28 FAKTA MENARIK TENTANG NEGARA LIECHTENSTEIN

No comment 7635 views

semestafakta-The Vaduz Castle

1. Nama Liechtenstein berasal dari orang yang membeli wilayah ini. Pangeran Austria, Johann Adam Von Liechtenstein membeli wilayah Schellenberg (1699) dan Vadus (1712) dari bangsawan Jerman yang miskin. Lama wilayah ini di bawah kekaisaran Roma Suci dan akhirnya merdeka pada tahun 1866. Pada tahun 1923, Liechtenstein membentuk union dengan Swiss.

semestafakta-Liechtenstein flag semestafakta-Liechtenstein map

2. Keturunan Liechtenstein adalah dari suku Alemanni yang mendiami daerah tersebut setelah tahun 500.

3. Liechtenstein sangat kecil bahkan tentara Swiss pada tahun 2007 secara tidak sengaja menginvasi Liechtenstein setelah tersesat dalam hujan badai. Liechtenstein adalah negara terkecil keempat di Eropa. Negara lainnya adalah Vatikan, Monako, dan San Marino.

4. Liechtenstein adalah negara berbahasa Jerman terkecil di dunia dan satu-satunya negara berbahasa Jerman yang tidak berbatasan langsung dengan Jerman.

5. Vadus adalah ibu kota Liechtenstein. Di samping square kota di sana juga terdapat Rathaus, yang selesai dibangun pada tahun 1933. Untuk menentukan model bangunannya maka diadakan kompetisi untuk menentukan arsitektur mana yang akan dipakai. Akhinrya arsitek Liechtenstein, Franz Roeckle, memenangkan kompetisi arsitektur tersebut. Bangunan Rathaus yang berbentuk kotak terpengaruh gaya Jerman.

semestafakta-Rathaus

6. Kastil Vaduz terletak di pucak sisi bukit, tinggi di atas ibu kota Liechtenstein. Kastil ini tempat tinggal Pangeran Liechtenstein dan dianggap sebagai rumah pribadi bagi keluarga kerajaan dan tidak untuk umum.

7. Kastil Liechtenstein mempunyai nama lain. Nama yang pertama adalah “Neuschwanstein’s Little Brother”, seperti nama Kastil Neuschwanstein, yaitu kastil terkenal di seluruh Jerman. Nama yang kedua adalah “Fairytale Castle in Baden- Württemberg”, yang juga secara tidak langsung mengarah pada Kastil Neuschwanstein.

semestafakta-Liechtenstein

8. Kastil Liechtenstein dibangun antara tahun 1840 dan 1842. Namun pondasinya mempunyai sejarah yang lebih tua. Kastil ini awalnya dibangun pada tahun 1200 tetapi kemudian hancur dua kali sampai akhirnya tinggal puing-puing.

9. Kastil Liechtenstein berdasar pada novel “Liechtenstein”. Kastil terinspirasi oleh novel “Liechtenstein” tahun 1826 karya Wilhelm Hauff.

semestafakta-Wilhelm Hauff semestafakta-Wilhelm Hauff2

10. Liechtenstein tidak mempunyai tentara. Dalam keterlibatan militernya yang terakhir pada tahun 1866, tidak ada dari 80 tentaranya yang terbunuh dan malah pulang dengan jumlah 81 tentara dengan mendapat tambahan satu tentara “teman” baru dari Italia. Setelah itu tentaranya segera dibubarkan.

11. Liechtenstein tidak mempunyai penjara. Tingkat kriminalitas di sana merupakan salah satu yang terendah di dunia. Peristiwa pembunuhan terakhir dilaporkan terjadi pada tahun 1997. Jika seseorang didakwa hukuman penjara 2 tahun, maka terhukum akan dipenjara di penjara Austria. Bahkan orang-orang di sana tidak pernah mengunci pintu depan rumahnya.

12. Setahun sekali seluruh penduduk diundang pesta di kastil. Setiap hari libur nasional Liechtenstein, Pangeran Agung Hans-Adam II (Serene Highness Prince Hans-Adam II), sebagai kepala negaranya, dan anaknya, Pangeran Alois (Serene Highness Hereditary Prince Alois), mengundang penduduk dari kerajaan-kerajaan kecilnya untuk pesta di taman Kastil Vaduz, yaitu tempat tinggal leluhur bangsawan.

semestafakta- Aloys II, Prince of Liechtenstein semestafakta-Serene Highness Hereditary Prince Alois semestafakta-Serene Highness Prince Hans-Adam II

13. Meski bahasa resminya adalah bahasa Jerman, namun kebanyakan penduduk memakai bahasa Alemannik yang sangat berbeda dengan standar bahasa Jerman dan lebih mendekati standar bahasa Jerman Swiss. Oleh karena itu warganya lebih memilih menyebut Liachtaschta, dibandingkan Liechtenstein.

14. Ibu kota Liechtenstein, Vaduz, mempunyai jumlah penduduk sekitar 5.425, tetapi kota terbesarnya yang kurang terkenal yaitu kota Schaan, hanya berpenduduk 583 jiwa.

15. Liechtenstein adalah produsen gigi palsu terbesar di dunia, yang pusatnya barada di kota Schaan, di perusahaan yang bernama Ivoclar Vivadent, yang menyumbangkan 20% total penjualan gigi palsu di dunia. Perusahaan tersebut memproduksi 60 juta set gigi palsu setiap tahunnya, dengan lebih dari 10.000 model gigi yang berbeda-beda.

semestafakta-Ivoclar Vivadent semestafakta-Ivoclar Vivadent2

16. Seluruh Liechtenstein bisa disewa seharga $70.000 sehari. Snoop Dogg pernah berusaha menyewa negara ini untuk pengambilan video, tetapi ditolak karena dia tidak memberikan keterangan yang cukup.

semestafakta-Snoop Dogg

17. Malbun terletak di belakang punggung sebelah selatan pegunungan Alpin di sisi kecil lembah Saminatal. Dengan lereng-lereng yang bersalju, resort di Malbun sangat terkenal. Awalnya hanya dihuni selama bulan-bulan musim panas, tetapi ketika sudah terkenal karena udara pegunungannya yang segar, maka resort Malbun didirikan pada awal tahun 1960-an dengan bangunan pertamanya adalah hotel dan lift duduk atau kereta gantung yang menghubungkan pedesaan Malbun dengan punggung Sareis di puncak pegunungan.

semestafakta-malbun semestafakta-malbun2

semestafakta-malbun4

18. Di Malbun terdapat The Galina Falcony Centre yang memberikan kepada pengunjung pengalaman berdekatan dengan elang unik, yaitu golden eagle. Setelah dari Malbun kita bisa menuju ke Sareis dengan naik lift duduk.

semestafakta-The Galina Falcony Centre

semestafakta-The Galina Falcony Centre3

19. Drei Schwestern (Tiga Saudara Perempuan) adalah gunung di perbatasan antara Austria dan Liechtenstein dengan tiga puncak, yang membentuk perbatasan alam antara Liechtenstein dan negara Austria Vorarlberg.

20. Grauspitz adalah gunung di barisan Rätikon Gunung Alpen yang berada di perbatasan antara Liechtenstein dan Swiss. Gunung tersebut terletak antara lembah Lawenatal (kotamadia Triesen) di sebelah utara dan Fläscher Tal (daerah bagian Graubünden, kotamadia Fläsch) di sebelah selatan. Kedua sisi Grauspitz ada di lembah sungai Rhine.

semestafakta-Grauspitz mount

21. Monumen Rusia Liechtenstein adalah batu peringatan di desa kecil Hinterschellenberg, dekat perbatasan Liechtenstein dengan Austria.

semestafakta-The Russian Monument Liechtenstein semestafakta-The Russian Monument Liechtenstein2

22. Kunst museum Liechtenstein adalah museum nasional seni kontemporer dan modern di Vaduz. Bangunan ini dibangun oleh arsitektur Swiss, Meinrad Morger, Heinrich Degelo, dan Christian Kerez yang selesai pada tahun 2000.

semestafakta-The Kunstmuseum Liechtenstein semestafakta-The Kunstmuseum Liechtenstein2

23. Joseph Rheinberger, seorang musisi dan komposer terkenal sepanjang masa adalah terlahir sebagai anak Pangeran Liechtenstein Aloys II pada 17 Maret 1839 di pedesaan Vaduz.

semestafakta-Joseph Rheinberger

24. Liechtenstein menang pertama di Olimpiade dengan mendapat medali emas oleh Hanni Weizel.

25. Liechtenstein bertambah luas hampir separuh mil persegi pada tahun 2007 ketika pinggiran jauh dari perbatasan gunung Alpen nya tidak diukur secara tepat dan survei baru memperlihatkan perbatasan tersebut menjadi satu mil lebih panjang dari perkiraan sebelumnya. Area tambahan tersebut, sama dengan sekitar 50 lapangan sepak bola, dan berarti Liechtenstein sekarang ukurannya 99,7 mil persegi.

26. Pakaian tradisional Liechtenstein, Trachten, jarang dipakai dan hanya dipakai untuk festival dan perayaan khusus. Pakaian wanita berupa rok penuh dan rok kerja, sedangkan kaum laki-laki memakai celana selutut, topi hitam, dan jaket wol.

semestafakta-Liechtenstein trachten

27. Makanan khas Liechtenstein adalah Käsknöfle, yang terdiri dari mie yang dibuat dengan menekan campuran tepung, air, dan telur melalui papan yang dilubangi. Mie kemudian dibakar bersama keju panggang dan lapisan bawang goreng dan seringkali disajikan bersama saus apel atau salad.

semestafakta-Käsknöfle

28. Liechtenstein mempunyai tradisi musik yang kuat. Band musik Brass dan ansambel vokal banyak ditemui di area pedesaan, sedangkan kota Vaduz dan Balzers lebih terkenal dengan musik operet.