37 FAKTA MENARIK TENTANG ERITREA

No comment 7954 views

semestafakta-The Denakil Depression3

1. PBB membuat Eritrea sebagai wilayah otonomi di dalam wilayah federasi Ethiopia pada tahun 1952. Aneksasi penuh Ethiopia atas Eritrea sebagai provinsi selaam 10 tahun selanjutnya menimbulkan perang kemerdekaan selama 30 tahun yang berakhir pada tahun 1991 dengan keberhasilan pemberontah Eritrea mengalahkan pasukan pemerintah. Eritrea mendapat kemerdekaan pada tahun 1993 dengan cara referendum.

2. Eritrea secara harfiah berarti “Merah”. Nama ini diambil dari nama Laut Merah. Sinus Erythraeus adalah nama bangsa Yunani di Mesir (dinasti Ptolemik) abad ke-3 SM yang memberi nama lautan antara Semenanjung Arab dan Benua Afrika. Kemudian bangsa Romawi mengadopsi nama yang sama dengan menyebutnya Mare Erythraeum, yang secara harfiah berarti Laut Merah.

3. Banyak ilmuwan percaya kalau Eritrea adalah tempat munculnya manusia pertama. Di sana banyak ditemukan fosil manusia purba, terutama di wilayah Buya, dekat Adi Keyh. Bukti munculnya manusia pada awal milenium ke-8 SM, dimulai dengan Pygmoid, Nilotik, Cushitic (Afar), dan Semitik (Tigriya)

4. Orang Mesir kuno menyebut wilayah ini dengan nama Amasu atau Hamasu pulau Punt yang mungin menjadi rujukan awal untuk wilayah Hamasien Eritrea.

5. Dipercaya bahwa Kerajaan Axum (Aksum), yang berada di Eritrea selatan, adalah didirikan oleh anak Raja Sulaeman dan Ratu Sheba.

semestafakta-Kingdom of Axum (Aksum)

6. Eritrea pernah dikuasai oleh Kekaisaran Ottoman pada abad ke-16 selama tiga abad. Eritrea kemudian dijajah oleh Italia pada 1 Januari 1890, dan menjadi provinsi Afrika Timur Italia (Africa Orientale Italiana) bersama dengan Ethiopia dan Italian Somalilan pada tahun 1936. Pada tahun 1941, Inggris memaksa Italia keluar dari Eritrea dan mendaftarkan wilayah Eritrea di bawah mandat PBB yang berlangsung sampai tahun 1951.

7. Tiga sungai terbesar Eritra diduga namanya berasal dari nama-nama kuno Yunani. Yang pertama adalah Sungai Mereb yang cocok dengan ibu kota Sabean Ma’rib. Sungai Haddas mempunyai kesamaan dengan pedesaan Hadda di dekat Sana’a dan Sungai Anseba erat berubungan dengan kota kuno Nisab di Wadi Hammam di sebelah tenggara Ma’rib.

8. Penurunan Denakil adalah titik terendah di Eritrea dan dianggap sebagai salah satu tempat terpanas di dunia. Puncak tertingginya adalah Emba Soira dengan ketinggian 3.018 meter.

semestafakta-The Denakil Depression semestafakta-The Denakil Depression2 semestafakta-The Denakil Depression3

9. Selama perang kemerdekaan Eritrea, setidaknya ada 3500 tentara terlatih Kuba yang berperang bersama orang-orang Ethiopia. Operasi ini dinamakan Operasi Pembersihan bintang merah melawan para nasionalis, yaitu pasukan infanteri yang mendaratkan 12.000 pasukan Ethiopia.

10. Nenek moyang suku Tigre dan Biher-Tigirya dianggap menjadi asal-usul suku Beja, yang masuk pada sekitar tahun 2000 SM dari gurun sebelah selatan Mesir dan sebelah utara Sudan memasuki Lembah Barka dan dataran tinggi utara.

11. Ada banyak nama jalan Eritra di dunia, seperti Viale Eritrea (Jalan Eritrea) di Roma, Italia; Via Eritrea di Gela, Altamura, Torino, Rimini, Bari di Italia; Jalan Eritrea di Roodepoort, Gauteng, Afrika Selatan dan di Tembisa Gautang Afrika Selatan serta Jalan Eritrea di Addis Ababa, Ethiopia.

12. Ada 12 nama jalan di dunia yang diambil dari nama kota-kota di Eritrea, yaitu Asmara Drive di Austin TX, Via Asmara di Roma Italia, Asmara Court di Punta Gorda FL, Asmara Way di Easton CT, Asmara di Las Vegas NV, Via Massauna di Roma Italia, Via Assab di Roma Italia dan Via Cheren (Keren) di Roma Italia.

13. Pengaruh Yunani terhadap kerajaan Aksumite sangat kuat yang hampir seluruh prasasti abad ke-4 adalah buatan Yunani. Meski belum jelas apa peran Ptolemies di Axum, namun sudah cukup bukti bahwa pengaruh Helenis terhadap Axum adalah sangat kuat.

14. Eritrea pra Islam dan pra Kristen adalah memuja dewa-deewa dari Yaman, seperti dewa Astar, Mahrem, Baher dan Almaqh

15. Eritrea tidak mempunyai bahasa nasional resmi.

16. Bahasa Eritrea dinamakan “Nara Bana”, yang artinya “Percakapan Nara” yang berasal dari nama Nara yang artinya “langit, surga”

17. Eritrea mempunyai 10 bahasa seperti bahasa Tigriya, Arab, Inggris, Saho, Bilen, Afar, Kunana, Nara, Tigre, dan Hedareb.

18. Menurut bahasa Tigriyan, ibu kota Eritrea, Asmara, artinya adalah “Membuat Bersatu”

19. Kota Asmara dijuluki dengan “Kota Afrikanya Italia” atau “Roma Baru”

20. Eritrea adalah situs penemuan arkeologis terbanyak kedua setelah Mesir. Sejumlah situs arkeologis di Eritrea yang sebelumnya ada 45.000 sekarang meningkat menjadi 80.000.

21. Pada tahun 1990, ada 40% para pejuang kemerdekaan Eritrea adalah kaum wanita. EPLF mempunyai prosentase pasukan wanita lebih tinggi dibandingkan tentara kemerdekaan lain di dunia.

22. Karena iklim pulau Dahlak yang terlarang, maka dipercaya bahwa istilah Dahlak adalah berasal dari bahasa Arab, “Dah’ala” yang artinya “Gerbang Neraka”.

semestafakta-Dahlak islands semestafakta-Dahlak islands2

23. Ada dua universitas di Eritrea, yaitu Universitas Asmara dan Insitute Ilmu dan Teknologi.

semestafakta-University of Asmara

24. Laut Merah semakin meluas sekitar satu setengah inci per tahun dan pada saatnya nanti akan menjadi samudera. Sekitar 34 juta tahun yang lalu, Laut Merah muncul. Celah laut ini merupakan salah satu wilayah termuda dari pecahan benua di bumi.

25. Eritrea merdeka pada tahun 1993. Hari kemerdekaan Eritrea adalah salah satu hari libur paling penting di Eritrea, yang dirayakan setiap tanggal 24 Mei setiap tahunnya.

26. Isaias Afwerki adalah satu-satunya presiden Eritrea, sejak kemerdekaan sampai sekarang.

semestafakta-Isaias Afwerki

27. Emblem nasional Eritrea dipakai pada 24 Mei 1993 pada saat deklarasi kemerdekaan. Emblem ini bergambar unta yang dilingkari dengan rangkaian daun salam.

semestafakta-eritrea emblem

28. Eritrea adalah negara pertama di dunia yang mengalokasikan seluruh pantainya sebagai tempat yang dilindungi. Gugusan pulau Dahlak adalah pulau terkenal di dunia untuk budidaya mutiara dan tidak berpenghuni

29. Kota pelabuhan Adulis adalah salah satu kota tertua di Afrika, yang didirikan oleh Yunani pada tahun 600 SM.

semestafakta-The port city of Adulis

30. Zersenay Tadese adalah orang pertama Eritrea yang memenangkan medali Ilimpiade. Dia menang dalam lari 10000 meter di Athena pada tahun 2004

semestafakta-Zersenay Tadese

31. Sebagai bagian dari budaya Eritrea, mengunjungi teman dan anggota keluarga adalah sudah biasa tanpa diundang.

32. Pada Nations Cup tahun 1962 yang dimenangkan oleh Ethiopia, 9 dari 11 pemenangnya adalah orang Eritrea. Nama-namanya adalah Lucian Vassalo, Tesfay Gebremedhin, Berhe Goitom (Patata), Etalo Vassalo, Kiflom Araya, Gilamichael Tesfamariam (wedi Mariano), Haile Tesfagaber, Tekle Kidane, Asmelash Berhe, Tsegay Tesfay, Negassi Gebremichael and Berhane Beyene yang menjadi bagian dari Tim Nasional Bersejarah tahun 1962.

33. Pada awal tahun 1940-an, Inggris ingin mengubah Eritrea menjadi daerah jajahan Yahudi. Tujuannya adalah untuk mengalihkan imigrasi Yahudi dari Palestina dan untuk menurunkan ketegangan kekuasaan Inggris di Palestina.

34. Di Eritrea ada 14.000 spesies ikan yang hidup di perairan Eritrea, dan 17% ikannya sekarang sudah ditemukan di luar Eritrea. Di sana juga terdapat 250 spesies karang yang terkenal, yang 20% nya hanya ada di perairan Laut Merah Eritrea.

35. Di daerah dataran tinggi di Eritrea umumnya orang dewasa dan anak-anak makannya terpisah dan berbeda di daerah dataran rendah yang anak-anak dan orang dewasa makannya bersama-sama.

36. Eritrea hanya memiliki satu partai politik, yaitu Fron Rakyat untuk Demokrasi dan Keadilan (People’s Front for Democracy and Justice).

37. Makanan khas Eritrea, khususnya di daerah pedesaan adalah Injerra, semacam pankake yand dimakan bersama saus yang dikenal dengan nama Tsebhi atau Wat.

semestafakta-Injerra semestafakta-Injerra2