77 FAKTA MENARIK TENTANG COLUMBUS

No comment 2516 views

semestafakta-cplumbus

1. Christopher Columbus lahir di Republik Genoa, Italia. Meski lokasi pasti kelahirannya tidak diketahui. Ayahnya adalah seorang pemintal wol dan memiliki toko keju.

2. Ibu Columbus bernama Susanna Fontanarossa, seorang anak perempuan dari pedagang wol. Dia mempunyai tiga anak laki-laki, yaitu Bartolomeo, Giovanni Pellegrino, dan Giacomo. Dia juga mempunyai anak perempuan bernama Bianchinetta. Columbus adalah anak yang tertua.

3. Keluarga Christopher Columbus adalah anggota kelompok kecil kelas menengah yang beruntung pada Zaman Pertengahan. Kebanayakan orang pada zaman ini sangat miskin yang hidup sebagai petani dan sedikit sekali yang kaya (bangsawan).

4. Ketika Columbus berusia 14 tahun, dia putus sekolah dan meninggalkan perusahaan wol ayahnya untuk ikut magang dagang di kapal perdagangan.

5. Saat berusia 19 tahun pada tahun 1470, Columbus melakukan pelayaran jauh pertamanya di salah satu kapal majikannya ke pulau Chios di Laut Aegean. Mungkin inilah perjalanan pertama dan yang kedua ke Chios pada tahun 1475 yang mengajarkan Columbus bagaimana cara mengemudikan kapal di alam terbuka dalam pelayaran yang jauh.

6. Columbus mempunyai dua anak dari dua istri yang berbeda, yaitu Diego Columbus (1480-1526) dan Fernando (1488-1539).

7. Columbus sering bercerita tentang keinginannya menyebarkan Kristen kepada para penyembah berhala yang saat itu banyak ditemukan. Karena cara tersebut merupakan metode mengontrol mereka.

8. Sebagai seorang pemuda, Columbus adalah termasuk orang yang tinggi, yang tingginya di atas 5’ 7”. Dia berkulit pucat yang mudah terbakar sinar matahari. Dia berhidung kakatua, bermata biru muda, dan berambut pirang, yang kemudian berubah menjadi putih semua ketika berusia 30 tahun.

9. Columbus membuka pembuatan peta kecil dan toko penjualan buku bersama saudaranya Bartolomeo ketika tinggal di Portugal.

10. Selama zaman Columbus, banyak orang percaya bahwa dunia terbentuk dari daratan besar yang terdiri Eropa, Asia, dan Afrika, karena ketiga daratan tersebut yang hanya disebut dalam Bibel. Daratan-daratan ini dikelilingi air yang sangat besar yang disebut “Laut Samudera”.

11. Ada beberapa sarjana yang berspekulasi bahwa Columbus mungkin mendapatkan informasi rahasia dari teman dekatnya tentang daratan-daratan jauh di sebelah barat melintasi samudera. Pelaut ini terkadang disebut dengan “Pilot Tak Dikenal”. Sejarawan sekarang tidak menemukan bukti kecuali apa yang ditulis oleh beberapa ahli biografi awal Columbus.

12. Columbus pertama kali mendarat di dekat pantai yang sekarang terkenal dengan Pulau Watling di Bahamas. Meski dia mengira dia berada di dekat China, Jepang, dan India, namun sebenarnya dia berada sejauh 8000 mil.

semestafakta-Watling island

13. Columbus pertama kali berlabuh di Bahamas. Semua pulau Karibian, termasuk Bahamas, Haiti, Republik Dominika, dan Kuba, dihuni oleh kelompok orang yang cinta damai yang dinamakan Tainos.

14. Saat Columbus mendarat di Dunia Baru, dia yakin bahwa dia telah sampai di India. Oleh karena itu dia menganggap orang yang bertemu dengannya dia namakan dengan orang Indian. Bahkan setalah lebih dari 500 tahun berlalu sejak pelayarannya, penduduk asli orang Amerika masih disebut dengan “Indian”.

15. Sebelum Columbus menjadi laksamana dan gubernur di Dunia Baru, dia adalah seorang bajak laut, atau Kapal penyerang musuh (Privateer), yang membantu menyerang perjalanan pedagang orang-orang Moor.

16. Columbus sangat relijius dan menyebut nama Tuhan ketika akan berangkat mengarungi samudera. Banyak nama agamis yang diberikan Columbus terhadap pulau atau daratan yang dia temukan.

17. Dalam kehidupannya kemudian, karena alasan yang tidak diketahui, Columbus memakai pakaian Franciscan kemanapun dia pergi.

18. Mendekati akhir hayatnya, Columbus menulis buku yang berjudul Book of Privileges, yang mendaftar seluruh janji-janji raja Spanyol kepadanya.

semestafakta-Book of Privileges

19. Dalam kehiduapannya kemudian pada tahun 1501 sampai 1502, Columbus menulis sebuah buku aneh yang berjudul Book of Prophecies. Di dalam buku ini, dia menerangkan bahwa seluruh penjelajahannya adalah misi ketuhanan yang mendapat petunjuk dari Tuhan. Buku ini juga berisi kumpulan tulisan agama tentang kiamat.

semestafakta-Book of Prophecies

20. Selama penjelajahannya atau pelayarannya yang keempat, Columbus menderita sakit parah. Matanya mengeluarkan darah terus, yang kemudian menyebabkan kebutaan dalam waktu yang lama. Dia hampir tidak bisa duduk atau berdiri karena sakit di persendiannya. Banyak sejarawan yakin bahwa dia menderita Sindrom Reiter, yang menyebabkan diare dan radang pada persendian, mata dan kandung kemihnya.

21. Sebelum dia meninggal, Columbus mulai meminta model pelayaran baru, yaitu perang suci (perang salib) Kristen ke Yerussalem untuk menyelamatkannya dari orang Muslim.

22. Pada tanggal 20 Mei 1506, pada usia 55 tahun, Columbus meninggal dunia di istana di Valladolid, Spanyol. Kematiannya tidak banyak mendapat perhatian. Bahkan kantor pendaftaran istana resmi tidak menyiarkan kematiannya setelah 10 hari kemudian. Namun, pada tahun-tahun dan dekade setelah kematiannya, namanya menjadi semakin terkenal.

23. Columbus sering dianggap sebagai “Bapak Dunia Baru”.

24. Columbus bukan orang Eropa pertama yang mengarungi Samudera Atlantik. 500 tahun sebelumnya, Norse Viking Leif Eriksson diyakini telah mendarat di pulau yang sekarang dikenal dengan Newfoundland sekitar tahun 1000. Beberapa sejarawan yakin bahwa Santa Bernard Irlandia atau bahkan orang Celtik lainnya telah melintasi Samudera Atlantik sebelum Eriksson.

semestafakta-Norse Viking Leif Eriksson

25. Saat Columbus melihat Sungai Orinoco di Amerika Selatan selama pelayarannya, dia beranggapan telah menemukan Garden of Eden.

26. Columbus dianggap sebagai salah satu pelaut terhebat yang “siap mati” (dead reckoning) yang pernah ada di dunia.

27. Bukti Skeletal menerangkan Columbus dan krunya membawa penyakit Sypilis ke Dunia Lama setelah pelayarannya. Penyakit tersebut menjadi penyakit global pertama yang menghancurkan Eropa.

28. Columbus terinspirasi oleh tulisan dari sarjana Italia, Paolo Toscanelli untuk menemukan Asia melalui laut sebelah barat. Dia yakin berlayar di laut barat akan lebih cepat sampai di India.

semestafakta-Paolo Toscanelli semestafakta-Paolo Toscanelli2

29. Columbus adalah laksamana yang cerdik, tetapi dia juga penjual budak. Ketika dia telah menemukan dan mengetahui bahwa daratan baru tersebut tidak mengandung perak, mutiara, dan sumber kekayaan alam lainnya, maka dia akan menawan orang-orang yang dipandang Columbus sebagai sumber yang bisa dimanfaatkan. Dia diyakini telah mempelopori perdagangan budak.

30. Saat Columbus kembali ke Spanyol bersama penduduk pribumi, Ratu Isabella yakin mereka adalah warga negaranya dan oleh karena itu tidak dijadikan budak kecuali mereka menolak koversi. Namun, selama era kolonial, orang Spanyol menjadikan budak mereka sepanjang masa.

31. Sampai hari kematiannya, Columbus tidak percaya kalau dia telah menemukan dunia baru. Dia meninggal dengan keyakinan bahwa dia telah menemukan jalur baru ke India. Untuk meyakinkan pendapatnya, dia menyatakan bahwa bumi sebenarnya berbentuk seperti buah per, yang menjadikan dia diolok-olok di Eropa.

32. Banyak negara di Eropa dan di Dunia Baru merayakan pendaratan Christopher Columbus di Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492. Di Amerika, 12 Oktober dinamakan Columbus Day; di Amerika Latin dinamakan Dia de la Raza (Hari Kebangsaan); di Bahama dinamakan Discovery Day; di Argentina dinamakan Dia del Respeto a la Dibersidad Cultural (Hari Penghormatan terhadap Keragaman Budaya); dan di Belize dan Uruguai dinamakan Dia de las Americas (Hari Amerika).

semestafakta-Columbus Day semestafakta-Dia de la Raza

33. Meski Columbus Day telah dirayakan secara tidak resmi sejak masa Kolonial, tetapi secara resminya dirayakan di Colorado pada tahun 1906 dan menjadi hari libur di negara-negara bagian pada tahun 1937. Pada tahun 1970, perayaan tersebut pindah ke hari Senin kedua bulan Oktober.

34. Di Berkeley, California, Columbus Day diganti dengan Indigenous People’s Day pada tahun 1992.

35. Columbus dipandang sebagai seorang penjelajah yang pemberani, seorang monster, dan seorang pedagang budak yang menakutkan yang menaklukkan para pribumi. Namun para sarjana menyatakan bahwa dia disamping seorang yang mengagumkan tetaju juga mempunyai sisi negatif. Dia seorang pembarani tetapi juga seorang yang mempunyai cacat kemanusiaan.

36. Christopher Columbus menghabiskan enam minggu di penjara. Delapan tahun setelah mendarat di Dunia Baru, Columbus dan saudaranya dimasukkan ke penjara oleh Ferdinand dan Isabella. Menurut sejarawan Spanyol, Consuelo Varela, dalam bukunya Consejo Superior de Investigaciones Cientificas dan dilaporkan dalam Christian Science Monitor, Columbus adalah seorang tiran selama dia menjabat sebagai gubernur di Hispaniola.

37. Para aktivis berusaha menghapus Columbus Day sejak abad ke-19 karena hubungannya dengan imigran dan dengan Knight of Columbus. Juga dikhawatirkan digunakan untuk memperluas pengaruh Katolik.

38. Christopher Columbus bukan yang menemukan Amerika. Manusia telah hidup di sana sejak 20.000 tahun yang lalu. Ketika Columbus tiba, Amerika telah dihuni oleh beberapa kerajaan dan ratusan bangsa kecil.

39. Columbus yang memperkenalkan kuda ke Dunia Baru. Kuda-kuda ini kemudian menyebar ke pulau-pulau besar dan menjadi bagi suku Indian.

40. Setelah hancurnya pasukan garnisun La Navidad, Columbus membuat koloni baru yang bernama Isabella (dari nama ratunya) sepanjang 75 mil. Lebih dari tiga tahun kemudian, tempat ini menjadi pusat kerusakan yang mengerikan dan pertumpahan darah yang pernah terjadi.

41. Columbus dan krunya merusak alam di pulau yang diduduki dan mengganggu ekosistem. Kapalnya membawa tebu, gandum, buah zaitun, jeruk, lemon, delima, kurna, timun, selada, melon dan anggur. Spesies tumbuhan baru ini ditanam dan disebarkan menggantikan tanaman-tanaman pribumi yang telah tumbuh ratusan ribu tahun yang lalu.

42. Orang-orang Eropa dan Taino pribumi menjual dua benda yang akan membentuk budaya dalam sejarah, yaitu tembakau dan kuda. Para pelaut membawa pulang tembakau ke Eropa dan ketagihan nikotin pertama di Eropa segera terjadi.

43. Columbus sangat tertarik dengan emas, oleh karena itu dia mewajibkan sistem upeti emas. Setiap orang dewasa Taino akan memberikan jatah debu emas secara berkala. Jika mereka sudah memberikan emas, mereka diberikan tanda atau bukyi yang dikalungkan di lehernya. Jika mereka tidak memberikan emas maka tangannya akan dipotong-potong.

44. Karena Columbus telah menghancurkan penduduk pribumi Haiti (Indian Taino), maka dia mengapalkan budak-budak Afrika ke pulau tersebut.

45. Penduduk Taino sepenuhnya punah dalam 50 tahun setelah pulau tersebut pertama kali diduduki orang Eropa. Hal itu disebabkan karena pembunuhan, bunuh diri karena putus asa, dan menurunnya tingkat kelahiran. Meski demikian, penyakit juga faktor yang menyebabkan punahnya suku Taino. Columbus dan orang Spanyol yang membawa wabah disentri, tuberculosis, dan influenza. Para penduduk mencatat tentang bau busuk yang menyengat dari tubuh yang membusuk yang menyebar memenuhi udara.

46. Selama pelayarannya, Columbus menjadi orang Eropa pertama yang melihat pantai Amerika Selatan.

47. Columbus meninggal dengan keyakinan bahwa dia telah menemukan Asia. Namun, tempat terdekat yang didatangi Columbus di Asia adalah ketika dia berlayar ke pulau Khios, yaitu yang sekarang bernama Yunani, ketika dia masih berusia belasan tahun.

48. Christopher Columbus melakukan empat perjalanan melintasi Samudera Atlantik dari Spanyol, yaitu pada tahun 1492, 1493, 1498, dan 1502. Tujuannya adalah untuk menemukan rute laut langsung sebelah barat dari Eropa ke Asia. Dia tidak menemukan rute tersebut. Dia hanya menemukan Amerika, Pulau Karibia, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah.

49. Pada tahun 1500, komisaris kerajaan diberangkatkan ke Hispaniola untuk menangkap Christopher Columbus dan saudaranya. Mereka dibawa kembali ke Spanyol dengan diikat dengan tuduhan salah kelola daerah jajahan. Meski Columbus dilepas dari jabatan gubernurnya, namun Raja Ferdinand memberi dia kebebasan dan memberi tunjangan bantuan perjalanan pelayarannya yang keempat.

50. Pada tahun 1504, Columbus terdampar di Jamaika, ditinggalkan oleh separoh krunya dan tidak diberi makan oleh penduduk pribumi makan. Tahu kalau gerhana matahari akan terjadi, Columbus mengumumkan kepada para penduduk bahwa dewanya marah karena menolak memberi makan kepadanya. Setelah gerhana selesai, para penduduk yang ketakutan memberi Columbus banyak makanan dan memohon belas kasihnya.

51. Pengaruh Christopher Columbus yang besar adalah istilah antara Dunia Lama dan Dunia Baru.

52. Warisan Columbus adalah termasuk perang melawan monarki Spanyol sampai tahun 1790 (hampir 300 tahun setelah kematiannya). Mereka menyatakan bahwa monarki tidak memberikan mereka uang atau keuntungan dibandingkan menjelajah.

53. Christopher Columbus hidup pada Era Penemuan (Age of Discovery), yaitu zaman antara abad ke-15 dan 16 ketika beberapa negara Eropa mengadakan penjelajahan untuk mencari kekayaan dan daratan.

54. Pelayaran pertama Columbus melintasi Samudera Atlantik pada tahun 1476 hampir merenggut nyawanya. Kapal Perancis menyerang pantai Portugal dan menyerang armada komersil yang Columbus ada di dalamnya. Kapalnya dibakar dan dia berenang ke pantai Portugis dengan bantuan potongan kayu apung.

55. Ketika di Portugal, Columbus menikah dengan Felipa Perestrelo dan mempunyai satu anak bernama Diego pada sekitar tahun 1480. Setelah istrinya meninggal (beberapa sejarawan menyatakan dia hanya meninggalkannya), Columbus pindah ke Spanyol. Dia mepunyai anak yang kedua bernama Fernando dari ikatan perkawinannya dengan anak yatim berusia 20 tahun bernama Beatriz Enriíquez de Arana pada tahun 1488.

semestafakta-Felipa Perestrelosemestafakta-Beatriz Enriíquez de Arana

56. Ketika Santa Maria menjadi kapal pemimpinnya, Columbus sering komplain karena kapalnya sering bergoyang-goyang dan menjadi lambat. Kapal kesukaannya bernama Nina (atau Gadis), yang lebih cepat dan lebih kecil.

57. Kru dalam pelayaran pertama terdiri dari 24 laki-laki untuk kapal Nina, 26 orang untuk kapal Pinta, dan 40 orang untuk kapal Santa Maria. Sebagian besar mereka adalah nelayan biasa dan tidak ada perempuan yang diperbolehkan ikut. Di dalamnya juga membawa sekretaris dan seorang penerjemah yang berbahasa Arab sehingga mereka bisa berkomunikasi dengan Ghengis Kahn dan penduduknya ketika mereka tiba di Timur. Di dalam kapal juga ada pembuat senjata, teknisi kapal (caulker), dan tukang kayu untuk memperbaiki kapal, dan terdapat juga ahli bedah.

58. Nama Pinta berasal dari bahasa Spanyol yang artinya “Yang dilukis” atau “pelacur”.

59. Nama kapal Nina dan Pinta bukan nama sebenarnya dari kapal Columbus. Pada abad 15 di Spanyol, kapal-kapal biasanya dinamakan dengan nama Santa (orang suci). Namun para pelaut memberinya nama julukan atau nama samaran dengan nama yang kurang suci di kapalnya. Para pelaut memberi nama salah satu kapal dalam pelayaran Columbus tahun 1492 dengan nama Pinta. Santa Clara adalah nama sebenarnya kapal Nina untuk menghormati pemiliknya, Juan Nino. Meski kapal Santa Maria dinamakan dengan nama aslinya tetapi tetap punya nama julukan yaitu La Gallega, dari nama provinsi Galicia yang selesai dibangun.

60. Banyak diyakini bahwa kru kapal Santa Maria, Nina, dan Pinta sebagian besar terdiri dari para kriminal. Meski akirnya pihak kerjaan Spanyol memberikan ampunan kepada semua kriminal yang mau bergabung dalam pelayaran tersebut.

semestafakta-columbus ship

61. Selama pelayaran, setiap orang, termasuk Columbus, mempunyai kutu. Kutu dan tikus ada di mana-mana. Kapalnya tidak bersih dan sangat kotor dan dekil. Pelayaran pertama memakan waktu selama 43 hari.

62. Pekaian para pelaut di kapal Columbus dangat dekil dan kotor. Setiap orang memakai pakaian yang sama sejak mereka meninggalkan Eropa sampai kembali lagi ke Eropa. Seluruh anggota kru kapal memakai pembalut kaki, yaitu baju pelapis dari wol dengan penutup untuk melindungi dari percikan air laut yang asin, dan topi merah yang disebut Gorro. Dan setiap orang berangkat dengan bertelanjang kaki.

semestafakta-gorr

63. Dalam pelayarannya yang pertama, Columbus membawa dua buku harian untuk menghindari pemberontakan. Pada buku hariannya yang pertama, dia mencatat jarak aktual kapal yang telah dilaluinya setiap hari. Buku ini hanya dimiliki Columbus. Pada bukunya yang kedua, dia mencatat angka-angka palsu, yang mengurangi jarak harian dengan bermil-mil jarak.

64. Christopher Columbus adalah bukan nama kelahiran Columbus, tetapi itu nama Anglikisasi dari nama yang sebenarnya yaitu Cristoforo Colombo. Namanya juga berganti-ganti di setiap daerah lain, di Spanyol dia bernama Cristóbal Colón dan di Swedia dia bernama Kristoffer Kolumbus.

65. Ketika Raja Ferdinand dan Ratu Isabella awalnya ragu-ragu mendanai penjelajahan Columbus, ada seorang pendeta bernama Father Perez menengahi dengan mengatakan bahwa jika Columbus berhasil, maka dia akan berpindah dari menyembah berhala ke agama Kristen. Pada tahun 1492, mereka akhirnya memberikan dana kepada Columbus dan rombongan kapalnya.

semestafakta-King Ferdinand semestafakta-Queen Isabella

66. Columbus tidak tertarik membuktikan bumi itu bundar. Pada zaman Columbus, kebanyakan orang tahu fakta ini dari ilmuwan Yunani kuno, khususnya ahli matematika Pythagoras, yang hidup pada abad ke-6 SM, dan kemudian Aristoteles, yang mendukung teori tersebut dengan observasi astronomi.

67. Tiga negara yang menolak membiayai pelayaran Columbus, yaitu Portugal, Inggris, dan Perancis. Mereka menolak karena mereka menganggap tindakan Columbus adalah tolol dan aneh. Mereka mengatakan kepadanya bahwa bumi itu lebuh besar dari yang dia perkirakan.

68. Pelaut pertama dalam kru Columbus yang melihat daratan (pada 12 Oktober 1492) bernama Rodrigo de Triana. Pulau tersebut adalah pulau kecil yang sekarang adalah bernama San Salvador di Bahamas.

69. Selama berlayar melintasi samudera Atlantik, Columbus berjanji akan memberikan hadiah berupa emas kepada semua kru yang pertama kali melihat daratan. Menurut ceritanya, Rodrigo de Triana, kru Pinta, adalah orang yang pertama melihat daratan pada 12 Oktober 1492, yaitu pulau di kepulauan Karibia yang kemudian dinamai San Salvafor. Namun Columbus menyatakan bahwa dia telah melihat cahaya malam sebelum yang datang dari pulau tersebut, dan akhirnya Rodrigo tidak mendapatkan apa-apa.

semestafakta-Rodrigo de Triana semestafakta-Rodrigo de Triana2 semestafakta-Rodrigo de Triana3

70. Ketika menjelajahi Karibia, kapal Santa Maria menabrak batu karang di pulau Christmas Eve pada tahun 1492. Para kru merayakan Hari Raya Natal dengan menunda pelayaran, dan membangun pelabuhan di dekat pulau Haiti. Setelah Santa Maria tenggelam, Columbus berlayar ke Spanyol dengan kapal Nina dan Pinta

71. Banyak sejarawan percaya bahwa orang muslim sudah sampai di Amerika pada tahun 700-an, beberapa ratus tahun sebelum Columbus tiba di sana. Faktanya, Columbus menggunakan peta yang dibuat oleh penjelajah muslim.

72. Tidak semua pelayaran Columbus mengalami kesuksesan. Faktanya, separoh dari pelayarannya mengalami bencana. Dalam pelayaran pertamanya (1492), kapal pemimpinnya yang lengkap kandas dan tenggelam. Dalam pelayarannya yang keempat, kapalnya rusak dan dia menghabiskan setahun bersama krunya terdampar di Jamaika.

73. Bagian dari buku harian pelayaran Columbus mencatat bahwa penduduk pribumi “akan menjadi pelayan yang baik. Dengan 50 kru kita akan taklukkan mereka dan membuat mereka lakukan apa yang kita inginkan”. Dia kemudian menulis, “Mari kita atas nama Trinitas Suci mengirimkan semua budak yang dapat dijual”.

74. Kalau Columbus bukan yang pertama “menemukan” Amerika atau bukan orang Eropa yang mengunjungi Dunia Baru (pelaut Viking telah berlayar ke Greenland dan Newfoundland pada abad ke-11), maka dia adalah yang memulai abad eksplorasi dan eksploitasi benua Amerika.

75. Salah satu alasan Columbus memperkirakan jarak keliling bumi lebih pendek dari para navigator lain adalah karena dia membaca peta Arab. Ketika dia membaca peta tersebut, dia menggunakan jarak yang lebih pendek untuk satu mil dari yang digunakan pembuat peta Arab, sehingga Columbus memperkirakan satu perempat kurang dari jumlah mil sebenarnya. Juga, buku Marco Polo, yang menjadi dasar Columbus, memperkirakan China lebih besar dari sebenarnya, yang juga menyusutkan jarak dari Eropa ke Asia.

76. Columbus tidak pernah menginjakkan kakinya di daratan utama Amerika Utara.

77. Sampai meninggalnyapun, Columbus terus menyeberang Samudera Atlantik. Setelah meninggal pada tahun 1506, Columbus dimakamkan di Valladolid, Sapnyol, dan kemudian dipindah ke Seville. Atas permintaan menantu perempuannya, mayat Columbus dan anaknya Diego dikapalkan melintasi Samudera Atlantik menuju Hispaniola dan dimakamkan di Katedral Santo Domingo. Ketika Perancis menduduki pulau tersebut pada tahun 1795, Spanyol menggali makam Columbus dan memindahkannya ke Kuba sebelum mengembalikannya ke Seville setelah Perang Spanyol-Amerika pada tahun 1898. Namun, ada sebuah peti mayat dengan nama Columbus ditemukan di dalam Katedral Santo Domingo pada tahun 1877. Apakah orang Spanyol menggali mayat yang salah? Tes DNA tahun 2006 membuktikan bahwa mayat di Seville adalah jasad Columbus. Republik Dominika menolak melakukan tes jasad yang diuduga Columbus di katedralnya. Kemungkinannya memang potongan atau bagian jasad Columbus itu berada di kedua Dunia Baru dan Dunia Lama.

semestafakta-santo domingo semestafakta-santo domingo2 semestafakta-santo domingo3