105 FAKTA MENARIK TENTANG SEPATU DAN SANDAL

No comment 2015 views

semestafakta-shoe

1. Menurut para ilmuwan Amerika, sepatu pertama banyak digunakan antara 40.000 dan 26.000 tahun yang lalu. Jari kaki kecil manusia menjadi lebih lemah pada zaman ini, kata antropolog Erik Trinkaus, yang meneliti skor tulang kaki manusia pertama. Dia mengaitkan perubahan anatomi ini dengan penemuan sepatu yang kasar dan berat, yang telah mengurangi kebutuhan kita akan jari yang kuat dan fleksibel untuk menjaga keseimbangan.

2. Gambar atau lukisan sepatu pertama yang terkenal adalah sepatu boot yang terdapat di gua Spanyol kuno yang telah berusia 15.000 tahun.

3. Sepatu kulit tertua dalam sejarah adalah model sepatu sandal bangsa Indian yang atasnya bertali, berumur 5.550 tahun yang ditemukan di gua Armenia pada tahun 2010.

4. Sandal tertua yang masih ada ditemukan di Gua Fort Rock, Oregon Amerika. Sandal ini terbuat dari kulit tumbuhan yang harum baunya (sage) dan dipakai selama musim panas oleh suku pribumi Amerika. Tes radio karbon menunjukkan sandal ini telah berusia 10.000 tahun.

semestafakta-sandals-in-fort-rock-cave

5. Selama berabad-abad terdapat nama yang bermacam-macam untuk sandal. Nama sandal sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno “Sandalon” yang artinya “sepatun kayu”.

6. Sandal flip flop (japit) tertua adalah peninggalan tahun 1550 SM dan 1307 SM, yang digali di Eropa dan terbuat dari daun papirus.

7. Sandal Flip-Flop sudah dipakai sejak Zaman Batu berdasarkan penemuan lukisan di gua. Tanggal 19 Juni diperingati sebagai “Hari Flip-Flop”.

8. Saat mumi peninggalan Ötzi Manusia Es digali dari glacier Alpine yang telah menguburnya, para peneliti menemukan dia memakai sepatu dengan alas sepatu dari kulit beruang.

9. Sejarah perkembangan manusia memperlihatkan pentingnya melindungi kaki. Cerita-cerita dari Mesir, Cina, dan peradaban awal lainnya semuanya merujuk kepada sepatu. Sepatu berulang-ulang disebut dalam Bibel dan agama Yahudi menggunakan sepatu dalam banyak hal dengan sah khususnya untuk mengikat persetujuan.

10. India mempunyai sandalnya sendiri yang dinamakan Kolhapuri chappal, yang artinya “tombol jari kaki” (toe knob). Sandal India tertua dinamakan “Paduka” yang tidak memepunyai tali selempang dan hanya satu pegangan yang berada diantara jari ke satu dan kedua.

semestafakta-kolhapuri-chappal semestafakta-kolhapuri-chappal2

11. Ada banyak nama lain dari sandal Flip-Flop, yaitu Zori (Jepang), Thong (Australia), Jandal (suku Kiwi), Schlapfen (Jerman), Tsinelas (Filipina), Hawai Chappal (India dan Pakistan), Slop (Afrika Selatan), dép tông atau dép xỏ ngón (Vietnam), Chinelos (Brazil), Japonki (Polish), Sayonares (Yunani), Djapanki (Bulgaria), Vietnamki (Russia dan Ukraina), Dacas (Somalia), Tongs (Kamboja).

12. Samdal Flip-Flop terkenal di Amerika setelah para tentara kembali dari Perang Dunia II dengan membawa sandal Zori Jepang. Pada tahun 1950-an, mereka memproduksi masa; dengan berwarna-wrni dan dipakai di seluruh Amerika.

13. Pada permulaan abad ke-10, Kaisar Li Yu dari Dinasti Tang Selatan di Cina memerintahkan salah satu dari budak perempuannya membalut kakinya dengan pita sutera dan berdansa di panggung yang dipenuhi dengan bunga lotus emas. Sejak saat itu, membalut kaki sering dikenal dengan istilah lotus emas (golden lotus).

14. Membalut atau mengikat kaki untuk merubah bentuk kaki dengan ukuran kecil adalah sebagai simbol kecantikan dan menawan. Seorang gadis yang akan dinikahi akan dilihat dulu penampilan kakinya.

semestafakta-golden-lotus semestafakta-golden-lotus2 semestafakta-golden-lotus3

15. Sejak mengikat kaki sudah tidak mungin lagi bagi perempuan, maka banyak petani tidak lagi melakukannya. Mereka kemudian bisa bekerja di ladang padi, pabrik the. Mereka leluasa menggunakan kakinya.

16. Sepatu para wanita istana selama Dinasti Wing (1644-1911) berwarna merah. Dengan bentuknya yang cantik dan mempunyao sol sepatu yang tebal.

17. Dari sisi jenis sepatu, sepatu bordir model Cina, yang dianggap sebagai kombinasi sempurna budaya sepatu dengan seni bordir, adalah 100 persen buatan tangan oleh orang-orang Cina. Sepatu ini berasal dari tradisi Cina dan dianggap sebagai “Sepatu Cina”.

semestafakta-chinese-style-embroidered-shoes semestafakta-chinese-style-embroidered-shoes2

18. Sepatu Nikah Keberuntungan. Selama acara pernikahan, pengantin perempuan biasanya mengenakan sepatu nikah spesial. Misalnya, di provinsi Fujian Selatan, pengantin wanita memakai sepatu bordir dengan pola-pola kura-kura dan rusa, yang menyimbulkan keberkahan, kebahagiaan dan pernikahan yang abadi.

semestafakta-auspicious-wedding-shoes

19. Di Cina salah satu sepatu merah pengantin wanitanya dilempar ke atap untuk menjamin kebahagiaan bagi pasangan pengantin.

20. Pengantin mempelai laki-laki Hongaria akan meminum untuk memberi selamat dari sepatu mempelai wanita

21. Pada zaman kuno, kaum laki-laki ditunjuk sebagai Qian (simbol surga di Delapan Trigram, atau delapan energi dalam seni perang T’ai chi), dan kaum wanita sebagai Kun (simbol bumi dalam Delapan Trigrams). Oleh karena itu sepatu wanita dinamakan sepatu Kun.

22. Pada masa Dinasti Han (106 SM – 220 M), saat wanita menikah, biasanya dia akan memakai sepasang sandal kayu yang dicat dengan pola berwarna-warni dan dipasang pita berwarna-warni, yang semua itu merupakan simbol keberuntungan.

23. Pada zaman Dinasti Selatan (420-589), jika laki-laki akan menikah, maka dia pertama kali akan berkunjung ke calon wanitanya dengan memberikan sepasang sepatu sutera sebagai hadiah. Kebiasaan ini berlangsung terus di banyak tempat, seperti di kota Ningbo dan Yinxian selama periode Guangxu.

24. Ada tradisi menarik yang dinamakan “memilih sepatu” (sifting shoes) di kalangan suku Minoritas Etnis Zhuang sekarang. Saat dua orang akan melangsungkan pernikahan, kakak mempelai wanita akan mengantarkannya ke keluarga mempelai laki-laki. Kemudian upacara pernikahan dimulai, dimana mempelai laki-laki dan wanita akan menundukkan kepalanya untuk orang tua pengantin laki-laki. Setelah itu, kakak pengantin perempuan akan bernyanyi bersama sebelum keluarga pengantin laki-laki keluar dari jamuan pernikahan, yang menyajikan ritual teh dan anggur. Setelah kakak pengantin perempuan mulai akan meninggalkan acara tersebut, ada seorang pemuda membawakan saringan (kaleng penyaring) dan mulailah pengantin perempuan “memilih sepatu”

25. 4000 tahun kemudian sepatu pertama dibuat dari sepotong kulit binatang yang membungkus kaki untuk menghangatkan sekaligus melindungi kaki

26. Di Eropa, sepatu lancip sangat terkenal dari abad ke-11 sampai abad ke-15.

27. Di Eropa pada abad ke-16 dan 17, hak sepatu selalu berwarna merah.

28. Di Eropa antara sepatu laki-laki dan perempuan tidak dibedakan sampai abad ke-18.

29. Sepatu dengan hak pertama kali dibuat untuk kaum lelaki. Hak sepatu menandakan kekayaan dan kebangsawanan. Di saming itu, hak sepatu juga membantu kaum laki-laki sebagai pemijak kaki saat berkuda.

30. Hak tinggi untuk kaum wanita awalnya berasal dari Catherine de Medici, seorang bangsawan wanita Italia abad ke-16 yang posturnya pendek dan ingin terlihat lebih menarik dan tinggi saat dia sampai di Perancis untuk menikah dengan Raja Henry.

semestafakta-catherine-de-medici

31. Di Timur Tengah hak pada sepatu ditambahkan untuk melindungi kaki dari panasnya pasir gurun.

32. Sepatu awalnya sama, tidak ada perbedaan antara sepatu sebalah kanan dan kiri, sampai abad ke-19, ketika sepatu kanan dan kiri dibuat pertama kali di Philadelphia.

33. Pada tahun 1858, seorang pembuat sepatu, Lyman R. Blake, menemukan mesin untuk menjahit sol sepatu untuk kalangan atas. Hak patennya dibeli oleh Gordon McKay, yang digunakan untuk menghasilkan penemuan Blake. Sepatu-sepatu yang dibuat dengan mesin ini dinamakan dengan “McKays”

semestafakta-lyman-r-blake

34. Pada masa kekuasaan Wiliam Rufus Inggris, pada abad ke-11, pesolek terkenal, “Robert, Bertanduk”, menggunakan sepatu dengan ujung runcing, dan ditekuk ke atas seperti tanduk kambing jantan.

35. Orang Romawi kuno memakai dua jenis sepatu, yang pertama adalah Solea atau sandal yang terdapat sol di bagian bawahnya dan dipakai ketika di rumah dan di perusahaan. Yang kedua adalah Calceus, yang menutupi seluruh kaki dan selalu dipakai bersama dengan pakaian toga saat orang bepergian keluar.

36. Pada tahun 1875, mesin untuk membuat macam-macam jenis sepatu ditemukan, yang dikenal dengan Goodyear Welt Sewing Machine (Mesin Jahit Bilur Goodyear), yang digunakan untuk membuat Bilur (potongan kulit, karet, atau plastik yang mengelilingi soal bagian luar sepatu) dan belokan sepatu. Mesin ini mengalami kesuksesan di bawah manajemen Charles Goodyear, Jr., anak seorang penemu terkenal proses vulkansir karet atau ban.

semestafakta-goodyear-welt-sewing-machine3 semestafakta-goodyear-welt-sewing-machine4

37. Pada abad ke-18, dikeluarkan undang-undang untuk membuat jalan beraspal di kota-kota untuk memudahkan berjalan wanita yang memakai sepatu hak tinggi.

38. Meski semuanya terjadi penurunan selama Perang Dunia II, namun sepatu berhak tinggi tetapi sangat digemari. Para desainer menciptakan hak yang tinggi dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak masuk akal seperti bahan dari jerami kayu dan kulit ular.

39. Roger-Henri Vivier berjasa menemukan (atau setidaknya memopuleran) hak sandal stiletto heel (belati) pada tahun 1950-an. Sepatu hak tinggi Stiletto dirancang oleh Roger Emanuel pada tahun 1954. Istilah “Stiletto” berasal dari bahasa Latin yang artinya “pisau kecil”.

semestafakta-stiletto-heel-2 semestafakta-stiletto-heel

40. Sepatu dan sandal pertama diciptakan berdasakan keadaan lingkungannya. Misalnya, sandal pertama dibuat oleh orang Mesir untuk melindungi kaki dari panasnya pasir dan sepatu kulit binatang diciptakan pada periode akhir Zaman es.

41. Sepatu boot awalnya dipakai di musim dingin, di wilayah pegunungan dan daerah yang panas, di padang pasir tempat tinggal para penunggang kuda. Hak pada sepatu boot akan melindungi kaki.

42. Sandal berasal dari daerah beriklim panas dimana sol sandal atau sepatu diperlukan untuk melindungi kaki.

43. Sepatu boot yang dipakai koboi Mexico panjang ujungnya bisa mencapai 1 meter.

semestafakta-mexico-cowboy-boot semestafakta-mexico-cowboy-boot2

44. Chopine, yaitu sepatu yang dipakai pada abad ke-16 di Venice, tingginya bisa mencapai 74 cm.

semestafakta-chopine2 semestafakta-chopine3

45. Audrey Hepburn adalah yang membuat sepatu tanpa tali untuk kaum wanita. Dalam film “Funny Face”, dia memakai desain terkenal terkini dari Salvatore Ferragamo.

semestafakta-audrey-hepburn

46. Nama di belakang merek sepatu terkenal Jimmy Choo, mendesain dan membuat sepatunya pertamanya ketika berumur 11 tahun. Dia lahir dari keluarga pembuat sepatu, yang ayahnya mengajarinya membuat sepatu.

semestafakta-jimmy-choo semestafakta-jimmy-choo2

47. Sebagai putri pertama Filipina dari tahun 1965 sampai 1986, Imelda Marcos menikmati banyak kemewahan. Ketika keluarga Marcos melarikan diri dari Filipina, istana Malacañan menemukan 15 mantel bulu binatang, 508 pakaian wanita, 1000 tas, dan lebih dari 1056 pasang sepatu. Koleksi sepatunya kalau ditumpuk tingginya dua kali tinggi menawar Eiffel. Kemewahan tersebut kontras dengan negaranya yang rakyat masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan.

semestafakta-marcon-shoes-collection semestafakta-marcon-shoes-collection2

48. Ada seorang wanita di Florida mengoleksi 733 pasang sepatu karet merek Converse. Pensiunan guru bernama Penny Gold ini menghabiskan 15 tahun dan $15.000 untuk koleksinya.

49. Marie Antoinette mempunyai 500 pasang sepatu dan dia dilaporkan dihukum mati saat sedang memakai sepatu berhak tinggi.

50. Celine Dion mencintai sepatupenyanyi keturunan Perancis-Kanada memiliki 3000 pasang sepatu. Dia mengaku bahkan memiliki sepatu yang bukan ukuarannya, karena dia akan membeli sepatu yang disukainya, bukan ukurannya.

semestafakta-celine-dion

51. Sepatu Oliver Sweeney edisi terbatas mempunyai lubang terpisah di sol sepatunya yang didesain untuk membawa dan menyimpan miniatur whiskey Scotch Johnie Walker Red Label. Di sol sepatunya ada papan tembus pandang untuk memamerkan tempat minuman keras kepada temanmu saat kamu ingin memperlihatkan sol sepatu kamu sambil menawarkan mereka minuman.

semestafakta-the-limited-edition-oliver-sweeneys-brogues

52. Sepatu tanpa hak, yang disebut juga dengan Cantilever, dibuat pada awal tahun 1930-an dengan bantalan atau cagak yang ditempatkan di lengkungannya.

semestafakta-cantilever

53. Raja Edward II menyatakan bahwa cara untuk mengukur sepatu adalah dengan menggunakan biji gandum. Tiga biji gandum sama dengan 1 inci.

54. Desainer terkenal Salvatore Ferragamo pernah kepepet karena kekurangan bahan logam atau baja pada tahun 1940-an. Dia kemudian muncul ide untuk menggunakan bahan dan desain yang berbeda dan ditemukanlah sepatu pavorit musim panas yaitu Wedge.

semestafakta-wedge semestafakta-wedge2 semestafakta-wedge3

55. Menurut The New York Times, pada akhir tahun 1800-an, orang mulai menggunakan istilah sneaker karena sol karet sepatu membiarkan kamu “mencuri” tanpa mengeluarkan suara.

56. Banyak orang salah mengucapkan Teva. Yang benar adalah Tev-AH.

57. Sepatu boot pertama dirancang untuk Ratu Victoria pada tahun 1840.

semestafakta-queen-victoria-boot

58. Ketika orang memimpikan sepatu, itu bukan hanya bermimpi untuk pergi shopping membeli sepatu. Sepatu merepresentasikan cara bagaimana kamu mendekati hidup. Jika kamu memimpikan memakai sepatu itu berarti bahwa kamu bisa membumi. Merubah sepatu kamu berarti merubah peran, keyakinan, atau cara kamu memandang sesuatu.

59. Memimpikan sepatu berkaitan dengan menapaki beberapa jalan dalam kehidupan kita. Jika kamu memakai sepatu ketat, berarti jalan yang kamu lalui itu sulit dan penuh penderitaan. Sepatu yang nyaman menandakan kamu berada di tempat yang menyenangkan dalam hidupmu dan penuh dengan kesuksesan. Membeli sepatu adalah sebagai tanda kamu masih harus melangkah sampai kamu meraih tujuannya.

60. Saat kamu bertemu seseorang maka secara tidak sadar pertama kali yang kamu lihat adalah sepatunya.

61. Ada sepatu yang dilengkapi dengan GPS, yang dinamakan “No Place Like Home” yang bisa menunjukan rumah kamu dengan mengklik hak sepatu tiga kali secara bersamaan

semestafakta-no-place-like-home semestafakta-no-place-like-home2

62. Desain sepatu ballet sedikit mengalami perubahan selama 200 tahun terakhir. Bill Nye yang merancang Sepatu Toe yang melindungi kaki para pedansa dan mencegah kemungkinan terluka.

63. Sepatu paling mahal di dunia adalah Ruby Slippers dari Rumah Harry Winston, seharga $3.000.000. Sepatu ini dihiasai dengan 4.600 batu merah delima 1.350 karat. Sepatu ini pernah dipakai oleh Judy Garland dalam film The Wizard of Oz.

semestafakta-judy-garland2

64. Warna sol sepatu terkenal Christian Louboutin adalah untuk menghormati lukisan Warhol berjudul “Flowers”. Sepatu ini awalnya dicat dengan cat kuku berwarna merah.

65. Sepatu paling besar di dunia berukuran panjang 17 kaki dan lebarnya 8 kaki. Sepatu ini cukup untuk 30 kaki orang dan dipamerkan di Museum Sepatu Marikina Filipina.

66. Sandal terbesar di dunia adalah sandal yang dipakai Patung Liberty di New York City, yang berukuran 879.

67. Karakter Carrie Bradshaw, yang dimainkan oleh Sarah Jessica Parker dalam Sex in the City, adalah sangat mencintai sepatu melebihi segalanya. Diperkirakan koleksi sepatu karakternya mencapai nilai $40.000.

semestafakta-carrie-bradshaw

68. Sepatu ujung terbuka diperkenalkan pada tahun 1930-an bersamaan dengan munculnya kebiasaan berjemur.

69. Sepatu boot Dr. Martens diciptakan dengan sol bantalan udara yang dikhususkan bagi laki-laki pada tahun 1960-an. Pemuda punk Inggris tahun 1970-an memakai sepatu boot ini dan menjadikannya ciri khas sepatunya sampai sekarang.

70. Jika kamu pernah bertamu ke rumah orang di Jepang, maka lepaskan sepatumu. Sandal dan sepatu tidak dipakai di dalam rumah, dan sebagai gantinya kamu akan dipinjami sandal yang dinamakan Uwabaki.

semestafakta-uwabaki

71. Menurut sebuah penelitian, rata-rata wanita Amerika memiliki 19 pasang sepatu tetapi yang sering dipakai hanya 4 pasang.

72. Sandal Hawaianas awalnya terinspirasi oleh sandal Zori Jepang yang mempunyai alas sandal berpola gabah padi.

semestafakta-japanese-zori-sandal semestafakta-japanese-zori-sandal3

73. Meski susah menemukan fotonya di internet, namun Jeffrey Campbell adalah benar-benar ada.

74. Menurut Glamour, rata-rata kaum wanita akan membeli 469 pasang sepatu selama hidupnya. Mereka akan menghabiskan $25.000 untuk beli sepatu sepanjang hidupnya.

75. Madonna adalah salah satu wanita yang paling elegan di dunia. madonna adalah kolektor sepatu. Lemari sepatunya sekarang berisi ratusan pasang sepatu. Beberapa sepatunya sangat berharga dan mahal dan serta mudah pecah, sehingga dia menyimpannya dengan penuh hati-hati, dengan dibungkus dalam kertas sutera. Madonna juga memakai sepatu yang kurang mewah seperti Adidas atau Converse. Biasanya dia akan membeli sepatu baru jauh sebelum model sepatu tersebut muncul di toko.

76. Penelitian baru menemukan bahwa rata-rata wanita akan memakai sepatu ketika usia 12 tahun dan berlanjut sampai mereka berusia 63 tahun.

77. Ada mitos dan takhayul tentang sepatu. Mimpi kehilangan sepatu akan menderita sakit. Kepercayaan ini berasal dari takhayul di pedesaan kuno di Inggris yang menganjurkan untuk membakar sepatu lama yang sudah berbau busuk di rumah untuk mencegah masuknya penyakit ke dalam rumah. Sepatu berdebu menunjukkan perjalanan yang tidak dapat diduga dan sepatu kinclong menandakan kebahagiaan dalam cinta.

78. Di dunia Barat, melemparkan sepatu boot di ombak air baling-baling kapal yang akan berangkat dianggap bisa untuk memastikan keselamatan seorang nelayan sampai kembali ke rumah. Tradisi ini dilakukan di zaman sekarang dengan mengikatkan sepatu pada bumper mobil setelah perawinan. Hal ini dilakukan untuk (1) menjamin kebahagiaan kehidupan rumah tangga; (2) menjaga suami agar tidak bepergian; (3) semua jalan yang dilalui keluarga akan selalu kembali ke rumah.

79. Dalam masalah percintaan, jika sepatu diletakkan di sisi kiri tempat tidur dalam bentuk “T” maka menunjukkan visi cinta kamu akan memanggil-manggil dalam mimpi kamu. Jangan meletakkan sol sepatu di bawah tempat tidur, karena akan menyebabkan mimpi buruk dan kram.

80. Meletakkan sepatu caddywampus di jalan pintu adalah cara yang baik mengecoh agar setan tidak masuk ke pintu kamu. Meletakkan satu sepatu dengan ujungnya menghadap ke luar pintu dan satunya lagi menghadap ke dalam pintu akan membingungkan setan kecil dan menjaga rumah kamu dari kejahatan.

81. Meletakkan sepatu di atas meja menyimbulkan kematian. Kepercayaan takhayul ini berasal dari masa hukuman gantung dimana para narapidana digantung dengan menggunakan tali sepatu sepatunya.  Untuk melepaskan jeratannya, sepatunya akan tiletakkan di atas meja.

82. Menurut etika Jepang, sandal atau sepatu harus dilepas ketika akan memasuki rumah, kemudian memakai sandal khusus di dalam rumah.

83. Dalam agama Islam, saat memakai sepatu maka dimulai dengan yang sebelah kanan dan saat melepas maka dimulai dari yang sebelah kiri. Jangan berjalan dengan hanya memakai satu sandal atau sepatu, lebih baik dipakai semuanya atau dilepas sekalian.

84. Menurut aturan Yahudi (Shulchan Aruch), saat memakai sepatu dahulukan kaki yang sebelah kanan dan saat melepasnya dahulukan yang sebelah kiri. Hal ini karena keyakinan bahwa kanan itu lebih penting dibandingkan kiri.

85. Dalam sejarah hari berkabung, Tisha b’Av, orang Yahudi dilarang memakai sepatu kulit. Larangan tersebut juga berlaku pada Yom Kippur untuk memperlihatkan penyesalan dan penebusan dosa. Dalam Kitab Isaiah (20:2), Isaiah diperintah melepaskan sandalnya sebagai tanda berkabung. Sepatu juga berperan dalam masa berkabung karena kematian. Selama periode Shiva, tujuh hari berkabung, sepatu kulit tidak boleh dipakai. Pada zaman Talmudik, pembawa kain penutup peti matai dan orang yang berkabung bertelanjang kaki.

semestafakta-tisha-bav semestafakta-tisha-bav2

86. Persoalan sepatu juga muncul dalam pemakaman kaum Yahudi. Jasad mayat bisa dipakaikan sepatu namun hanya sepatu yang terbuat dari linen atau katun.

87. Jika kamu akan masuk ke teater di Winnatka, Illinois, maka kamu harus melepas sepatu dan sandal.

88. Memakai sepatu dengan tali tidak diikatkan di jalanan di Maine dianggap ilegal.

89. Di Ohio, kaum wanita dilarang memekai sepatu kulit di tempat umum.

90. Di Dakota Utara, tidur dengan memakai sepatu dianggap melanggar hukum.

91. Musium Sepatu Bata berada di Toronto, Kanada. Inilah satu-satunya museum sepatu di Amerika Utara. Museum ini mengoleksi sepatu dari zaman modern sampai sepatu peninggalan tahun 2500 SM.

semestafakta-the-bata-shoe-museum semestafakta-the-bata-shoe-museum2 semestafakta-the-bata-shoe-museum3

92. Ada 80 orang ahli yang membuat sepatu hak tinggi Stuart Weitzman, yang pembuatannya akan memakan waktu 6 sampai 7 minggu.

semestafakta-stuart-weitzman-heels semestafakta-stuart-weitzman-heels2

93. Ada beberapa pepatah atau ungkapan tentang sepatu, misalnya “Saya menangis karena saya tidak mempunyai sepatu, kemudian saya bertemu dengan orang yang tidak mempunyai kaki”. “Sebelum kamu mengkritik seseorang, kamu harus berjalan satu mil dengan bersepatu. Itulah jalan saat kamu mengkritik mereka, kamu satu mil jauhnya dari mereka dan kamu mempunyai sepatunya”. “Jangan kamu buang sepatumu yang sudah usang sampai kamu mempunyai yang baru”.

94. Para penggemar dan pengoleksi sepatu hak tinggi dinamakan Altocalciphilia.

95. Tahukah kamu perusahaan sepatu besar di dunia, Nike, adalah berasal dari nama dewa Yunani. Dalam mitologi Yunani Dewa Nike menggambarkan dewa kemenangan, kekuatan dan kecepatan.

semestafakta-nike semestafakta-nike2

96. Tahukah kamu, slogan sepatu Nike, “Just do it” adalah terinspirasi dari kata terakhir yang diucapkan seseorang ketika akan dihukum mati: “Just do it” (Lakukan saja!)

semestafakta-just-do-it

97. Pendiri Nike, Bill Bowerman terinspirasi oleh cetakan kue saat dia menciptakan soal sepatunya.

semestafakta-bill-bowerman

98. Air Force 1 adalah sepatu basket pertama yang menggunakan teknologi Nike Air yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1982.

semestafakta-the-air-force-1

99. Nama sepatu Reebok diambil dari rusa Afrika yang disebut Rhebok.

semestafakta-reebok semestafakta-reebok semestafakta-rhebok

100. Tiga pita dalam logo Adidas melambangkan tiga anak dari pendiri Adidas, Adi Dassler.

semestafakta-adidas

101. Tahukah kamu bahwa asepatu Crocs ditemukan oleh pendeta Katolik untuk memastikan anggotanya gerejanya masih perawan.

semestafakta-crocs semestafakta-crocs

102. Sepatu yang kamu pakai menunjukkan usiamu. Caranya adalah (1) ukuran sepatumu dikalikan 5; (2) ditambah 50; (3) dikali 20; (4) ditambahkan 1013; dan (5) hasilnya dikurangi tanggal lahir kamu. Dua angka pertama adalah ukuran sepatu kamu dan dua angka terakhir adalah usia kamu.

103. Santa Crispin adalah santa pelindung para pembuat sepatu. Hari Santa Crispin jatuh pada tanggal 25 Oktober.

semestafakta-st-crispin semestafakta-st-crispin2

104. NASA mengirim sandal ortopedi yang dinamakan Forceshoe ke luar angkasa. Astronot di ISS (International Space Station/Staisun Ruang Angkasa Internasional) tetap butuh gerak dan latihan untuk menjaga kesehatan seperti mereka mengalami kelamahan otot dan berkurangnya kepadatan tulang selama penerbangannya.

semestafakta-forceshoe

105. Model sandal Ho Chi Mihn dipakai tentara Vietnam selama perang Vietnam daripada sepatu boot, karena daya tahannya (terbuat dari karet ban) dan kaki tetap kering dan melindungi kaki dari cuaca tropis.

semestafakta-ho-chi-mihn-style-sandal-2 semestafakta-ho-chi-mihn-style-sandal