100 FAKTA MENARIK TENTANG PERAYAAN NATAL (CHRISTMAS)

No comment 1064 views

semestafakta-christmas

1. Perayaan Natal awalnya dari festival pagan seperti Saturnalia (17-23 Desember), Kalend (1-5 Januari, awal dari Duabelas Hari Natal), dan Deus Sol Invictus atau Lahirnya Matahari Yang Tak Tertundukkan (25 Desember). Gereja Kristen sangat menentang perayaan-perayaan tersebut tetapi mengikuti pagan dengan mendeklarasikan tanggal 25 Desember sebagai hari lahirnya Kristus, meski tidak ada bukti bahwa Kristus lahir pada hari tersebut.

2. Hari raya Natal adalah perayaan lahirnya Yesus Kristus pada 25 Desember, tetapi tanggal tersebut tidak disebutkan dalam Bibel dan sebagian besar sejarawan yakin bahwa Yesus dilahirkan pada musim semi.

3. Perayaan Natal pertama diadakan pada tanggal 25 Desember 336 di Roma.

4. Nama lain dari Hari Natal menurut tradisi kuno adalah “Midwinter” (pertengahan musim dingin), “Nativity” (Kelahiran Kristus), dan “Yule”.

5. 25 Desember dipilih mungkin karena bertepatan dengan festival pagan Saturnalia, yang merayakan dewa pertanian Saturn dengan pesta, berjudi, dan bertukar bingkisan hadiah.

6. Christmas (Natal) adalah singkatan dari “Christ’s Mass” (Missa Kristus), yang diambil dari bahasa Inggris lama, “Cristes mæsse (pertama dilaporkan pada tahun 1038). Surat “X” di Yunani adalah surat pertama Kristus, dan “Xmas” digunakan sebagai singkatan untuk Christmas sejak pertengahan tahun 1500-an.

7. Setiap Hari raya Natal ada satu juta surat yang dikirim ke Santa Claus, dengan dibubui kode “HOH OHO, Kutub Utara, Kanada”.

8. Kita sering menyingkat Christmas dengan X-mas karena dalam tradisi kuno X adalah tulisan Yunani “chi” yang merupakan singkatan untuk kata “Christ” dalam bahasa Yunani.

9. Pada tahun 350, Paus Julius I, uskup Roma, menetapkan 25 Desember sebagai hari perayaan resmi lahirnya Kristus.

10. Santa Claus (Sinterklas) adalah berdasar pada tokoh nyata St. Nikolas of Myra (terkenal juga dengan Nikolaos Sang Pekerja keras, Uskup Saint Nicholas of Smyrna, dan Nikolaos of Bari) yang hidup selama abad ke-4. Lahir di Patara (sekarang Turki), dia adalah santa (orang suci) non Biblis yang paling populer di dunia dan para seniman sering melukiskannya dibandingkan santa-santa lainnya kecuali Bunda Maria. Dia adalah santa pelindung dari perbankan, tuna wisma, bajak laut, pembunuhan, pelayaran, pencurian, anak yatim, kerajaan, dan New York City.

semestafakta-st-nikolas-of-myra

11. Nama Santa Claus berbeda-beda di dunia. Kriss Kringle di Jerman, Le Befana di Italia, Pere Noel di Perancis, dan Deuskha Moroz di Russia.

12. Awalnya St. Nicholas dilukiskan dengan orang yang keras, pemberi perintah, dan memegang tangkai pohon Birch. Dia lebih menjadi simbol kedisiplinan dan pemberi hukuman dibandingkan peri gendut yang penuh keceriaan seperti yang diketahui anak-anak sekarang.

13. Dewa bangsa Viking, Odin, adalah asal-usul dari Santa Claus modern. Menurut mitosnya, Odin menunggang kuda terbangnya, Sleipnir (awal dari rusa kutub Santa), yang mempunyai delapan kaki. Pada musim dingin, Odin membagi-bagikan bingkisan hadiah dan hukuman, dan anak-anak akan memenuhi sepatu boot atau kaos kakinya dengan menghibur Sleipnir.

semestafakta-the-viking-god-odin3 semestafakta-the-viking-god-odin2 semestafakta-the-viking-god-odin

14. Meski Santa Claus awalnya berpakaian biru, putih, dan hijau, namun kemudian pakaian tradisionalnya berganti merah pada tahun 1930-an oleh Coca Cola.

15. Coca Cola adalah perusahaan pertama yang menggunakan Santa Claus untuk promosi produk selama musim dingin.

semestafakta-clouse-coca-cola

16. Selama perayaan Natal di Newfoundland orang-orang akan mengenakan pakaian yang dinamakan Mummer dengan membungkus wajahnya sehingga tidak dikenali, kemudian pergi dari pintu ke pintu rumah sambil berjoget dan memainkan musik saat tuan rumah berusaha megenali satu persatu dari mereka.

17. Banyak lagu-lagu Natal yang terkenal, seperti “White Christmas”, “Winter Wonderland”, “Christmas Song (Chestnuts Roasting on an Open Fire), “Rudolp the Red-Nosed Reindeer”, dan “I’ll Be Home for Christmas”, ditulis oleh orang Yahudi.

18. Paul McCartney meraup hampir setengah juta dollar setiap tahunnya dari lagu Natal ciptaannya, padahal lagu ini banyak menuai kritik karena dianggap sebagai lagu terburuk yang pernah ada.

19. Lagu “Jingle Bells” adalah lagu pertama yang dinyanyikan oleh astronot Tom Stafford dan Wally Schirra di ruang angkasa pada 16 Desember 1965.

20. Lagu “White Christmas” karya Irving Berlin diperirakan sebagai lagu dengan penjualan paling banyak sepanjang sejarah, yang terjual lebih dari 100 juta kopi.

semestafakta-white-christmas

21. Antara abad 16 dan 19 dikenal dengan “masa es kecil” dimana temperatur dunia sangat menurun dari biasanya. Itulah mengapa kebanyakan lagu-lagu Natal mengarah pada lagu “White Christmas”.

22. Lagu “Silent Night” adalah lagu Natal yang paling banyak rekaman sepanjang sejarah dengan 733 lebih versi yang berbeda yang dilindungi hak ciptanya sejak tahun 1978.

23. Menurut legendanya, “Silent Night” ditulis oleh Bapa Joseph Mohr di Austria, yang memutuskan melantunkan musik untuk pelayanan Natal setelah alat musik organnya rusak. Kenyataannya, pendeta tersebut menulis lagu tersebut saat berunjung di gereja ziarah di Austria.

24. Lagu Mariah Carey, “All I Want for Christmas Is You” dianggap sebagai lagu Natal yang paling populer sekarang. Dalam video musik tersebut, Santa dimainkan oleh suami Mariah yang bernama Tommy Mottola.

semestafakta-mariah-careys-all-i-want-for-christmas-is-you

25. Sedangkan film Natal paling terkenal adalah How the Grinch Stole Christmas, versi Jim Carrey.

26. Mayoritas orang Swedia akan melihat film kartun Donald Duck setiap malam perayaan Natal.

27. Banyak kebun binatang menerima donasi pohon Natal sebagai makanan untuk hewan-hewannya.

28. Jerman membuat pohon Natal tiruan pertama dari bulu angsa.

29. Pohon Natal plastik pertama dibuat oleh pabrik sikat toilet, dengan menggunakan bulu yang sama dengan hanya diwarnai dengan warna hijau.

30. Nama lain Christmas Tree (Pohon Natal) adalah “Yule Tree”.

31. Pohon Natal terapung terbesar di dunia ada di Rio de Janeiro, Brazil, setinggi 278 kaki.

semestafakta-floating-christmas-tree

32. Pohon Natal hias paling mahal ada di Uni Emirat Arab dengan harga $11.026.900.

33. Negara Nova Scotia adalah eksportir pohon Natal terbesar di dunia.

34. Di Jerman, Heiligabend, atau Malam Natal (Christmas Eve) dianggap sebagai waktu ajaib dimana hati yang suci dapat mendengar binatang berbicara.

35. Di Catalonia Spanyol ada sepotong kayu berukir wajah tersenyum yang dinamakan “Shitting Log” sebagai bingkisan hadiah Natal.

shitting-leg

36. Di beberapa negara Eropa, anak-anak lebih sering diberikan hadiah pada tanggal 6 Desember dibandingkan pada Hari Natal.

37. Setiap tahunnya di Amerika saja ada lebih dari 3 milliar kartu selamat Natal yang dikirimkan.

38. Di Hawaii, Santa disebut dengan Kanakaloka.

39. Hallmark memperkenalkan karu ucapan Natal pertama pada tahun 1915.

40. Sekitar 30-35 juta pohon Natal hidup yang terjual di Amerika setiap tahunnya.

41. Diperkirakan ada 21.000 perkebunan pohon Natal di Amerika. Pada tahun 2008, hampir 45 juta pohon Natal ditanam, menambah 400 juta pohon Natal yang sudah ada.

42. Sekitar 200 pohon Natal ditebang setiap tahunnya di Amerika.

43. Orang pertama yang mendekorasi pohon Natal adalah tokoh reformasi Protestan, Marthin Luther (1483-1546). Menurut legendanya, dia digerakkan oleh keindahan bintang-bintang yang gemerlap di antara batang dan ranting pohon cemara, dia membawa pohon cemara ke rumah dan mendekorasinya dengan lilin-lilin untuk menarik anak-anaknya.

44. Dekorasi paling awal pohon Natal adalah apel. Pada perayaan Natal, para seniman zaman pertengahan akan menggunakan buah apel untuk mendekorasi pohon surga (biasanya pohon cemara) selama “Sandiwara Surga” (Paradise Plays), yang menceritakan penciptaan dan jatuhnya Adam dan Hawa ke bumi.

45. Menurut survei, 1 dari 3 orang Yahudi di Amerika menempatkan pohon Natal di rumahnya selama perayaan Natal.

“46. Cinta Tulus” yang disebut dalam lagu “Twelve Days of Christmas” tidak ditujukan kepada pasangan yang romantis tetapi kode Gereja Katolik untuk Tuhan. Orang yang menerima bingkisan hadiah menandakan orang yang menerima kode tersebut. Misalnya,  “ayam hutan di pohon pear” adalah simbul dari Kristus. “Dua perkutut” mewakili Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

47. Menurut data yang dianalisis dari unggahan di Facebook, dua minggu sebelum hari Natal adalah salah satu dari dua waktu yang paling populer bagi pasangan untuk bercerai. Meski demikian, Hari Natal adalah hari pavorit untuk berpisah.

48. Sebagian besar rusa kutub mempunyai nama jantannya, seperti Blitzen, Comet, dan Cupid. Namun, rusa kutub jantan melepaskan tanduknya pada hari Natal, oleh karena itu rusa kutub yang menarik kereta luncur Santa kemungkinan besar bukan rusa jantan tetapi rusa betina atau rusa yang dikebiri.

49. Menurut Guinness World Records, pohon Natal tertinggi adalah pohon cemara Douglas setinggi 221 kaki yang dipamerkan pada tahun 1950 di Northgate Shopping Center di Seattle, Washington.

semestafakta-221-foot-douglas-fir

50. Tiga warna tradisional Natal adalah hijau, merah, dan keemasan. Hijau sebagai simbol kehidupan dan kelahiran kembali; merah meyimbulkan darah Kristus, dan emas menyimbulkan cahaya, kemakmuran, dan keluhuran.

51. Berbeda dengan kepercayaan pada umumnya, tingkat bunuh diri selama liburan Natal adalah rendah. Tingkat bunuh diri paling tinggi dilakukan pada musim semi.

52. Kaos kaki Natal terbesar di dunia  berukuran 106 kaki dan 9 inci (32,56 m) panjangnya dan 49 kaki dan 1 inci (14,97 m) lebarnya. Beratnya setara dengan lima rusa kutub dan memegang hampir 1000 bingkisan hadiah. Kaos kaki ini dibuat oleh Children Society di London pada 14 Desember 2007.

semestafakta-the-worlds-largest-christmas-stocking semestafakta-the-worlds-largest-christmas-stocking2

53. Kaos kaki Natal berasal dari sebuah cerita yang mengisahkan seorang laki-laki miskin memiliki tiga orang anak perempuan yang tidak mampu memberikan maskawin untuk melakukan pernikahan. Pada suatu malam St. Nicholas menjatuhkan tas emas ke dalam cerobong asap rumah lelaki tersebut sehingga putrinya yang tertua bisa melangsungkan pernikahan dan tas tersebut masuk ke dalam kaos kaki yang dikeringkan oleh api.

54. Pohon Natal telah dijual di Amerika sejak tahun 1850.

55. Pohon Natal biasanya menunggu sekitar 15 tahun sebelum dijual.

56. Sebagian besar negara-negara di Eropa percaya bahwa ruh-ruh yang baik dan jahat keduanya beraksi pada Duabelas Hari Natal. Ruh-ruh ini segera masuk ke dalam kurcaci-kurcaci Santa terutama di bawah pengaruh Night Before Christmas nya Clement C. Moore (1779-1863) yang dijelaskan oleh Thomas Nast (1840-1902).

57. Setiap tahunnya ada sekitar 20.000 “Santa sewaan” (rent-a-Santas) di Amerika. Santa sewaan ini biasanya sudah dilatih tentang bagaimana cara agar tetap riang gembira meski mendapat tekanan dari khalayak umum. Mereka juga mendapat peringatan praktis seperti tidak menerima uang dari orang tua saat anak melihat dan menghindari bawang putih, bawang merah, atau buncis saat makan siang.

semestafakta-rent-a-santas

58. Rakyat Bolivia merayakan Misa del Gallo atau “Missa Ayam Jantan” (Mass of the Rooster) pada malam Natal. Banyak orang membawa ayam jantan atau jago di missa tengah malam, yaitu sebuah sikap yang melambangkan keyakinan bahwa ayam jantan adalah binatang pertama yang mengumumkan lahirnya Yesus.

59. Orang Inggris memakai mahkota dari kertas saat mereka makan malam pada perayaan Natal. Mahkota ini disediakan di pipa yang disebut dengan “Kue Natal” (Christmas cracker).

60. Selama perayaan Natal tahun 2010, pemerintah Kolombia menghias pohon hutan dengan lampu-lampu. Saat gerilyawan FARC (teroris) berjalan, pohon-pohon akan menyinari yang mengharuskan mereka meletakkan senjatanya karena menjadi terlihat. Ada 331 gerilyawan bergabung kembali dengan masyarakat dan kampanye tersebut memenangkan award karena strateginya yang cerdas.

semestafakta-columbian-christmas

61. Di Polandia, laba-laba dan rumah laba-laba biasa ada di pohon Natal karena menurut legendanya, seekor laba-laba membuat jaring laba-laba untuk membungkus Bayi Yesus. Orang Polandia menganggap laba-laba sebagai simbol kebaikan dan kemakmuran di Hari Natal.

62. New Zealand melarang penayangan seluruh iklan pada hari Natal, Paskah, Good Friday, dan Hari ANZAC.

63. Ucapan selamat Natal orang Inggris adalah “Happy Christmas”, bukan “Merry Christmas”, karena istilah “merry” bisa berarti “memabukkan”.

64. Alabama adalah negara bagian Amerika pertama yang resmi mengakui Hari Natal pada tahun 1836.

65. Hari Natal tidak dinyatakan resmi sebagai hari raya di Amerika sampai tanggal 26 Juni 1870.

66. Pada tahun 1962, perangko pertama Natal diluncurkan di Amerika.

67. Oklahoma adalah negara bagian Amerika terakhir yang menyatakan hari Natal sebagai hari raya yang diakui pada tahun 1907.

68. Ada dua pendapat tentang presiden pertama Amerika yang meletakkan pohon Natal di Gedung Putih. Ada yang berpendapat presiden Franklin Pierce meletakkan pohon natal pertama pada tahun 1856. Pendapat lain menyatakan presiden Benjamin Harrison yang memasukkan pohon Natal pertama di Gedung Putih pada tahun 1889. Presiden Coolidge memulai perayaan Natal di Gedung Putih pada tahun 1923.

69. Presiden Teddy Roosevelt, seorang pecinta lingkungan, melarang pohon Natal di Gedung Putih pada tahun 1901.

70. Istilah Evergreen (pohon cemara) berasal dari bahasa Inggris kuno aefie yang artinya “selalu” dan gowan yang artinya “tumbuh”. Pohon ini adalah simbol kehidupan abadi dan kelahiran kembali sejak zaman kuno. Suku-suku pagan yang menggunakan dan memuja pohon cemara berkembang menjadi pohon Natal Kristen.

semestafakta-evergreen semestafakta-evergreen2

71. Orang-orang kuno seperti orang Druid, menganggap Mistletoe (sejenis tanaman hijau) itu suci karena tanaman tersebut tetap hijau dan berbuah selama musim dingin saat semua tanaman nampak layu. Suku Druid akan memotong tanaman tersebut dengan sabit emas dan tidak membiarkan tanaman sampai jatuh menyentuh tanah. Mereka menganggap tanaman ini memiliki kekuatan mengobati kemandulan, penyakit gugup dan takut serta bisa menangkal kejahatan.

72. Mistletoe (Viscum album) berasal dari bahasa Anglo-Saxon “misteltan” yang artinya “ranting kotoran hewan kecil” karena tanaman ini menyebar melalui kotoran burung.

semestafakta-mistletoe semestafakta-mistletoe2

73. Karena mereka memandang Natal sebagai hari raya Katolik yang terbelakangmaka kaum Puritan di Amerika melarang perayaan Natal dari tahun 1659-1681 dengan hukuman bagi yang melanggar. Banyak pemimpin kaum Puritan mengutuk orang yang merayakan Natal sebagai musuh-musuh agama Kristen.

74. Kaum Puritan Oliver Cromwell melarang perayaan dan nyanyian Natal dari tahun 1649-1660. Perayaan yang diperbolehkan hanya khutbah dan sembahyang.

75. Antara tahun 1640 dan 1958, parlemen Skotlandia resmi menghapus perayaan Natal.

76. Para pemimpin gereja Boston melarang lagu “I Saw Mommy Kissing Santa Claus” pada tahun 1950-an karena dianggap “mempromosikan hubungan badan”. Penyanyinya, Jimmy Boyd, terbang ke Boston untuk menjelaskan kepada mereka bahwa lagu tersebut tidak mengandung hal-hal yang berbau cabul.

semestafakta-i-saw-mommy-kissing-santa-claus

77. Batang kayu Yule adalah batang kayu sangat besar yang dibakar khusus selama Duabelas Hari Natal (25 Desember-6 Januari). Beberapa sarjana menegaskan bahwa istilah ‘yule’ artinya ‘revolusi’ atau ‘roda’ yang menyimbulkan siklus perutaran matahari. Batang kayu bakar atau arangnya dianggap bisa memberikan kesehatan, kesuburan, dan keberuntungan serta mampu menangkal ruh dan kekuatan jahat.

78. Karena berbau syirik, maka tumbuhan Holly (berubungan dengan prinsip maskulin) dan tumbuhan Ivy (feminim) dan ranting hijau tumbuhan lainnya di rumah dilarang oleh Konsili Kristen Braga abad ke-6.

79. Tanaman poinsettia adalah tanaman asli Mexico yang ditanam oleh suku Aztec, yang disebut dengan tanaman Cuetlaxochitl (“bunga yang menjadi layu”). Bagi suku Aztec, warna merah tumbuhan melambangkan kesucian dan mereka sering menggunakanya untuk menurunkan demam. Berbeda dengan kepercayaan umumnya, tanaman Poinsettia adalah tidak beracun, tetapi buah berri holly yang beracun.

semestafakta-poinsettia semestafakta-poinsettia-2

80. Selama musim Natal, hampir 28 set permainan Lego terjual setiap detiknya.

81. Menurut lembaga anak-anak PBB (UNICEF), ada 2.106 juta anak di bawah usia 18 tahun di dunia. Jika rata-rata ada 2,5 anak per rumah, maka Santa akan berhenti mampir di 841 perhentian pada malam Natal, dengan melakukan perjalanan sejauh 221 mil. Untuk mencapai seluruh 842 perhentian, Santa harus mengunjungi pintu ke pintu dalam waktu 2/10.000 detik, yang berarti dia harus berjalan 12,19 juta mil (20,5 milliar meter) per detiknya pada masing-masing perhentian.

82. Pembuat kartu ucapan Natal pertama adalah ilustrator Inggris, John Horsley (1817-1903) pada tahun 1843, yang mendapat pesanan membuat kartu dari Sir Henry Cole (1808-1883).

semestafakta-john-callcott-horsley semestafakta-john-callcott-horsley2

83. Salah satu alasan kita meninggalkan susu dan kue untuk Santa adalah karena anak-anak Belanda akan meninggalkan makanan dan minuman untuk St. Nicholas pada hari perayaan tersebut.

84. Alasan kita meninggalkan wortel untuk rusa kutub Santa Claus adalah karena dalam mitologi Norse, orang meninggalkan jerami dan sesuatu yang menyenangkan untuk delapan kaki kuda Sleipnir nya dewa Odin “dengan harapan dewa akan singgah di rumahnya selama petualangan berburu Natal”. Anak-anak Belanda juga mengadopsi tradisi ini dan akan memperlakukannya untuk rumahnya St. Nick.

85. Cerita hantu yang menakutkan adalah tradisi Malam Natal yang sudah menghilang pada abad yang lalu.

86. Banyak restoran Denny yang selalu terbuka karena dibuat tanpa kunci mengalami masalah saat mereka harus tutup selama hari raya Natal untuk pertama kalinya pada tahun 1988.

semestafakta-denny-restaurant

87. Selama hari raya Natal tahun 1914 (Perang Dunia I), gencatan senjata diadakan antara Jerman dan Inggris. Keduanya mendekorasi shelter tempat perlindungannya, bertukar bingkisan hadiah dan bermain sepak bola antara keduanya.

88. Pada tahun 1918 dan selama 40 tahun yang lalu, provinsi Nova Scotia di Kanada mengirim pohon Natal raksasa ke kota Boston sebagai tanda terima kasih atas dukungannya setelah ledakan Halifax tahun 1917.

89. Pada tahun 1867, ada seorang industrialis Boston membaca buku Charles Dickens, berjudul A Christmas Carol dan kemudian dia tergerak menutup pabriknya pada Hari Natal dan memberi hadiah ayam kalkun kepada para pekerjanya.

90. Lagu Bohemian Rhapsody oleh Queen adalah satu-satunya lagu yang menduduki tangga lagu pertama Natal Inggris sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 1975 dan 1991.

semestafakta-bohemian-rhapsody

91. Partai Nazi berusaha merubah hari raya Natal menjadi hari raya non keagamaan yang merayakan kelahiran Hitler, dengan Saint Nicholas diganti dengan Odin “Solstice Man” dan Swastika berada di puncak pohon Natal.

92. Perusahaan kartu permainan Amerika, “Bicycle”, membuat kartu permainan dalam Perang Dunia II yang ketika kartu tersebut direndam maka akan terlihat rute untuk melarikan diri para POW (tawanan perang). Kartu ini adalah bingkisan hadiah untuk seluruh POW di Jerman.

semestafakta-bycicle

93. Orang Jepang makan KFC untuk makan malam Natal, yang merupakan keberhasilan pemasaran KFC selama 40 tahun yang lalu. KFC sangat populer di sana sehingga para pelanggan harus memesan untuk keperluan natalnya 2 bulan sebelumnya.

semestafakta-christmas-kfc semestafakta-christmas-kfc2

94. Penduduk Oslo, Norwegia mendonasikan pohon Natal Trafalgar Sqaure setiap tahun sebagai ucapan terima kasih kepada orang London yang telah membantu selama Perang Dunia II.

semestafakta-oslo-christmas-tree

95. Patung Liberty adalah hadiah kepada Amerika oleh Perancis pada hari Natal tahujn 1886, beratnya 225 ton dan dianggap sebagai bingkisan hadiah Natal terbesar di dunia.

96. Menu daging babi Natal, yang berasal dari tradisi pagan, telah disahkan oleh Gereja Katolik sebagai tes perubahan sungguh-sungguh dari Yahudi.

semestafakta-christmas-ham

97. Ada dua pulau di dunia yang dinamai dengan “Christmas”, yaitu pulau di Samudera Pasifik dan satunya di Samudera Hindia.

98. Pada perayaan Natal tahun 1377 yang diadakan oleh Raja Richard II dari Inggris dihidangkan 28 lembu jantan dan 300 kambing.

99. Raja William I naik tahta pada Hari Natal tahun 1066.

100. Asisten Thomas Edison adalah yang mempunyai ide tentang hiasan listrik untuk pohon Natal (meski kebenarannya belum jelas)