55 FAKTA MENARIK TENTANG NEWTON

No comment 3613 views

semestafakta-Isaac newton

1. Isaac Newton lahir pada tahun 1642 di Woolsthorpe dekat Colserworth, yaitu sebuah desa kecil di wilayah Lincolnshire, Inggris. Tahun kelahirannya bertepatan dengan tahun meninggalnya Galileo Galilei.

semestafakta-newton in Woolsthorpe2

2. Newton lahir dengan berat yang kurang dan bertubuh kecil. Dia lahir prematur. Ibunya sampai bilang kalau dia bisa dimasukkan dengan mudah ke dalam mangkuk. Tidak ada orang yang percaya kalau dia akan bertahan sampai besar.

3. Ayah Newton meninggal dunia sebelum dia lahir dan ketika berusia tiga tahun ibunya menikah lagi dan dibawa oleh nenek dari pihak ibunya dan memulai sekolahnya di kota yang berdekatan.

4. Nama ayah Isaac Newton juga Isaac Newton.

5. Newton lahir dari keluarga petani miskin. Awalnya ingin menjadi petani, tetapi ternyata Newton kurang tertarik dalam bidang tersebut. Akhirnya, pamannya meyakinkan ibunya agar Newton dimasukkan ke perguruan tinggi.

6. Hari lahir Newton dirayakan dengan nama Newtonmas. Berdasarkan Kalender Julian Kuno, haru lahir Newton jatuh pada 25 Desember. Oleh karena itu orang yang tidak beragama merayakan 25 Desember sebagai Newtonmas, sebagai alternatif perayaan agama Natal. Orang-orang yang merayakan akan saling bertukar apel dan benda-benda yang berubungan dengan ilmu sebagai hadiah. Nama Newtonmas bisa ditujukan kepada Masyarakat Skeptis, yang membutuhkan nama alternatif sebagai gantinya dari Pesta Natal agama Kristen.

semestafakta-Newtonmas semestafakta-Newtonmas2 semestafakta-Newtonmas3

7. Newton membenci bapak tirinya. Pada masa mudanya Isaac Newton pernah mengancam membakar ibunya dan ayah tirinya.

8. Pada usia 10 tahun, Newton kecil dikirim ke sekolah dasar di dekat Grantham. Ketika belajar di sekolah tersebut dia tinggal di dumah seorang farmakolog bernama Clark, dan darinya dia memperoleh ketertarikan dalam bidang kimia.

9. Ketika dia berumur 14 tahun, suami kedua dari ibunya meninggal dunia. Dia memutus sekolah Newton dan kembali ke Woolsthorpe dan melatihnya menjadi petani.

10. Sejarah mengisahkan bahwa Newton bukanlah siswa ayang baik yang akan mampu menyelesaikan studinya. Dia bekerja sebagai seorang pelayan untuk membayar biaya sekolahnya. Dia suka menyimpan jurnal ide dan pemikirannya.

11. Selama di sekolahnya, dia tidak menyukai puisi dan literatur dan lebih tertarik dengan teknologi dan mesin. Dia membuat alat penunjuk waktu dengan sinar matahari yang sangat akurat.

12. Newton sering dibully oleh temannya di sekolah yang juga berprestasi di kelasnya. Newton tertantang untuk mengalahkan mereka. Hal itu dikarenakan keinginan dia untuk membalas tindakan bully mereka dengan cara dia menjadi ranking pertama di kelasnya.

13. Newton pengikut Kristen yang taat, tetapi pada tahun-tahun kemudian dia mendukung Arianisme.

14. Newton berusaha menggali ilmu pengetahuan dari Bibel dan teks-teks agama lain. Dia mempelajari agama Yahudi dan belajar Kabbalisme serta Talmud untuk meramalkan kejadian-kejadian masa datang. Salah satu ramalannya adalah dunia akan berakhir pada tahun 2060.

15. Newton mempunyai obsesi luar biasa terhadap Bibel. Dia mengkaji Bibel dengan sangat mendalam dan menulis banyak buku tentang agama dibandingkan buku tentang ilmu pengetahuan atau matematika.

16. Kajiannya tentang Bibel ternyata membantu dia memprediksi beberapa hal. Misalnya, dia memperkirakan bahwa Tuhan Kristus disalib pastinya pada tanggal 3 April 33. Dia juga memprediksi bahwa Kiamat (Apocalypse) tidak akan terjadi sebelum tahun 2060.

17. Newton ahli dalam bidang matematika, fisika, astronomi, theologi, kimia, dan filsafat alam.

18. Pada usia 12 tahun, Newton masuk The King’s School di Grantham, Loncolnshire pada tahun 1654. Dia bergabung dengan Trinity College, Cambridge yang prestisius pada Juni 1661 (sebagai seorang Sizar, yaitu mahasiswa yang belajar sambil bekerja dan mendapat beasiswa tempat tinggal dan makan gratis).

19. Dia mendapat gelar sarjana pada bulan Agustus 1665. Pada 2 Oktober 1667, Newton mendapat nominasi beasiswa minor dari Trinity College. Newton ditetapkan mendapat beasiswa mayor dari Trinity College pada 16 Maret 1668 dan meraih Gelar Master pada 7 Juli 1668.

20. Pada tahun 1696, Newton diangkat sebagai Warden of the Mint (Pengawas Uang Logam). Dia menyetak koin dengan berat dan komposisi standar. Dia juga membuat kebijakan koin dengan tepi atau pinggir koin bergerigi.

semestafakta-newton and the mint

21. Pada abad ke-17, 1 dalam setiap uang koin Inggris dipalsukan. Isaac Newton mengawasi proyek besar untuk menarik mata uang kuno dan mengeluarkan mata uang koin yang lebih dapat dipercaya.

22. Newton menjadi Professor Matematika Lucasian pada Oktober 1669. Dia mendapat Beassiswa dari Royal Society of London pada 11 Januari 1672. Pada 3 Februari 1700, Newton menerima posisi Master of the Mint (Empu Percetakan Uang Logam). Pada 30 November 1703, dia diangkat sebagai Ketua President Royal Society. Dia diberi gelar bangsawan oleh Queen Anne di Cambridge pada 16 April 1705 dengan panggilan “Sir”. Dia mendapat gelar bangsawan bukan karena pencapaian keilmuanya, tetapi karena dedikasinya terhadap Mint (Mata Uang) dan karena aktivitas politiknya.

23. Selama masa kuliahnya, Isaac Newton lebih tertarik pada konsep astronom modern dan para pemikir seperti Kepler, Galileo, dan Copernicus, yang mengajarnya. Mata kuliahnya terutama berdasar pada ide dan ajaran Aristoteles.

24. Sir Isaac Newton menciptakan teorema binomial umum pada tahun 1665. Setelah memperoleh gelarnya, Newton menghabiskan dua tahun studinya di rumah untuk mencegah dan menghindari Wabah Hebat (Great Plague). Selama masa ini dia mulai menciptakan teori tentang hukum gravitasi, optik, dan kalkulus.

25. Isaac Barrow, yang menjadi profesor matematika pertama di Cambridge, adalah menjadi sumber inspirasi di belakang karya Kalkulus Newton.

semestafakta-Isaac Barrow

26. Newton yang menemukan area matematika yang dinamakan Kalkulus. Kalkulus kemudian dikenal dengan metode fluksional. Kalkulus juga dikaji oleh ahli matematika Jerman, Gottfried Wilhelm Leibniz.

27. Newton berjasa menemukan tutup kucing atau pintu kucing, yaitu pintu kecil di dalam pintu untuk hewan piaraan. Newton dengan bodohnya dikabarkan membuat pintu besar untuk kucing dan pintu lagi yang lebih kecil untuk anak-anak kucingnya, dan tidak sadar bahwa anak-anak kucing juga bisa menggunakan pintu yang besar. Tetapi cerita ini masih diperdebatkan. Menurut biografi Newton diceritakan bahwa dia memiliki “kucing atau anjing di dalam kamarnya” tetapi tidak jelas kalau di sana ada dua lubang di pintunya seukuran kucing dan anak-anaknya untuk dilaluinya.

semestafakta-cat flap

28. Newton mendukung investigasi Royal Society untuk membuktikan bahwa dia yang pertama menemukan Kalkulus sebelum ahli matematika Jerman, Wilhelm Leibniz, pertama mempublikasikan metode tersebut.

semestafakta-Gottfried Wilhelm Leibniz

29. Newton yang menemukan hukum gravitasi alam dan gerak. Tanpanya kita tidak akan tahu bagaimana obyek bergerak di bumi.

30. Isaac Newton juga melakukan kajian modern tentang optik. Karenanya kita mengetahui dengan jelas tentang aktivitas cahaya.

31. Dia juga seorang penemu. Newton penemu pertama teleskop cermin yang dia gunakan dalam kajian modernya tentang optik.

32. Karyanya, “Mathematical Principles of Natural Philosophy”, atau Philosophiae Naturalis Principia Mathematica pada tahun 1687 dan karyanya, “Optick” pada tahun 1704, dianggap sebagai karya ilmiah terbesar yang pernah dibuat.

33. Buku Isaac Newton, Principia Mathematica, mengandung kesalahan penghitungan sederhana yang tidak ketahuan selama 300 tahun.

34. Karyanya, “Optick” menjelaskan teorinya bahwa cahaya putih adalah kumpulan dari warna yang berbeda-beda.

semestafakta-opticksemestafakta-optick2 semestafakta-optick3

35. Dia adalah seorang petani yang percaya kepada kimia. Ambisi terbesarnya adalah menemukan batu filosof, rahasia merubah logam biasa menjadi emas. Newton menulis 169 buku dalam bidang kimia, tetapi tidak ada satupun dari bukunya yang diterbitkan pada masa hidupnya karena di bawah undang-undang 1404, yang menyatakan bahwa membuat emas dan perak dianggap sebagai kejahatan.

36. Cerita “Pohon Apel” itu tidak pernah terjadi. Kita tahu cerita terkenal bagaimana Newton sedang beristirahat di bawah pohon ketika buah apel jatuh mengenai kepalanya, telah menciptakan momen “Eureka” yang terenal dan menyebabkan lahirnya hukum gravitasi. Namun, semua itu meragukan. Menurut pengakuan Newton, dia hanya melihat apel jatuh dari pohon ketika sedang berjalan melewati taman, meski banyak orang yang mempercayai cerita ini hanya mitos juga.

37. Buah apel tidak mengenai kepala Newton, tetapi jatuhnya apel membuat dia heran jika gaya jatuh apel tersebut mempengaruhi gerak bulan mengitari bumi.

38. Pohon apel itu memang nyata. Faktanya, setelah cerita ini terkenal, maka terjadi perdebatan tentang pohon apel yang mana yang dimaksud Newton. Sekarang pohon turunannya bisa ditemukan di Cambridge. Bahkan bagian dari pohon apel yang asli dilelang oleh Royal Society kepada NASA yang membawanya ke ruang angkasa.

semestafakta-Isaac Newtons Apple Trees semestafakta-Isaac Newtons Apple Trees2

39. Newton juga seorang politisi. Dia diangkat sebagai Anggota Parlemen mewakili Cambridge dalam dua kesempatan yang terpisah. Namun, seperti bertani, dia tidak tertarik dalam bidang ini. Beberapa laporan menceritakan fakta bahwa Newton hanya menyatakan satu hal selama di Parlemen, yaitu meminta cendelanya ditutup.

40. Newton memiliki gigi yang paling berharga. Salah satu giginya dijual pada tahun 1816 di pelelangan dengan harga $3.600. Sekarang berarti harganya mencapai $35.000 yang mengharuskan Guinness World Recodrs menyatakannya sebagai gigi termahal di dunia.

41. Newton tidak pernah menikah sampai matinya.

42. Newton adalah seorang yang terobsesi oleh kekuasaan dan reputasi.

43. Newton susah bergaul. Dia dengan maksud tertentu menusukkan jarum tumpul yang dikenal dengan tusuk sanggul di rongga matanya. Mengapa demikian? Dia ingin melakukan percobaan kekayaan cahaya dengan menggunakan dirinya sebagai kelinci percobaan. James Gleick, penulis biografi Newton yang dirlis pada tahun 2003, menyatakan bahwa Newton melakukan demikian karena pada waktu itu ada ketidakpastian apakah mata yang bertanggunjawab mengumpulkan cahaya atau menciptakannya dan Newton ingin memecahkan misteri tersebut.

44. Newton menganggap dirinya seorang pendosa. Dia pernah memberikan 48 daftar dosa yang pernah dia lakukan, seperti ‘memukul saudara perempuannya’, ‘marah dengan ibu dan saudara perempuannya, dan sebagainya.

45. Albert Eisntein menyimpan gambar Newton yang selalu ditempel di dinding tempat studinya bersama dengan Michael Faraday dan James Clerk Maxwell.

semestafakta-James Clerk Maxwell semestafakta-Michel Faraday

46. Albert Eistein mungkin satu-satunya ilmuwan yang mendekati Newton dalam hal jasanya dalam bidang Fisika. Pada tahun 1999, jajak pendapat dari 100 ilmuwan fisika yang berpengaruh, memenangkan Einstein sebagai “ahli fisika terbesar dan sejarah” dengan Newton menempati urutan kedua. Survey serupa diadakan oleh situs PhysicsWeb menempatkan Newton sebagai urutan pertama. Pada survei ilmuwan di Britain’s Royal Society memenangkan Newton sebagai ilmuwan terbesar terhadap ilmu pengetahuan.

47. Newton meninggal pada 20 Maret 1727 pada usia 84. Newton dimakamkan di Biara Westminster London, sebagai penghormatan pertama kali terhadap ilmuwan.

semestafakta-newton tomb semestafakta-Westminster Abbey

48. Newton berhenti melakukan riset keilmuan setelah mengalami patah semangar (nervous breakdown). Di suatu saat pada periode tahun 1692 – 1693, Isaac Newton menderita patah semangat yang menurut dugaan berlangsung selama 18 bulan. Dia menderita insomnia, ide-ide paranoid, problem dengan ingatannya dan kekacauan mental. Di dalam suratnya untuk seorang teman dia memperlihatkan tanda-tanda yang tidak masuk akal dan hubungan pribadinya mengalami penurunan. Alasan kemunduran Newton ini diperdebatkan oleh para penulis biografinya. Ada beberapa teori yang menyatakan alasan tersebut, diantaranya adalah akibat rasiasi bahan kimia selama percobaan ilmiah; frsutasi dengan penelitiannya; berakirnya hubungan pribadinya dengan Fatio de Duiller, yaitu ahli matematika kelahiran Swiss yang tinggal di London; dan problem keyakinan agamanya.

semestafakta-fatio de duiller

49. Mercury mungkin menjadi penyebab keanehan Newton dalam akhir-akhir hidupnya. Percobaan kimia Newton dengan logam sering menyertakan analisis rasa dari 108 logam yang terdokumentasikan, termasuk logam Mercury yang kuat, paling asam, dan kasar. Radiasi kimia ini yang disebut sebagai penyebab patah semangat pada diri Newton pada tahun 1693. Setelah kematiannya, rambut Newton diuji dan ditemukan kandungan Mercury dalam level yang tinggi. Inilah yang dimungkinkan sebagai penyebab perilaku anehnyanya pada usia akhir hayatnya.

50. Newton menulis memakai tangan kiri, termasuk juga Napoleon, Da Vinci, Einstein, Bill Gates, Oprah, Obama, dan Jimi Hendrix.

51. Newton tidak suka dikritik, sehingga musuh-musuhnya malah selalu mengkritik. Ketika Newton dikritik oleh teman ilmuwannya, dia menyepi dan mengisolasi pada tahun 1679, dan kembali lagi setelah 6 tahun menghilang.

52. Newton sangat tertutup dan misterius.

53. Kutipan ungkapan Newton yang terkenal adalah “Plato adalah temanku, Aristoteles adalah temanku, tapi temanku yang paling hebat adalah kebenaran”.

54. Buku-buku yang diterbitkan selama masa hidupnya adalah (1) De analysi per aequationes numero terminorum infinitas (1669, published 1711); (2) Method of Fluxions (1671); (3) Of Natures Obvious Laws & Processes in Vegetation (unpublished, c. 1671–75); (4) De motu corporum in gyrum (1684); (5) Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica (1687); (6) Opticks (1704); (7) Reports as Master of the Mint (1701–25); (8) Arithmetica Universalis (1707).

semestafakta-Method of Fluxions semestafakta-optick semestafakta-The System of the World

55. Buku-buku yang terbit setelah Newton meninggal dunia adalah (1)  The System of the World(1728); (2) Optical Lectures(1728); (3) The Chronology of Ancient Kingdoms Amended (1728); (4) De mundi systemate(1728); (5) Observations on Daniel and The Apocalypse of St. John(1733); (6) Newton, Isaac (1991). Robinson, Arthur B., ed. Observations upon the Prophecies of Daniel, and the Apocalypse of St. John. Cave Junction, Oregon: Oregon Institute of Science and Medicine. ISBN0-942487-02-8. (A facsimile edition of the 1733 work.); dan (7) An Historical Account of Two Notable Corruptions of Scripture(1754)