55 FAKTA MENARIK TENTANG BENIN

No comment 2951 views

semestafakta-ganvie-benin

1. Nama “Benin” berasal dari nama nama Teluk Benin.

2. Nama Benin diberikan pada 30 November 1975 dan awalnya dikenal dengan Dahomey.

3. Wilayah ibu kota Benin dan daerah-daerah di dekatnya ditunjuk sebagai “Pantai Budak” sejak awal abad ke-17. Pada masa perdagangan budak lintas Atlantik, sejumlah besar budak dikirim dengan kapal ke Dunia Baru.

4. Ibu kota Benin, Porto Novo, dibangun sebagai pelabuhan untuk jual beli budak. Ibu kota ini mempunyai tiga nama, yaitu Porto Novo, Adjatche, dan Hogbonou.

5. Kerajaan Dahomey adalah penguasa regional yang penting dan dijuluki sebagai “Black Sparta” oleh sejarawan Eropa karena sistem ekonomi dan politiknya yang mapan dan kekuataan militernya yang kuat. Dahomey juga dikenal karena pasiukan wanitanya yang terkenal dengan nama Dahomey Amazons.

semestafakta-benin-map

6. Sekitar tahun 1750, Kerajaan Dahomey (bagian dari Benin) memperoleh sekitar £250,000 per tahun dari penjualan orang-orang Afrika ke pedagang budak Eropa.

7. Kapal pembawa budak terakhir sampai dari Dahomey untuk Brazil pada tahun 1885.

8. Benin dijajah Perancis selama 58 tahun, dari tahun 1900 sampai 1958.

9. Benin adalah negara pertama pada tahun 1990 yang melakukan transisi dari pemerintahan diktator ke demokrasi multi partai.

10. Pada 20 September 1960, Benin menjadi anggora PBB. Benin juga diperlakukan sebagai anggota Dewan Keamanan PBB antara tahun 1976 dan 1977.

11. Hampir 40% penduduk Benin hidup di bawah garis kemiskinan.

12. Pada tahun 2010 rumah sakit Benin hanya menyediakan 5 tempat tidur untuk 1000 orang.

13. Karena sangat miskinnya menyebabkan meningkatnya jual-beli orang. Seorang anak bisa dijual kepada orang kaya di negara tetangganya hanya dengan harga $15.

14. Tingkat kematian di Benin rata-rata 58.54 kematian per 1000 kelahiran, sehingga Benin menempati ke 27 sebagai negara dengan tingkat kematian bayi tertinggi di dunia.

15. Bahasa pribumi seperti bahasa Fon dan Yoruba, banyak dipakai di Benin.

16. Di Taman Nasional W-Arli-Pendjari di pelabuhan Benin mempunyai populasi singa terbesar di Afrika Barat.

17. Ekonomi Benin mengandalkan ekspor kapas dan juga tergantung pada pertanian dan perdagangan regional.

18. Benin hanya mempunyai satu bandara internasional, yaitu di Cotonou, yang juga merupakan kota terbesar di Benin.

19. Puncak tertinggi Benin adalah Gunung Sokbaro, yang tingginya mencapai 658 m.

20. Olah raga nasional Benin adalah sepak bola.

21. Harga bahan bakar yang tinggi memaksa penduduk lokal membelinya secara ilegal yang lebih murah. Bahan bakar ilegal banyak berasal dari Nigeria dan dijual di Benin. Stasiun pengisin bahan bakar sangat langka di Benin.

22. Tingkat kriminalitas di Benin tergolong rendah. Namun, pencurian menjadi problem tersendiri dan banyak pemilik rumah umumnya menyewa penjaga rumah.

23. Bendera Benin pertama kali resmi digunakan pada hari kemerdekaannya pada tanggal 1 Agustus 1960 sebagai pengganti bendera Perancis.

24. “L’Aube Nouvelle” adalah lagu kebangsaan Benin. Lagu ini berbahasa Perancis dan secara bahasa artinya “Jatuhnya Hari Baru”

25. Warna merah pada bendera Benin menyimbulkan keberanian, kuning berarti kekayaan, dan warna hijau melambangkan harapan dan kebangkitan.

semestafakta-benin-flag

26. Hubert Maga terpilih sebagai presiden pertama benin.

27. Presiden Banin, Tomas Boni Yayi, adalah salah satu pemimpin Afrika yang paling dihormati yang membawa tranformasi Benin menuju negara demokrasi.

semestafakta-tomas-boni-yayi

28. Benin juga merupakan rumah bagi sekumpulan Fulani Herder yang pindah dari jarak yang jauh untuk mencari rumput. Hewan ini dikenal oleh penduduk lokal dengan nama Peul.

29. Menurut tradisi budaya Benin, menggunakan tangan kiri untuk makan adalah hal yang jelek, begitu juga jika digunakan untuk menawarkan sesuatu kepada orang lain.

30. AIDS adalah masalah yang mendapat perhatian utama di Benin.

31. Universias Benin adalah satu-satunya perguruan tinggi di Benin, yang mahasiswanya berjumlah sekitar 12.000

32. Karena cuaca panasnya yang sangat ekstrim pada musim panas di Benin, maka orang-orang akan memakai jaket bahkan ketika suhu hampir 20 derajat

33. Orang kulit putih yang berkunjung ke Benin akan di panggil “yovo”. Jangan heran jika kamu bertemu dengan orang-orang dan anak-anak yang meneriakkan kata tersebut jika kita berkunjung ke sana. Mereka sangat bersahabat dan baik.

34. Penduduk Benin tidak suka difoto, karena mereka percaya kalau foto itu bisa mengurangi nyawanya.

35. Benin terkenal dengan topeng kayu pahatnya.

36. Meski Benin mempunyai sejarah panjang dengan perbudakan, namun budak di wilayah ini diperlakukan dengan baik.

27. Meski tergolong sebagai negara miskin namun Benin merupakan salah satu negara dengan suhu politik yang paling stabil di Afrika Barat.

38. Benin adalah tempatnya Voodo (sihir atau mejik). Penduduk lokalnya menyebutnya dengan “Vodun” yang berarti “roh”. Pengikur voodo percaya bahwa bumi diperintah oleh lima elemen ketuhanan. Voodo bahkan menjadi agama resmi Benin yang menyembah ular.

39. Pedusunan di Benin, Ganvie, dikenal dengan sebutan “Venis-nya Afrika”. Desa ini unik karena terapung.

semestafakta-ganvie-benin semestafakta-ganvie-benin2

40. Lac Doukon adalah pantai di Cotonou sepanjang 109 km. Di sana kita bisa melihat kuda nil, spesies burung dan tumbuhan air serta menikmati suasana keseharian di pedesaan Afrika. Para pengunjung akan menelusuri area ini dengan berjalan kaki di sekitar danau dan menggunakan sampan tradisional.

41. Benin Iya atau tembok Benin yang selesai dibuat pada tahun 1460 adalah pertahanan bersejarah yang mengagumkan. Bangunan sepanjang 1200 km dengan dinding setinggi 18 meter dan merupakan bangunan arkeologis terbesar di dunia.

semestafakta-benin-iya semestafakta-benin-iya2 semestafakta-benin-iya3

42. Fondation Zinsou Benin adalah galeri khusus seni kontemporer Afrika. Toko buku ini mempunyai koleksi buku tentang seni dan budaya Afrika.

43. Angelique Kidjo, yaitu penyanyi Afrika yang mempopulerkan musik Afrika di Eropa dan Amerika adalah berasal dari Benin. Dia penyanyi yang pernah memperoleh Grammy-Award karena lagu-lagunya yang berjudul “Batonga”, “We We” dan “Lombo”.

semestafakta-angelique-kidjo

44. Aktor Djimon Hounsou lahir di Cotonou Benin. Dia memperoleh popularitas di Hollywood karena berperan dalam film Amistad tahun 1997 dan pada tahun 2006 dia main dalam film Blood Diamond. Orang terkenal lainnya adalah Didier Chabi.

semestafakta-djimon-hounsou

45. Orang Benin sangat pintar. Mereka telah menemukan banyak benda termasuk piano jari/tangan. Piano jari adalah alat musik yang menghasilkan suara yang indah dan merdu. Alat musik ini teruat dari lempengan logam yang dipasang pada kotak kayu. Kotak dilubangi di atas dan di samping. Kamu bisa menutup beberapa lubang untuk menghasilkan suara yang bereda ketika memetik logam tersebut.

46. Orang Benin mempunyai ekspresi kekaguman yang paling unik, yaitu suara yang sangat khas dan nada suaranya berbeda serta aksennya selalu sama.

47. Di Benin, jika kamu mencuri barang milik orang di desamu atai desa lain, kamu bisa meminta maaf dan mengembalikan barang curian tersebut kepada pemiliknya serta kamu tidak akan dihukum.

48. Kebanyakan anak-anak di Benin tidak bisa membaca dan menulis. Mereka tidak bersekolah. Sebagai gantinya, pada setiap sore hari, mereka akan berumpul mengelilingi perapian untuk mendengarkan cerita oleh pencerita. Inilah bentuk sekolah formal mereka dan pendidikan diajarkan melalui dongeng tersebut.

49. Novel pertama yang ditulis dalam bahasa Benin berjudul L’Esclave yang ditulis oleh Felix Couchoro dan diterbitkan pada tahun 1929.

50. Pohon Pelupa (The Tree of Forgetful) adalah pohon yang dikeramatkan oleh banyak suku di Afrika. Saat para budak sampai di pohon ini, mereka akan mengitari pohon ini. Kaum laki-laki mengitarinya sembilan kali dan yang wanita mengitari tujuh kali. Mereka melakukannya dengan harapan agar ingatan kehidupan masa lalunya akan terhapus sebelum mereka dikirim untuk tinggal sebagai budak di Dunia Baru. Sekarang pohon ini telah hilang, namun masih ada tugu peringatannya.

semestafakta-the-tree-of-forgetful semestafakta-the-tree-of-forgetful2

51. Kota Ouidah di Benin, yang diucapkan dengan Whydah dalam buku-buku sejarah yang ditulis dalam bahasa Inggris, dikenal sebagai “Kota Museum” karena kaya akan sejarah kolonial. Whydah pernah menjadi benteng Inggris, Perancis, dan Denmark.

52. Di Ouidah mempunyai Monumen Penyesalan yang dinamakan Monumen Zomachi, dimana orang datang setiap tahunnya untuk memohon ampun atas segala sesuau yang berhubungan dengan perdagangan budak. Monumen ini diabangun pada tahun 1998. Setiap tahunnya pada minggu ketiga bulan Januari, orang-orang berkumpul di tugu peringatan tersebut untuk berdoa dan meminta ampun kepada Tuhan atas dosa-dosa masa lalu. Zomai adalah gubuk tempat menyimpan pada budak sampai mereka dikirim ke Amerika. “Zomai” menunjukkan pada kegelapan yang sangat di dalam gubuk atau pondok tersebut.

53. Makanan nasional utama Benin adalah Yam bubur yang dinamakan “Fufu”. Rasa Fufu asli sebelum mendapat tambahan adalah sangat tidak enak, oleh karena itu kemudian diberi tambahan saus.

semestafakta-fufu

54. Jika kamu lapar tetapi kamu tidak mempunyai uang, maka jangan kuatir. Hampir setiap kafe di Benin menyediakan buah mangga dan pisang gratis.

55. Di Cotonou terdapat pasar besar yang indah, Grand Marché de Dantokpa, di mana kamu bisa membeli berbagai macam produk, seperti kaset kosong, makanan dan peralatan radio dan bahkan alat-alat untuk ritual fetish maupun voodoo.

semestafakta-grand-marche-de-dantokpa semestafakta-grand-marche-de-dantokpa2 semestafakta-grand-marche-de-dantokpa3 semestafakta-grand-marche-de-dantokpa4