61 FAKTA MENARIK TENTANG KAMBOJA

No comment 11243 views

semestafakta-angkor-wat2

1. Bukti berdasarkan uji zat karbon menunjukkan bahwa Kamboja telah dihuni sejak awal tahun 4000 SM.

2. Istilah bahasa Inggris Cambodia berasal dari bahasa Perancis “Cambodge”.

3. Warga bagian timur Kamboja lebih banyak yang menggunakan nama “Kampuchea”.

4. Kamboja adalah jajahan Perancis selama 90 tahun dari tahun 1863 sampai 1953. Di bawah Raja Sihanouk, Kamboja menjadi negara merdeka dengan nama Kerajaan Kamboja. Kamboja diduduki Jepang selama Perang Dunia II dari tahun 1941 sampai 1945.

5. Perancis banyak memberikan pengaruh di Kamboja berupa arsitektur khususnya di wilayah Phnom Penh. Arsitektur gaya Paris nya mendapat julukan “Mutiara Asia” pada tahun 1920-an dan dijuluki dengan “Paris dari Timur”.

semestafakta-parisian-arsitctur

6. Bendera Kamboja adalah satu-satunya bendera negara di dunia (selain Afghanistan) yang bergambar bangunan, yaitu bangunan Angkor Wat.

semestafakta-cambodia-flag

7. Motto Kamboja adalah “Bangsa, Agama, Raja”.

8. Phnom Penh adalah ibu kota Kamboja. Phnom Penh secara bahasa artinya “Bukit Penh” (Phnom adalah bahasa Khmer yang artinye “bukit atau dataran tinggi”). Nama Phnom Penh juga karena daerah ini dibangun berawal dari kuil kecil yang dibangun di sana pada tahun 1372 oleh seorang wanita Khmer bernama Penh.

9. Agama resmi Kamboja adalah Buddha Theravada, yang dipeluk oleh 95% penduduk Kamboja. Salah satu aliran agama Buddha ini mengikuti ajaran Tipitaka atau dalil-dalil Pali, yaitu kumpulan teks ajaran Buddha paling kuno, yang pengikutnya mencapai 100 juta saat ini.

10. Raja sekarang Kamboja, Raja Agung Norodom Sihamoni adalah seorang sarjana dan tidak mempunyai anak, jadi tidak ada penerusnya yang menjadi syarat kelanjutan raja Kamboja berikutnya. Pada tanggal 14 Oktober 2004, Raja Agung Norodom Sihamoni terpilih dengan suara bulat oleh anggota konsili istana Raja Kamboja. Dia lhir pada hari Selasa, 14 Mei 1953 di Phnom Penh. Dia juga seorang pedansa ballet yang terlatih.

semestafakta-his-majesty-king-norodom-sihamoni

11. Bekas raja Kamboja, Norodom Sihanouk mendukung pernikahan gay selama beruasa di Kamboja.

12. Sebuah toilet senilai $40.000 dibangun untuk keperlaun pribadi Ratu Maha Chaktri Sirindhorn dari Thailand saat dia berkunjung ke Kamboja.

13. Perdana menteri Kamboja, Hun Sen, menjadi kepala negara termuda di dunia, dengan usia 32 tahun lebih 162 hari ketika menjabat sebagai perdana menteri Kamboja. Dia menjabat selama 25 tahun sampai dia berusia 74 tahun.

semestafakta-hun-sen

14. Pada tahun 2011 Hun Sen menyatakan jika ada seseorang yang berusaha mengadakan demontrasi melawan kekuasaannya, “Saya akan pukul seluruh anjing-anjing itu dan akan saya masukkan ke dalam sangkar”.

15. Selama perang Vietnam, Amerika juga membom Kamboja dari tahun 1963 sampai tahun 1973.

16. Rezim Khmer Merah melakukan genosida di Kamboja antara tahun 1975 dan 1979, dan membunuh sekitar setengah sampai tiga juta jiwa. Genosida ini berakhir ketika Vietnam menginvasi Kamboja.

semestafakta-pol-pot semestafakta-pol-pot2 semestafakta-pol-pot3

Bowls in hand, Cambodian refugee children wait their turn at a relief organization feeding station northwest of Phnom Penh, Jan. 9, 1975. The youngsters and their families fled the Phnom Baseth area following Khmer Rouge insurgent raids nearby. (AP Photo/Tea Kim Heang aka Moonface)

17. Jasad-jasad yang terbunuh selama genosida dikubur di “Ladang Pembantaian” (Killing Field). Istilah Ladang Pembantaian ini dinyatakan oleh jurnalis Kamboja, Dith Pran, setelah dia melarikan diri dari rezim Khmer Merah.

18. Khmer Merah bisa dikatakan sebagai organisasi gerilya Komunis, yang melawan pemerintahan Kamboja pada tahun 1960-an dan mengobarkan peperangan dari tahun 1970 sampai merebut kekuasaan pada tahun 1975.

19. Kamboja juga tempatnya “Gua Pembantaian” (the Killing Cave) Phnom Sampeau. Gua ini berisi tulang-tulang dokter, guru, laki-laki, perempuan, yang dibantai oleh rezim Khmer Merah.

semestafakta-the-killing-cave-of-phnom-sampeau3 semestafakta-the-killing-cave-of-phnom-sampeau2 semestafakta-the-killing-cave-of-phnom-sampeau

20. Communist Party of Kampuhea (CPK) atau Partai Komunis Kamboja dikenal dengan Khmer Merah, yang mulai berkuasa pada 17 April 1975. Meski demikian, keberadaan partai ini bergarak sembunyi-sembunyi sampai tahun 1977.

21. Pol Pot (nama aslinya Saloth Sar) juga dianggap sebagai salah satu diktator keji di dunia, yang ditetapkan sebagai sekretaris dan pemimpin partai pada tahun 1963.

semestafakta-pol-pot

22. Tujuan partai Khmer Merah ini adalah membangun negara tanpa kelas dengan berdasarakn pada perekonomian agraris pedesaan.

23. Selama berkuasa, partai ini mengabaikan perikemanusiaan dan melakukan kekerasan serta pembantaian massal. Hampir 2 juta penduduk menjadi korban selama periode tahun 1975 dan 1979.

24. Untuk mewujudkan Kamboja menjadi negara pedesaan, masyarakat tanpa kelas, maka sekolah-sekolah umum, pagoda, masjid, gereja, universitas, toko-toko dan bangunan-bangunan pemerintah ditutup atau dirubah menjadi penjara dan kamp-kamp konsentrasi. Di sana tidak ada transportasi umum atau pribadi, tidak ada kekayaan pribadi, dan tidak ada pertunjukan non revolusioner. Perkumpulan-perkumpulan dan diskusi umum dilarang selama periode ini.

25. Penjara paling terkenal di Kamboja dikenal dengan nama S-21 yang berisi 14.000 tahanan dan hanya ada 12 orang yang bertahan hidup. Khmer Merah yang bertanggaung jawab atas penahanan, introgasi, dan hukuman mati dari para tahanan.

semestafakta-s-21-prison3 semestafakta-s-21-prison2 semestafakta-s-21-prison

26. Tindakan yang paling brutal dari pemerintahan waktu itu adalah warga Kamboja dipaksa menanam sekitar tiga ton padi per hektarnya di seluruh Kamboja. Akibatnya, penduduk sipil dipaksa bekerja selama lebih dari 12 jam setiap harinya tanpa persediaan makanan dan istirahat yang cukup.

27. Di Kamboja terdapat pahatan dinosaurus kecil di dinding kuil di Ta Prohm. Ukiran ini mungkin mengindikasikan bahwa dinosaurus pernah tinggal di sini. Namun belum ada bukti yang menguatkan tentang hal ini.

semestafakta-temple-at-ta-prohm

28. Di Kamboja terdapat “klinik buta”, dimana kamu bisa memperoleh pesan dari penduduk yang buta. Orang-orang ini dilatih dengan seni memberi atau mengirimkan pesan sehingga mereka bisa menjalani hidupnya. Ada sekitar 1% penduduk Kamboja yang buta.

29. Pabrik Pepsi di Battambang yang beroperasi pada tahun 1960-an, terpaksi tutup pada tahun 1975 selama Khmer Merah menguasai Kamboja. Sekarang, pabrik ini sudah tidak beroperasi lagi.

30. Lebih dari dua setengah juta penduduk Kamboja hidup dengan penghasilan kurang dari $1,20 per harinya.

31. Meski Kamboja termasuk salah satu dari negara termiskin di Asia, tetapi Kamboja mendapat kunjungan 4,5 juta turis selama tahun 2014, dan diperkirakan mencapai 2 juta setiap tahunnya sejak tahun 2007. Turisme jelas berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi Kamboja.

32. Angkor Wat adalah monumen agama terbesar di dunia, yang luasnya mencapai 162.2 hektar. Bangunan ini dibangun oleh Raja Khmer Suryawarman II dari tahun 1112 sampai 1150 untuk menghormati dewa Hindu Wisnu. Kuil ini awalnya adalah kuil Hindu namun berangsur-angsur menjadi kuil Buddha pada akhir abad ke-12.

semestafakta-angkor-wat4 semestafakta-angkor-wat3 semestafakta-angkor-wat2

semestafakta-khmer-king-suryavarman-ii

 

33. Istilah Angkor Wat berasal dari bahasa Khmer yang artinya adalah “Kota Kuil atau Candi ”.

34. Nama Angkor juga menjadi nama beer terkenal di Kamboja.

semestafakta-angkor-beer

35. Pendeta Portugis, António da Madalena, salah satu pengunjung Angkor Wat pertama dari Barat, menyatakan bawah Angkor Wat “adalah bangunan yang sangat luar biasa yang tidak mungkin bisa digambarkan dengan tulisan”.

36. Hampir separo dari turis yang berkunjung ke Kamboja adalah untuk melihat Angkor Wat.

37. Yang aneh dari Angkor Wat yang berbeda dengan kuil-kuil lainnya adalah kuil ini menghadap ke barat, yaitu arah yang berhubungan dengan kematian. Aturannya pada waktu itu adalah kuil menghadap ke timur. Alasan arah kuil ke barat belum diketahui, namun pada umumnya bangunan tersebut memang untuk pemakaman.

38. Angkor Wat ditemukan oleh penjelajah Perancis pada abad ke-19.

39. Angkor Wat masuk dalam UNESCO World Heritage Site sejak tahun 1992.

40. Angkor Wat pernah menjadi lokasi pembuatan film “Tomb Raider” yang menghabiskan dana sebesar $10.000 per harinya selama tujuh hari pembuatan.

41. Kamboja masuk dalam salah satu negara paling korup di dunia.

42. Sektor garmen dan sepatu atau sandal juga merupakan sektor pendukung perekonomian Kamboja. Lebih dari 600.000 warga Kamboja bekerja di kedua sektor tersebut yang mayoritas terdiri dari pekerja wanita.

43. Tonle Sap (Danau Besar) di Kamboja mempunyai ukuran 2.590 kilometer persegi pada musim kering dan ukurannya bertambah menjadi sekitar 24.605 kilometer persegi selama musim hujan. Inilah genangan atau banjir yang luar biasa. Daerah ini juga berpenduduk padat dan menjadi tempat penanaman padi basah. Wilayah ini juga dijuluki dengan “Jantung Daratan Kamboja” (the hearthland of Cambodia). Danau Tonle Sap juga merupakan danau ari asin terbesar di Asia Tenggara.

semestafakta-tonle-sap semestafakta-tonle-sap-3 semestafakta-tonle-sap-2

44. Kamboja adalah negara yang sangat cepat mengalami penggundulan hutan dan merupakan salah satu yang tertinggi di dunia. Menurut perkiraan, antara tahun 1990 dan 2005 Kamboja telah kehilangan hampir 25.000 kilometer persegi hutan. Alasan penggundulan ini adalah penebangan liar oleh para penyelundup untuk mendapatkan uang.

45. Di Kamboja terdapat 1,3 juta sepeda motor kecil (mopend) untuk penduduk 1,5 juta jiwa. Jadi, kamu bisa menemui sepeda motor hampir di setiap tempat di Kamboja.

semestafakta-cambodia-mopeds-2 semestafakta-cambodia-mopeds-3 semestafakta-cambodia-mopeds

46. Orang Kamboja tidak merayakan hari ulang tahunnya, bahkan banyak penduduk terutama yang generasi tua tidak tahu berapa usianya.

47. Meyoritas penduduk Kamboja terbilang muda, kebanyakan mereka berusia di bawah usia 20 tahun.

48. Upacara pemakaman terbilang sangat mahal di Kamboja, yang per orangnya bisa menghabiskan rata-rata $9.000 dan prosesi lainnya bisa sampai 49 hari, setelah sebelumnya jasad mayat diawetkan dulu selama 7 hari.

49. Pernikahan tradisional Kamboja bisa sampai tiga hari dan tiga malam.

50. Sampeah adalah cara orang Kamboja menghormati atau mengucapkan selamat kepada orang lain. Ada lima cara yang berbeda untuk menghormati orang lain menggunakan Sampeah tergantung pada usia, kedekatan dan status sosialnya.

semestafakta-sampeah semestafakta-sampeah-2

51. Duduk dengan mengarahkan kaki langsung ke orang yang berada di depannya dianggap tidak sopan. Duduklah dengan kaki ditekuk agar ujung kaki tidak mengarah ke luar.

52. Dalam bahasa Khmer, beras dan makanan adalah bermakna sama.

53. Orang Kamboja percaya bahwa menghitung suara tokek bisa menjadi petunjuk kamu akan menikah dengan siapa. Suara pertama tokek menunjukkan kamu akan menikah dengan seorang jejaka/perawan, suara tokek kedua berarti kamu akan menikah dengan janda/duda, suara tokek ketiga menunjukkan pasangan kamu nanti adalah kembali lagi ke perjaka/perawan dan seterusnya diulang-ulang sampai suara tokek berhenti.

54. Tahun Baru Buddha yang dirayakan setiap bulan April dianggap sebagai Tahun Baru Khmer atau “Chaul Chnam Thmey”, yang mirip dengan perayaan Songkran di Thailand dan Myanmar. Perayaan ini dirayakaj dengan saling lempar air atau bedak.

semestafakta-chaul-chnam-thmey3 semestafakta-chaul-chnam-thmey2 semestafakta-chaul-chnam-thmey

55. Bonn Om Teuk atau Festival Air dirayakan pada bulan November pada terakhir musim hujan, saat Sungai Mekong surut dan dimeriahkan dengan balap sampan.

semestafakta-the-bonn-om-teuk

56. Balap perahu tradisional, karpan kerbau, Pradal Serey, gulat tradisional Khmer dan Bokator adalah olahraga lokal Kamboja.

57. Di Kamboja tidak ada McDonald (selain di Ghana, Islandia, Bolivia, dan Yaman), namun dia mempunyai jenis fast food tersebut dengan memakai namanya sendiri, yaitu “Lucky Burger”

semestafakta-lucky-burger2 semestafakta-lucky-burger

58. Leak Kon Saeng adalah permainan yang populer di Kamboja yang sama dengan permainan “Duck Duck Goose”. Permainan tradisional lainnya adalah Ang Kunh.

59. Sapi hutan, yang disebut dengan kouprey, adalah binatang nasional Kamboja, yang terkenal karena tanduknya yang panjang dan berulir, dan termasuk binatang langka di dunia.

semestafakta-kouprey

60. Pub Street di Siem Reap adalah pusat hiburan malam yang terkenal di Kamboja yang berisi bar-bar, pub, nightclub dan restoran internasional, yang harus dikunjungi pertama kali ketika menginjakkan kaki di Kamboja.

semestafakta-pub-street-siem-reap-2 semestafakta-pub-street-siem-reap

61.  Makanan khas Kamboja adalah Bai Sach Chrouk (nasi daging babi), Amuk Ikan, Kare Khmer Merah, Lap Khmer, Nom Banh Chok, Kdam Chaa (Kepiting goreng), Ang Dtray, Cha Houy Teuk, dan masih banyak

semestafakta-bai-sach-chrouk semestafakta-cha-houy-teuk semestafakta-fish-amok semestafakta-kdam-chaa semestafakta-khmer-red-curry

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

semestafakta-nom-banh-chok