semestafakta-hotel jail luzem

18. Hotel di Cuevas Pedro Antonia de Alarcon di Spanyol dibangun berupa gua-gua alami, seperti El hotel Kagga Kamma.

19. Desert Cave Hotel di Australia bagian selatan dibangun dari bekas tambang opal.

20. Di Sri Lanka ada hotel yang berbentuk gajah raksasa, yang bernama Kumbuk River Resort.

21. Ada hotel di Julian Alps yang terletak di puncak Gunung  Foronon Buinz yang hanya cukup untuk menginap 9 orang. Kamu bisa menikmatinya secara gratis jika bisa mendaki sampai puncak dengan ketinggian 8300 kaki.

semestafakta-julian alps hotel semestafakta-julian alps hotel2

22. Kapsul Bivacco Gervasutti, yang namanya diambil dari nama pendaki gunung Alpin kelahiran Turin, terdapat di tebing Gunung Mont Blanc. Tempat ini sangat sulit dicapai dan hanya yang bisa mendaki Val Ferret yang bisa menikmati bermalam di sana, dan cukup untuk 12 orang.

23. Di Poseidon Resort Fiji, kamu bisa menikmati sensasi tidur di dasar laut dan bahkan kamu  bisa memberi makan ikan secara langsung dari jendela.

semestafakta-poseidon resort fiji semestafakta-poseidon resort fiji2

24. Hotel Es Swedia yang terkenal, dibangun setiap tahunnya dari potongan es raksasa dari Sungai Torne.

25. Giraffe Manor adalah hotel di Kenya yang juga menjadi tempat jerapah-jerapan Kenya. Kamu bisa bercengkarama langsung dengan jerapah seharian dan memberi makan jerapah dari jendela hotel.

semestafakta-Giraffe Manor semestafakta-Giraffe Manor2

26. Hotel-hotel mewah di Cannes Perancis mempunyai tim 5 elang penyerang terlatih yang digunakan untuk menghalau burung camar yang mengganggu di area tempat duduk bagian luar.

27. “Hotel Cinta” menjadi tren di Jepang. Ada 37.000 hotel cinta di Jepang khusus untuk pasangan yang akan bercinta.

28. Kamar hotel paling dalam, tenang, paling tua dan paling gelap di dunia adalah di hotel Grand Canyon Caverns, di kedalaman 220 kaki di gua yang telah berusia 65 juta tahun yang lalu

29. Di Swedia terdapat hotel unik, yaitu Hotel Pohon yang berlokasi di hutan pinus sekitar Harads. Hotel pohon berupa kapsul kaca seperti Kabin, seperti hidup di sarang butung. Di sana juga ada Sauna Pohon.

semestafakta-Tree Sauna semestafakta-treehotel semestafakta-treehotel2

30. Seniman Jerman, Lars Stroschen, mendesain hotel mirip museum bernama Propeller Island City Lodge di Berlin, yang mempunyai 30 kamar unik. Kamar-kamarnya dihubungkan dengan kaca-kaca bersegi, ada sel, ruang bawah tanah (yang tempat tidurnya adalah peti mati), ada kamar dengan tempat tidurnya berupa sangkat harimau, dan ada kamar yang “terbalik”.

31. Benteng No Man di Solent Portsmouth Inggris, yang awalnya merupakan bangunan peninggalan era Victoria yang dibangun antara tahun 1867 dan 1880 dan digunakan untuk melindungi Portsmouth dari serangan Napoleon III, sekarang dirubah menjadi hotel mewah dengan 22 kamar tidur, deratan kamar mercusuar, nightclub, bak mandi hangat dan arena penyelidikan laser.

semestafakta-No Man's Fort semestafakta-No Man's Fort2

Optimized by JPEGmini 3.11.5.0 0xcc55b933

Optimized by JPEGmini 3.11.5.0 0xcc55b933

32. Bagi para pecinta binatang di Amerika disediakan Hotel berbentuk anjing yang bernama Dog Bark Park Inn.

33. Magic Mountain Hotel berada di cagar alam Huilo Huilo, Cili, yang luasnya mencapai 60.000 hektar hutan Valdivian sumber air panas alam, danau-danau, dan mengalir air terjun dari atap puncak hotel.

34. Para penggemar fanatik mobil pasti menyukai V8 Hotel di Stuttgart Jerman. Semua kamarnya bertemakan sekitar mobil dengan gaya seperti mobil vintage, perlengkapan barat, sinema menyupir.

35. Das Park Hotel di Linz Austria dibuat dari pipa bekas saluran pembuangan kotoran, yang terletak di pinggiran Sungai Danube.

semestafakta-Das Park Hotel

36. De Vrouwe van Stavoren di Stavoren Belanda menyediakan penginapan di dalam tong anggur raksasa.

37. Dekat dengan Taman Nasional Thingvellir, Nesjavellir Islandia, yang masuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site, terdapat ION Luxury Adventure Hotel yang terletak di tengah-tengah landscape pegunungan dan hamparan lahar dari gunung yang sekarang sudah tidak aktif.

38. Salah satu tempat paling aneh untuk tidur adalah Hotel CasAnus di Antwerp Belgia yang didesain membentuk usus raksasa. Dibuat oleh Joep Van Lieshout, dan di dalamnya dilengkapi dengan tempat tidur dobel, pemanas listrik, dan shower dengan air hangat.

39. Hotel Kaklauttanen adalah tempat bagi rumah salju bangsa eskimo yang terbuat dari kaca yang menajubkan, dan kamu akan terheran-heran menyaksikan cahaya atau sinar dari utara dan langit berbintang. Hotel ini dibuka selama musim cahaya di sebelah utara, yaitu dari minggu ketiga bulan Agustus sampai akhir bulan April.

semestafakta-Kakslauttanen Hotel semestafakta-Kakslauttanen Hotel2 semestafakta-Kakslauttanen Hotel3

40. Hotel Costa Verde di Taman Nasional Manuel Antonio Kostarika, adalah bekas dari pesawat Boeing 727 yang diubah menjadi hotel pada tahun 1965.

41. Hotel Free Spirit Spheres di Vancouver Kanada terletak di antara pepohonan hutan hujan pantai barat di Pulau Vancouver. Hotel ini bentuknya bundar menyerupai pesawat UFO yang dibuat dari bahan pohon cedar, Sitka Spruce dan kaca fiber.

semestafakta-Free Spirit Spheres semestafakta-Free Spirit Spheres2 semestafakta-Free Spirit Spheres3 semestafakta-Free Spirit Spheres4

42. Library Hotel di New York disediakan bagi mereka yang kutu buku. Terdiri dari 10 lantai dan setiap lantai mempunyai tema bukunya masing-masing, seperti literatur, teknologi, seni, dll. Di lantai paling atas terdapat tempat untuk membaca, taman puisi dan ruang teras untuk membaca.

43. Hobbit Motel di Taman Woodlyn, Waitomo New Zealand terinspirasi oleh film Lord of The Rings.

44. Hotel Inntel Amsterdam Zaandamn, Amsterdam Belanda, bagian mukanya dibuat dari hampir 70 rumah berpostur tegap, dari pemondokan para pekerja sampai rumah-rumah perkotaan, yang merupakan rumah tipikal daerah tersebut. Kamar-kamarnya terinspirasi oleh sejarah lokalnya dan di sana juga dilengkapi dengan spa, kolam renang, sauna Turki dan sauna Finlandia.

45. Null Stern Hotel, di St. Gallen Switzerland dijuluki sebagai “hotel bintang nol” pertama di dunia. hotel ini adalah bekas bunker nuklir di kota St. Gallen.

46. Di Switzerland juga terdapat  Null Stern Hotel yang didesain oleh Hoteliers Frank dan Patrick Riklin yang terletak di atas bukit dari kota Graubunden Swiss. Hotel ini tidak mempunyai dinding, tidak beratap, dan tidak ada kamar mandinya.

semestafakta-Null Stern open air Hotel semestafakta-Null Stern open air Hotel2

47. Hotel Palacio de Sal (Istana Garam) di hamparan garam Uyuni Bolivia memang semuanya terbuat dari garam, termasuk sebagian besar perabot hotel.

48. Crane Hotel di Harlingen Belanda kamarnya terletak bergelantung di derek setinggi 150 kaki dan bisa diputar 360 derajat untuk berganti posisi menikmati pemandangan Laut Wadden.

49. Hotel Quinta Real Zatacetas di Zacatecas Mexico dibangun dari bekas tempat adu banteng San Pedro peninggalan abad 19. Terakhir bangunan ini untuk adu banteng pada tahun 1975 dan sekarang berubah menjadi hotel mewah di Mexico.

50. Hotel Crazy Bear di Beaconsfield Inggris mempunyai kamar yang terinspirasi dari Moulin Rouge, Las Vegas dan planet Mars dan terdapat di bangunan kuno paling bersejarah di Beaconsfield. Pemandangan aneh lainnya termasuk tangga hotel yang dihiasi dengan daun-daunan dari emas 24 karat, kulit kuda poni Persia di dinding bar, lilin yang terus menetes, dan kaca cermin kamar yang mengerikan.

51. Hotel Marmara Antalya, di Antalya Turki, adalah hotel yang berputar yang terletak di Falez dekat Antalya. Bangunan ini mengapung di air dan berputar pelan sehingga para tamu bisa menikmati pemandangan Mediterania yang selalu berubah. Kamu bisa tidur menghadap ke kolam renang dan ketika bangun sudah menghadap ke laut.

52. Hotel Beckham Creek Cave Haven di Parthenon Arkansas merika, terletak di area gua bebatuan Arkansas seluas 530 acre. Pembangunannya memakan waktu sampai empat tahun.

53. Hotel hang Nga Guesthouse di Da Lat Vietnam dikenal dengan “Rumah Edan” bentuknya mirip di negeri dongeng yang menyerupai batang atau akar pohon dan setiap kamarnya bertema hewan.

54. Hotel El Cosmico, di Marfa Texas Amerika menyubut dirinya sebagai “Hotel Nomadik”. Hotel ini berupa ‘shelter’ yang terdiri dari rumah gandengan vintage dan tenda berburu.

55. Hotel Ariau Amazon Towers di Manaus Brazil terletak diantara pepohonan hutan Amazon. Tamu bisa melihat primata secara dekat dan menyaksikan banyak burung langka. Hotel ini dilengkapi dengan kolam renang di puncak pohon, restoran, bar, dan lima mil rute jalan berkanopi.

semestafakta-Ariau Amazon Towers semestafakta-Ariau Amazon Towers2 semestafakta-Ariau Amazon Towers3 semestafakta-Ariau Amazon Towers4