38 FAKTA MENARIK TENTANG REPUBLIK AFRIKA TENGAH

No comment 10000 views

semestafakta-the Manovo-Gounda National Park2

1. Pada akhir abad ke-19, Afrika Tengah dijajah oleh Perancis. Pada tahun 1960, Afrika Tengah merdeka dari Perancis.

semestafakta-Flag Of The Central African Republic

2. Pada tahun 1993, rakyat di Afrika Tengah mengadakan pemilu multipartai secara demoratis untuk pertama kalinya. Presiden yang terpilih adalah Ange-Félix Patassé. Pada kudeta tahun 2003, Jenderal François Bozizé menumbangkan Patassé dari kekuasaannya.

semestafakta-Ange-Félix Patassé semestafakta-General François Bozizé

3. Pada tahun 2004, Afrika Tengah dilanda peperangan. Pada tahun 2007 dan 2011, perjanjian perdamaian ditandatangani. Pada Desember 2012, terjadi perselisihan antara faksi Kristen dan Islam dengan pemerintah. Pada tahun 2013 dan 2014 pembantaian etnis keagamaan terjadi di Afrika Tengah.

4. Republik Afrika Tengah termasuk salah satu dari negara termiskin di dunia, meski banyak mengandung cadangan emas, minyak mentah, listrik tenaga air, kayu, uranium, dan intan permata.

5. Tingkat pembangunan manusia di Afrika Tengah sangat rendah, yaitu menempati peringkat ke-185 berdasarkan Human Development Index tahun 2013.

6. Ibu kota Afrika Tengah, Bangui, terletak di samping Sungai Ubangi. Tempat-tempat menarik di Bangui meliputi Pasar Pusat warna-warni (yang terkenal karena kalung perunggunya), Museum Boganda, Sekolah Seni Kerajinan Tangan, Katedral dan gereja Saint Paul, yaitu gereja kecil dengan pemandangan sungai, dan bagian Hausa. Grande Corniche di tepian sungai Ubangi yang memberikan pemandangan indah para pemancing di gubug-gubug dan sampan.

semestafakta-The Boganda Museum in Bangui

7. Museum Boganda di Bangui memajang alat-alat musik tradisional, peralatan perang, arsitektur pedesaan, peralatan berburu, barang-barang tembikar, dan benda-benda keagamaan. Pemandangan lainnya adalah termasuk kebun binatang Bangui dan katedral batu bata merah.

8. Puncak tertinggi di Afrika Tengah adalah Gunung Ngaoui, yang tinggianya mencapai 1,420 meter. Nama lain dari gunung ini adalah Gunung Gaou, yang ,ebih mudah diucapkan.

9. Di Bangassou, Afrika Tengah, dekat Sungai Ubangi di perbatasan dengan Kongo, terdapat Air Terjun Kembe di sungai Kotto. Air terjun lainnya adalah Air terjun Boali di dekat pedesaan Boali. Air terjun ini lebarnya 250 m dan tingginya 50 m dengan pemandangan indahnya dari restoran yang ada di puncaknya. Di dekat situ juga terdapat pusat listrik tenaga air.

semestafakta-Boali Waterfalls semestafakta-Kembe Falls

10. Di Bouar, di sebelah timur Afrika Tengah, terdapat gundukan tanah pemakaman yang sudah berusia ribuan tahun yang ditandai dengan Tanjunu (benda megalit tegak) peninggalan dari masa Neolitikum seumuran dengan Stonehenge di Inggris. Situs ini masuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site.

semestafakta-Megalithic Stones in Bouar

11. Kota Zinga di Afrika Tengah adalah kota kecil yang ukuran panjangnya hanya 1 km dan luasnya adalah 300 m, namun tempat ini banyak dikunjungi para turis. Pemandangan menariknya adalah rumah kayu dan keramahan warga kota ini dalam menerima para pengunjung. Kota ini bisa dicapai dengan menggunakan sampan atau motorboat melalui sungai Ubangi.

12. Afrika Tengah mempunyai Taman Nasional Manovo-Gounda yang terletak di perbatasan antara Afrika Tengah dengan Chad. Taman nasional ini luasnya sekitar 1,75 juta hektar dan menjadi habitat bagi banyak spesies hewan termasuk badak hitam yang sangat jarang. Spesies lainnya adalah anjing liar, harimau, gajah, dan macan tutul. Taman nasional besar lainnya di Afrika Tengah adalah Taman Nasional Dzanga-Ndoki yang berada di barat daya Afrika Tengah dan Taman Nasional Andre Felix, yang berbagi dengan wilayah Sudan, seluas 600.000 hektar, yang terdiri dari 50% semak belukar dan 50% hutan.

semestafakta-the Manovo-Gounda National Park semestafakta-the Manovo-Gounda National Park2

13. Cagar Alam Chinko atau yang dikenal dengan Proyek Chinko terletak di Lembah Aliran Chinko. Cagar alam ini tempat bagi banyak spesies dan dianggap sebagai salah satu tempat dengan paling banyak keragaman biologis di dunia.

14. Kembe adalah perkampungan tradisional Afrika dengan rumah yang terbuat dari batu bata dan atap jerami. Di dekatnya adalah air terjun yang arusnya bercabang membentuk huruf V yang menakjubkan.

15. Lobaye adalah wilayah di Afrika Tengah yang merupakan salah satu tempat untuk melihat suku pribumi termasuk suku Pygmy. Wilayah ini jauhnya hanya 60 mil dari ibu kota tetapi gaya hidupnya sangat berbeda. Lobaye juga terkenal dengan produksi kopinya dan para pengunjung bisa melihat-lihat tanaman-tanaman kopi dan cara menanamnya.

16. Birao adalah sangat jauh dan jarang dikunjungi. Kota ini mempunyai bandara meski sekarang sudah tidak digunakan lagi. Kota ini tempat yang baik untuk merasakan kehidupan di Afrika Tengah dan di perbatasan Chad dan Sudan.

17. Jika kamu tertarik ingin tahu tentang bukit granit di Afrika Tengah, kamu bisa pergi ke Yade Massif, yang berlokasi di bagian barat laut dari Afrika Tengah.

18. Apakah kamu pernah mendengar tentang Anomali Magnetis Bangui. Itu dianggap sebagai salah satu daru anomali terbesar di dunia yang berada di Afrika Tengah.

19. Burung murai Hutan Sangha adalah salah satu dari burung murai hutan yang endemik di Afrika Tengah. Burung ini ditemukan pada tahun 1996 dan diidentifikasi secara ilmiah pada tahun 1999.

20. Tikus Oubangui adalah spesies hewan pengerat dalam famili Muridae. Tikus Oubangui hanya ditemukan di Afrika Tengah dengan habitanya di savana yang kering.

21. Hewan Skinks (Typhlosaurus), ular yang yang menyerupai reptil dengan leher pendek dan lengan kakinya relatif kecil, adalah hewan endemik Afrika Tengah.

22. Katak Sungai Sternfield (Phrynobatrachus sternfeldi) adalah spesies katak dalam keluarga Petropedetidae yang endemik di Afrika Tengah. Habitat alamnya adalah di rawa-rawa.

23. Graphium abri adalah kupu-kupu keluarga Papilionidae yang ditemukan di Afrika Tengah.

24. Utricularia, adalah tanaman karnifora kecil yang dilengkapi dengan perangkap menyerupai kandung kemih. Tanaman ini endemik di Afrika Tengah.

25. Killifish adalah salah satu dari keluarga ikan cyprinodontiform (tempat telur). Nama Killifish berasal dari istilah Belanda “Kilde”, yang artinya kubangan sungai kecil. Karena hidupnya di air yang sebentar, makan kebanyakan telur Killifish dapat bertahan di tempat yang kekurangan air. Seperti biji-bijian, telur ikan tersebut bisa dikirim dengan pos tanpa air.

26. Tikus pohon Dollman, Prionomys batesi, adalah tikus panjat dari Afrika Tengah yang kurang dikenal. Tikus ini cukup unik yang digolongkan dalam genusnya sendiri, Prionomys, sejak ditemukan pada tahun 1910. Tikus ini mempunyai ekor dengan panjang yang wajar, bulunya pendek, lembut, berwarna cokelat, dan bertelinga kecil melingkar.

27. Burung beo Afrika adalah berukuran sedang, berwarna dominan abu-abu, beratnya 400 gram, dengan panjang 33 cm dan rata-rata panjang sayapnya ada;ah 46-52 cm. Ekor dan bagian bawah ekor berwarna merah.

semestafakta-The African grey parrot

28. Republik Afrika Tengah juga terkenal dengan lagu dan jogetnya. Musik dan nyanyian suku Aka dari hutan barat daya mendapatkan perhatian internasional karena musik dan jogetnya, dan beberapa rombongan musik atau jogetnya sudah tampil di Eropa.

semestafakta-Aka

29. Di Bangui dan beberapa kota, musisi Afrika Tengah telah membentuk bands orkes seperti Musiki, Zokela, Makembe, Cool Stars, Cannon Stars, dan Super Stars. Musisi ini memainkan versi musiknya yang unik dari alat musik Kongo, dimana irama dan bahasa Afrika dikombinasi dengan tarian rumba, cha-cha, dan merengue.

semestafakta-Makembe

30. Salah satu jenis musik Afrika Tengah, yang dinamakan Zokela, diberi nama setelah band dari tahun 1980-an ini menjadi bentuk musik yang dinamis dari wilayah Lobaye. Musik ini menggabungkan irama-irama upacara pedesaan dengan suara musik perkotaan dan telah memengaruhi banyak band di Bangui.

semestafakta-zokela

31. Seniman Afrika Tengah telah menghasilkan lukisan minyak dan warna cat air. Mural dan kanvas Jerome Ramedane menggambarkan kehidupan binatang di Afrika, pesta berburu, dan kehipan sehari-hari di pedesaan. Karya serupa sering terdapat di dinding-dinding restoran, bar, dan tempat berkumpul lainnya di Bangui dan kota-kota lainnya.

32. Sepak bola sangat terkenal di kalangan pemuda Afrika Tengah. Bahkan desa-desa kecil biasanya mempunyai lapangan sepak bola, dan desa-desa, gereja, serta sekolah sering mensponsori tim sepak bola laki-laki dan perempuan. Bola basket dan rugby juga banyak dimainkan, terutama di Bangui. Atlet Afrika Tengah telah ikut dalam kejuaraan Olimpiade sejak tahun 1968.

33. Africa Number One, sebuah stasiun radio privat yang menjadi bagian dari jaringan kepemilikan Perancis yang berasis di Gabon, yang beroperasi di Bangui sejak tahun 1995, adalah mempunyai stasiun yang berafiliasi dengan gereja Katolik Roma. Sejak tahun 1997 Radio France Internationale beroperasi di Afrika Tengah. Radio-MINURCA mulai siaran pada tahun 1998 sebagai stasiun radio untuk pasukan penjaga perdamaian PBB, tetapi pada tahun 2000, setelah misi penjaga perdamaian berakhir, maka radio ini menjadi Radio Ndeke Luka.

semestafakta-Radio Ndeke Luka semestafakta-Radio Ndeke Luka

34. Para pencari permata di Afrika Tengah pernah menemukan batu geretan/api mengkilap dan peralatan dari kuarsa yang sudah berusia 8000 tahun.

35. Pada tahun 2008, National Geographic mempublikasikan artikel yang menyatakan bahwa Afrika Tengah adalah negara yang paling sedikit mendapatkan polusi cahaya.

36. Bir jahe adalah minuman pavorit di Afrika Tengah.

37. Di bagian utara dari Afrika Tengah terdapat Zona Sahelo-Sudanian, sedangkan di bagian selatanya terdapat zona hutan katulistiwa. Di Afrika Tengah mempunyai savana Sudano-Guinean.

38. Makanan khas Afrika Tengah meliputi Bushmeat, Chichinga (sate kambing), saus Egusi, Foutou, Fufu, Fulani Boullie, Gozo, Kanda ti nyma, Muamba, dan lain-lain.

semestafakta- Chichinga semestafakta- Foutou semestafakta- fufu semestafakta- Bushmeat semestafakta- Egusi sauce