58 FAKTA MENARIK TENTANG ARMENIA

No comment 16846 views

semestafakta-Echimiazin Armenian Apostolic Church

1. Banyak penemuan arkeologis yang membuktikan bahwa Armenia adalah tempat lahirnya peradaban manusia. Diantaranya adalah situs observatorium Karahunj (Zorats Karer), artefak-artefak yang ditemukan di Areni, Lchashen, Metsmor, Gunung Artin.

2. Informasi pertama yang menyebutkan Armenia adalah dari tahun 3000 SM, yang disebut dalam teks Sumeria, yaitu pada syair epos Gilgamesh.

3. Kerajaan Armenia berdiri pada abad ke-6 SM dan berakhir sampai jatuhnya Greater Armenia pada tahun 428 M. Penemuan arkeologis paling awal menerangkan bahwa nama “Armenia” berasal dari abad ke-6 SM. Raja Urartia, yang berkuasa di wilayah tersebut dari abad ke-9 SM, sering konflik dengan bangsa lain di wilayah tersebut, khususnya dengan bangsa Asyiria dan Median, dan kemudian Parthia. Kerajaan Armenia juga ditunjuk sebagai Greater Armenia, oleh bangsa Romawi misalnya, untuk membedakannya dari wilayah berpenduduk Armenia, yang sering dikenal dengan Armenia Bawah. Dalam bahasa Armenia, mereka dikenal dengan nama “Mets Hayk” (atau Medz Hayk”, bila diucapkan dengan bahasa Armenia Barat modern) dan “Pokr Hayk”. Ada tiga dinasti yang memerintah Greater Armenia, yang masing-masing bernama sesuai dengan nama pendirinya: Yervandouni (dikenal sebagai Orontid dengan pangkat Yunani atau Romawinya); Artashisya (Artaxiad); dan Arshakouni (Arsaciad). Yang terakhir turun tahta pada tahun 428 M.

4. Simbol nasional Armenia adalah Gunung Ararat, meski gunung ini terletak di wilayah Turki.

5. Bangsa Armenia merupakan salah satu bangsa tertua di dunia. Orang Armenia menyebut dirinya dengan “Hai” dan negaranya dengan nama “Hayastan”, meski kebanayakan negara di dunia menyebutnya dengan nama negara Armenia. Nama awal Armenia adalah “Hayk”.

6. Menurut kepercayaannya, Gunung Ararat adalah tempat di mana “Bahtera Nuh” seperti dalam cerita Bibel, terdampar.

7. Lembah Ararat, yang berada di Armenia Tengah, dianggap sebagai salah satu wilayah berpenduduk tertua yang sudah dihuni sejak Zaman Batu.

8. Ibu kota Armenia, Yerevan, sudah berdiri sejak 2800 tahun yang lalu, dan merupakan salah satu kota tertua di dunia. Nama resminya adalah “Republik Armenia”. Kota ini dibangun oleh raja Argishti pada tahun 782 SM.

9. Armenia menjadi anggota lebih dari 40 organisasi internasional yang berbeda-beda, termasuk PBB, Konsili Eropa, Asian Development Bank, Commonwealth of Independent States, World Trade Organization, dan Organization of the Black Sea Economic Cooperation. Armenia juga menjadi anggota pengawas Eurasian Economic Community, La Francophonie, dan Non-Aligned Movement.

10. Yerevan mendapat julukan “Kota Pink”, karena batu-batu yang digunakan dalam bangunan lama di Yerevan berwarna pink.

11. Siapapun yang mengunjungi Yerevan bisa mengunjungi Matenadaran, yaitu museum tempat penyimpanan khusus manuskrip-manuskrip kuno dan institut penelitian ilmiah. Ada lebih dari 20.000 buku dan manuskrip tulisan tangan di Matenadaran. Namun, ini adalah bagian kecil dari manuskrip dan buku Armenian, dan ratusan ribu lainnya telah hancur karena perang.

semestafakta-Matenadaran semestafakta-Matenadaran2 semestafakta-Matenadaran2

12. Alphabet Armenia berbeda dengan alphabet di dunia. Alphabet ini ditemukan oleh Mesrop Mashots dan mempunyai 38 huruf.

semestafakta-Mesrop Mashtots 2 semestafakta-Mesrop Mashtots

13. Batu peringatan Khachkar di Monasteri Goshavank di Armenia, adalah menjadi tempat dimana undang-undang pertama Armenia pertama kali ditulis oleh Mkhitar Gosh pada akhir abad ke-12.

14. Armenia terkenal karena bebatuan dan jurangnya. Tidak herak kalau Armenia dijuluki negeri “Hayastan, Qarastan”, yang artinya “Armenia, daratan Batu”. Batu vulknais dan batu basaltnya adalah material yang bagus untuk bangunan

15. Puncak tertinggi di Armenia adalah Gunung Aragats/Arahat (4090 m) yang sudah tidak aktif lagi.

16. Salah satu danau terbesar di dunia adalah Danau Sevan, yang berada di dataran tinggi di Armenia.

semestafakta-Lake Sevan

17. Gua Magili Cavern di Noravank Gorge, Armenia mempunyai kedalaman 500 meter.

18. Di Armenia, permainan catur adalah pelajaran wajib di sekolah dan ada ujian khusus mata pelajaran catur.

19. Juaran catur dunia, Garry Kasparov, pemilik Chrysler, Kirk Kerkorian, patolog Jack Kevorkian, penyanyi Charles Aznavor, Cher, Kim Kardashian adalah orang Armenia.

semestafakta-Kirk Kerkoriansemestafakta-Charles Aznavor semestafakta-Jack Kevorkiansemestafakta-Cher

20. Armenia merdeka pada tahun 1991 bersamaan dengan bubarnya Uni Soviet dan bergabung dengan Commonwealth of Independent States.

21. Armenia adalah negara pertama yang mengadopsi agama Kristen sebaga agama negara. Sekarang ada 97% penduduk Armenia memeluk agama Kristen, dan di sana terdapat banyak gereja yang paling indah di dunia, yaitu monasteri Khor Virap, Monasteri Noravank, Gereja Apostolik Armenia Echimiazin, puing peninggalan Zvartnots, Monasteri Geghard, Monasteri Sevanakvank, Monasteri Tatev, Katedral Santa Grigor Lusavorich, Gereja Odzun, dan komplek Monasteri Sanahin.

22. Gereja Apostolik Armenia dianggap sebagai bangunan utama keagamaan Armenia. Gereja ini dianggap sebagai gereja nasional tertua di dunia.

23. Raja terakhir Armenia tidak dimakamkan di Armenia. Kerajaan Cilicia Armenia berakhir pada tahun 1375 dengan turunnya raja Leo V. Cilicia selama tiga abad dianggap sebagai benteng bagi Kristen di Timur Dekat dengan pasukan Salibnya. Raja terakhir Cilicia, dari keturunan Lusignan Perancis, tidak bisa bertahan dari kepungan pasukan Mamluk Mesir. Dia ditawan di Kairo sampai tahun 1382, dan akhirnya ditebus oleh kedermawanan raja Spanyol. Dia diberikan gelar Hakim Ketua Madrid, Villareal, dan Andujar. Raja Leo menghabiskan waktunya dari pengadilan ke pengadilan di Eropa Barat. Dia menjadi diplomat dalam mediasi antara Perancis dan Inggris untuk membebaskan Cilicia, tetapi tidak sukses. Dia meninggal pada tahun 1393. Jenazah raja terakhir Armenia dinajiskan selama Revolusi Perancis empat ratus tahun kemudian, tetapi kemudian makamnya dipindah ke Basilica of St. Denis bersama dengan anggota monarki Perancis lain.

24. Di Yerevan terdapat katedral yang besar dan indah, yaitu Katedral Saint Gregory the Illuminator, yang menjadi landmark kota Yerevan. Katedral ini tingginya 180 kaki dan luasnya 12540 kaki persegi.

25. Santa Bartholomew the Apostle, Santa Gregory the Illuminator, Santa Jude the Apostle dan Virgin Maria adalah orang-orang suci pelindung Armenia.

semestafakta-St. Bartholomew the Apostle semestafakta-St. Gregory the Illuminator semestafakta-Virgin Mary

26. Monasteri Khor Virap adalah salah satu pemandangan pavorit bagi turis di Armenia. Gunung Ararat yang berada di sebelah kanannya menjadi latar belakang pemandangan yang sangat indah. Penduduk lokal juga percaya bahwa gunung Arahat melindungi monasteri tersebut dari gempa bumi yang dulu melanda. Diyakini bahwa Santa Gregory Sang Pencerah (St Gregory the Illuminator) pernah dipenjara di gereja ini di ruang bawah tanah sedalam 7-8 meter karena mengajarkan ajaran Kristen kepada orang Armenia. Anehnya, meski dia dipenjara selama 13 tahun tetapi dia masih hidup ketika dia ditemukan.

semestafakta-Khor Virap Monastery semestafakta-Khor Virap Monastery2 semestafakta-Khor Virap Monastery3

27. Gereja Apostolik Armenia Echimiazin adalah katedral pertama yang pernah dibuat di Armenia dan juga merupakan katedral tertua di dunia.

28. Reruntuhan Zvartnorts dikenal juga dengan “Kuil Reruntuhan” dan masuk dalam daftar UNESCO Heritage Site. Gereja ini adalah gereja tingkat tiga dengan melingkar pertama yang dibangun pada abad ke-6 dan hanya berumur 3 abad karena akhirnya hancur oleh gempa bumi. Beberapa pilar dan altar gereja masih tersisa.

semestafakta-Zvartnots Ruinssemestafakta-Zvartnots Ruins2

29. Monasteri Geghard adalah sangat unik dengan pintu masuknya yang dilubangi dari gunung batu ketika waktu itu teknologi masih sangat terbatas. Nama Geghard berarti “tombak” yang menunjukkan tombak yang digunakan untuk menusuk Kristus setelah dia disalib untuk mengecek apakah dia masih hidup. Banyak para peziarah datang ke sini untuk melihat relik “tombak”.

semestafakta-Geghard Monastery semestafakta-Geghard Monastery2 semestafakta-Geghard Monastery3

30. Katedral Santa Grigor Lusavorich adalah simbol ulang tahun ke-1700 proklamasi Kristen sebagai agama negara di Armenia dan juga merupakan penghormatan kepada Santa Gregory Sang Pencerah, yang bertanggungjawab memperkenalkan agama Kristen ke Armenia. Gereja ini adalah gereja terbaru di Armenia dan dibangun hanya sekitar 6-7 tahun yang lalu.

semestafakta-The St Grigor Lusavorich cathedral

31. Gereja Odzun berbeda dengan lainnya karena warna dinding batunya yang pink. Gereja lainnya di Armenia berwarna abu-abu atau grey.

32. Komplek monasteri Sanahin adalah sangat mengesankan karena atap lengkungnya yang luar biasa. Gereja Sanahin kaya dengan Khachkars (batu salib), yaitu lebih dari 80 batu salib berada di sana.

semestafakta-Sanahin monastery complex

33. Armenia adalah satu-satunya negara di dunia dengan satu etnis besar. 97% adalah etnis Armenia dan sisanya adalah gabungan dari etnis Yazidis, Russia, Ukraina, Kurdi, dan lainnya.

34. Gereja pertama di dunia dibangun di Armenia, yaitu Gereja Etchimiadzin Suci yang dibangun pada abad ke-4. Gereja ini juga menjadi markas semua gereja di Armenia, dan merupakan tempat ziarah paling banyak dikunjungi di seluruh dunia.

semestafakta-Holy Etchimiadzin

35. Sekitar 1,5 juta orang Armenia terbunuh selama genosida di bawah kekuasaan Ottoman pada tahun 1915. Pada 24 April 2015 menandai peringatan 100 tahun genosida. Pembunuhan massal terjadi selama perang dunia pertama, yang terjadi selama 3 tahap. Tahap pertama ketika semua kaum laki-laki disuruh untuk bergabung menjadi tentara dan kemudian dibunuh. Tahap kedua membunuh semua kaum wanita, dan tahap terakhir membunuh para intelektual.

36. Perdana Menteri Vazgen Sarkisian dan Juru Bicara Parlemen, Karen Demirchian ditembak mati pada tahun 1999 oleh seorang bersenjata di parlemen Armenia.

semestafakta-Prime Minister Vazgen Sarkisian

37. Aliansi utama Armenia adalah Russia. Di sana ada pangkalan militer Russia di kota terbesar kedua di Armenia, Gyumri, yang dilengkapi dengan Pertahanan Anti-Missil.

38. Di sana ada Armenia kedua yang tidak mengakui republik Armenia, yang dinamakan dengan Republik Nagorno-Karabakh. Nagorno Karabakh adalah wilayah otonom di Azerbaijan SSR. Karena rasisme, fasisme, dan pelanggaran hak asasi melawan Armenia oleh Nagorno Karabakh yang diprovokasi oleh pemerintah Azerbaijan, Nagorno Karabakh mendeklarasikan diri merdeka dari Azerbaijan dan itulah alasan mengapa masih terjadi perang antara Armenia dengan Azerbaijan karena Nagorno Karabakh. NKR (Nagorno-Karabakh Republik) sejak tahun 1991 adalah negaras merdeka de fakto dengan tentaranya sendiri, konstitusi, pemerintah, dan benderanya sendiri. Tetapi Armenia yang melindungi penduduk Nagorno-Karabakh.

39. Armenia adalah penemu anggur pertama (bukan Perancis). Pada tahun 2011, para ilmuwan menyimpulkan bahwa tempat lahir sebenarnya anggur adalah gua di Armenia. Para arkeolog menyebutnya dengan Gua pembuat anggur “tertua” di dunia yang sudah berusia 6000 tahun.

40. Armenia adalah salah satu produsen anggur tertua di dunia, yang berlokasi di lembah pertanian Gunung Ararat.

41. Orang Armenia memanggang kue roti lavash nya di dalam tanah di tonir, yaitu semacam lubang dangkal untuk memasak roti khas Armenia. Resep masakan ini terdaftar dalam UNESCO Intangible Cultural Heritage pada tahun 2014.

semestafakta-lavash semestafakta-lavash2

42. Armenia kaya dengan buah-buahan yang dikeringkan yang segar dan makanan organik. Di manapun banyak ditemukan wanita menjual kalung buah kering yang dinamakan “Churchkela”, atau Sujuk manis, yaitu semacam kenari yang dicelupkan dalam sirup anggur kental dan dikeringkan dengan diuntai dalam tali menyerupai kalung.

43. Armenia adalah tempatnya kereta gantung dua arah, yang panjangnya mencapai 5.752 meter. Kereta gantung ini dibuka pada 16 Oktober 2010 dan telah memenangkan rekor dunia dalam hal panjangnya.

44. Kota Yerevan mempunyai stasiun metro bawah tanah bergaya Soviet.

45. Di Armenia banyak ditemukan mobil Ladas.

semestafakta-armenian ladas

46. Buah delima adalah buah pavorit orang Armenia dan menyimbulkan kesuburan.

47. Boregs Keju adalah makanan tradisional Armenia yang terbuat dari keju feta yang dibungkus dalam adonan filo dan dipanggang sampai cokelat keemasan.

48. Bir armenia adalah salah satu minuman terbaik di dunia yang pernah berperan penting dalam mengambil keputusan selama Perang Dunia II, ketika Joseph Stalin dan Winston Churchill banyak meminumnya selama Konferensi Yalta tahun 1945. Churchill memesan satu krat bir tersebut untuk dikirim ke London setiap tahunnya.

semestafakta-armenian brendy

49. Orang Armenia menyukai dansa dan menyebut dansanya dengan “keff time” yang berarti “waktu pesta”.

50. Kata atau istilah untuk cantik dalam bahasa Armenia adalah “siroon” (yang diucapkan “see-roon”).

51. Menurut survei baru-baru ini, wanita Armenia masuk dalam daftar wanita terseksi di dunia. Polling tersebut dipilih oleh 110.000 warga Amerika yang mengklaim bhawa wanita Armenia (dan lelaki Irlandia) adalah paling seksi dan menarik.

52. Metalurgi pertama kali diajarkan di Armenia sedangkan astronomi diajarkan di kota kuno Metsamor.

53. Musik tradisional Armenia adalah Duduk dan Oud. Nama tradisional Duduk adalah “Tsiranapogh” dalam bahasa Armenia, atau seruling-aprikot karena terbuat dari kayu pohon aprikot. Jivan Gasparyan adalah ahli memainkan Duduk Armenia yang terkenal di dunia. Oud adalah alat musik abad pertengahan yang miirp gitar. Duduk oleh UNESCO dianggap sebagai the Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity pada tahun 2008.

semestafakta-oud

54. Perusahaan canang perlengkapan drum Zildjian adalah salah satu dari perusahaan bisnis tertua di dunia. Istilah “Zil” adalah bahasa Turki untuk “canang” dan “-dji” dikombinasi dengan “-ian” adalah nama keluarga keturunan Turki-Armenia pembuat canang. Bermula pada awal abad ke-17 ketika seorang kimiawan bernama Avedis menemukan campuran logam khusus yang menghasilkan suara untuk para tentara, untuk tempat-tempat ibadah, untuk perayaan, dan untuk untuk dijadikan alat musik yang bagus. Sultan Turki menganugerahi Avedis nama “Zildjian”, bersama dengan 80 keping emas. Perusahaan pabrikan canang Zildjian dapat dilacak akar mulanya sampai ke Konstantinopel pada tahun 1623.

semestafakta-zildjian semestafakta-zildjian2

55. Tahukah kamu bahwa Prunus Armenica (“plum Armenia”) atau buah Aprikot. Sejarawan Yunani dan ROmawi membuktikan bahwa apricot awalnya tumbuh dan ditanam di Armenia. Jenderal Romawi, Lucullus, yang mengimport beberapa pohon termasuk apricot dari Armenia ke Roma selama kapanye militernya di Kaukasus.

semestafakta-apricot

56. Armenia mempunyai cerita legenda atau folklore yang terkenal yang ditulis pertama oleh Hovhannes Toumanyan dengan judul “Anbar Huri” (Huri Sang Pemalas). Epos nasional Armenia yang terkenal adalah “Sasuntsi David” (David dari Sasoun, suatu wilayah di Armenia).

57. Penulis terkenal Inggris George Gordon Byron, yang menguraikan terperinci tentang sejarah Armenia dan bangsa Armenia, menulis dalam salah satu esainya bahwa “apapun keputusan takdirnya, apapun yang terjadi pada masa depan, negaranya harus selalu menjadi negara yang paling menarik di dunia”.

semestafakta-George Gordon Byron

58. Sekitar separoh abad setelah Johannes Gutenberg menemukan teknologi cetak dengan model yang dapat dipindah-pindah, buku pertama di Armenia diterbitkan di Venice pada tahun 1512 oleh Hakob Meghapart.